Lewis Hamilton start terdepan di balapan F1 terakhir di Abu Dhabi

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Lewis Hamilton start terdepan di balapan F1 terakhir di Abu Dhabi

EPA

Selisih angka antara Nico Rosberg dan Lewis Hamilton hanya 12 poin. Siapakah yang akan menjadi juara dunia F1 2016?

JAKARTA, Indonesia – Pembalap asal Inggris, Lewis Hamilton berhasil menjadi yang tercepat di babak kualifikasi dalam F1 GP Abu Dhabi yang digelar pada Sabtu, 26 November. Walau dia berhasil meraih pole position ke-61, tetapi pembalap Jerman, Nico Rosberg masih berada di posisi teratas dengan capaian skor 367.

Hamilton berhasil mencatatkan waktu lap tercepat 1:38.755 detik. Sementara, Rosberg berada di belakang Hamilton dengan catatan waktu 0,303 lebih lambat.

Jika Hamilton ingin menjadi juara dunia, maka dia membutuhkan dua mobil lainnya antara dirinya dan Rosberg dalam balapan pada hari Minggu.

Berikut perolehan angka sementara para pembalap F1:

Berada di posisi ketiga yakni pembalap Red Bull, Daniel Ricciardo yang mencatatkan waktu 0,834 detik lebih lambat dari Hamilton.

Sementara, duo pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen dan Sebastian Vetel ada di posisi keempat dan kelima. Di posisi keenam ada pembalap Red Bull, Max Verstappen.

61 pole position sepanjang karier

Penampilan Hamilton merupakan yang paling hebat dalam sebuah musim GP F1. Di musim 2016 saja, dia sudah mengoleksi 12 pole position, sedangkan seterunya Rosberg hanya meraih 8 pole position. Walaupun sebelumnya, Hamilton tidak mampu ikut serta dalam 3 balapan karena masalah teknis.

Hamilton selalu berada di atas dalam 3 sesi kualifikasi. Kualifikasi pertama, dia mencatatkan waktu 1,024 lebih cepat dari Rosberg, kemudian kualifikasi kedua 0,108 detik dan di kualifikasi terakhir, Hamilton nyaris mencatatkan waktu sepertiga detik lebih cepat.

Sementara, hasil kualifikasi di GP Abu Dhabi menjadi pole position ke-61 sepanjang kariernya. Artinya, dalam catatan sejarah dia hampir menyaingin rekor pahlawannya, Ayrton Senna yang berhasil meraih 65 pole position. Dia juga hampir menyaingi pembalap legendaris Ferrari, Michael Schumacher yang berhasil meraih 68 pole position.

“Wow, 61 poles. Saya akan mencoba menyamai rekor Ayrton. Sudah ada perasaan aneh sejak tiba di sini dan semakin menyadarinya bahwa ini akan menjadi musim yang terakhir, kualifikasi terakhir dengan mobil yang begitu hebat. Anda tidak akan tahu kapan bisa memiliki sebuah mobil seperti ini lagi,” ujar Hamilton mengomentari penampilan dan kariernya selama di ajang F1.

Sementara, Rosberg mengaku cukup bahagia dengan hasil kali ini.

“Saya berhasil membuat catatan lap yang baik, tetapi pada akhirnya tidak cukup bagus. Saya sudah berupaya maksimal, tetapi tidak mungkin mengalahkan Lewis hari ini. Tetapi, saya akan berupaya lebih baik lagi pada hari Minggu,” tutur Rosberg.

Yang jadi pertanyaan kini, mampu kah Hamilton menjadi yang tercepat dalam balapan hari ini dan mengalahkan Rosberg serta menjadi juara dunia? Nantikan penampilan mereka dalam balapan di musim terakhir F1 2016 pada pukul 20:00 WIB. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!