5 hal tentang Jonghyun “SHINee”

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

5 hal tentang Jonghyun “SHINee”
Jonghyun "SHINee" ditemukan meninggal dunia di rumahnya pada Senin, 18 Desember

 

JAKARTA, Indonesia — Berita mengagetkan datang dari dunia K-Pop. Personel boy band SHINee, Kim Jonghyun dikabarkan meninggal dunia pada Senin, 18 Desember.

Kematiannya memunculkan banyak pertanyaan dan mengagetkan karena Jonghyun dikabarkan melakukan bunuh diri dengan cara membakar batu bara di dalam apartemennya.

Untuk mengenang sosoknya, berikut adalah lima hal tentang Jonghyun ‘SHINee’ yang perlu kamu ketahui.

Debut sejak 2008 bersama SHINee

Jonghyun mulai aktif di dunia Kpop saat debut bersama boyband SHINee pada tahun 2008. Di bawah manajemen S.M. Entertainment, SHINee mengeluarkan berbagai lagu hits, salah satunya Stand By Me yang menjadi soundtrack dari serial fenomenal Boys Before Flowers.

Sosok yang kreatif

Tak hanya sebagai penyanyi, Jonghyun juga menulis beberapa lagu untuk SHINee dan penyanyi lainnya. Karya perdananya adalah Juliette, yang menjadi single utama dari album keempat SHINee, Juliette. Dalam lagu tersebut dia berkolaborasi dengan personel SHINee lainnya, Choi Minho.

Jonghyun juga sempat menulis lagu untuk penyanyi YG Entertainment Lee Hi serta proyek solo personel SHINee lainnya, Lee Taemin.

Bergabung dengan S.M. The Ballad

Sebagai vokalis utama dari SHINee, Jonghyun pun ikut menjadi bagian dari proyek S.M. The Ballad pada tahun 2010. Grup tersebut beranggotakan para penyanyi yang juga berada di bawah naungan S.M. Entertainment seperti Changmin “TVXQ”, Yesung “Super Junior”, Taeyeon “SNSD”, Krystal “F(X)” dan beberapa penyanyi lainnya. Grup tersebut sempat mengeluarkan dua mini album.

Penyiar radio

Selain kesibukannya sebagai penyanyi dan penulis lagu, Jonghyun juga aktif sebagai penyiar radio sejak 2014. Ia menjadi penyiar tetap dalam acara Blue Night di stasiun radio MBC. Namun pada Maret 2017 lalu ia pun berhenti dari acara tersebut menjelang dimulainya tur SHINee di Jepang dan Amerika Utara.

Meninggal karena bunuh diri

Di akhir hidupnya, Jonghyun mengejutkan seluruh pecinta Kpop di seluruh dunia. Berdasarkan laporan Kepolisian Gangnam, Jonghyun dikabarkan meninggal dunia karena bunuh diri di dalam apartemennya.

Sebelum ditemukan terkapar akibat menghidup karbon monoksida berlebih, kakaknya sempat melaporkan percobaan bunuh diri Jonghyun ke pihak kepolisian, namun ternyata saat ditemukan kondisi Jonghyun sudah tak sadarkan diri. Ketika dilarikan ke rumah sakit, nyawanya sudah tak tertolong.

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!