Hasil Liga Inggris: Chelsea taklukkan City, Arsenal benamkan West Ham

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Hasil Liga Inggris: Chelsea taklukkan City, Arsenal benamkan West Ham

Darren Walsh

Chelsea menang 1-3 atas Manchester City, Arsenal benamkan West Ham 1-5. Posisi Chelsea untuk sementara cukup aman di puncak klasemen, diikuti oleh Arsenal.

JAKARTA, Indonesia — Posisi Chelsea di puncak klasemen sementara Liga Inggris cukup aman, mengingat mereka baru saja membenamkan Manchester City di kandang lawan dalam laga pekan ke-14 Liga Primer, pada Sabtu, 3 Desember.

The Blues memiliki 34 poin, sementara Manchester City di tempat keempat dengan 30 poin.

Arsenal membuntuti di peringkat kedua dengan 31 poin, usai membantai tuan rumah West Ham United 1-5.

Sedangkan Liverpool bercokol di peringkat ketiga dengan 30 poin, namun The Reds baru akan menjalankan laga pekan ke-14 pada Minggu, 4 Desember. Jika menang saat dijamu Bournemouth nanti, Liverpool bisa menyalip Arsenal di klasemen sementara. 

Tottenham Hotspurs, yang menjamu Swansea City, berada di peringkat kelima dengan 27 poin. Spurs membungkam Swansea dengan 5 gol tanpa balas.

Berikut hasil pertandingan Liga Primer Inggris pada Sabtu, 3 Desember.

Benamkan City, Chelsea nyaman di puncak

Chelsea sukses membenamkan Manchester City 3-1 dalam lawatan ke Stadion Etihad.

Seluruh gol di laga tersebut tercatat dicetak oleh pemain Chelsea, namun satu di antara empat gol justru melesak ke dalam gawang The Blues sendiri.

Bek Chelsea Gary Cahill, yang berusaha menghalau umpan silang tajam dari Jesus Navas ke dalam kotak penalti, justru membuat bola melambung melewati kepala penjaga gawang Chelsea, Thibaut Courtois, dan memberikan keunggulan bagi City pada menit 45.

Ketertinggalan itu direspon Conte dengan menurunkan Willian menggantikan Pedro pada menit 50.

Cesc Fabregas, yang untuk kali pertamanya tampil di laga liga sejak akhir September 2016 lalu, membuktikan dirinya masih pantas diberikan kesempatan oleh Conte dengan mengunggahkan umpan lambung terarah yang dikendalikan sejenak oleh Diego Costa melewati Nicolas Otamendi sebelum melepaskan tendangan yang menaklukkan Bravo demi menyamakan kedudukan 1-1 pada menit 60.

Sepuluh menit berselang, keputusan Conte memasukkan Willian terbukti manjur sebab legiun Brasil itu membawa Chelsea membalikkan keadaan menjadi 2-1 dengan mengakhiri sebuah serangan balik, yang diawali keberhasilan Fabregas memotong jalur umpan Ilkay Guendogan, dengan tendangan rendah yang kembali memaksa Bravo memungut bola dari dalam gawangnya.

Willian, bersama rekannya sesama asal Brasil, David Luiz, merayakan gol tersebut dengan mengangkat ban hitam dari lengan mereka yang bertuliskan “Força Chape” sebagai bentuk penghormatan kepada para korban Tragedi Chapecoense.

Upaya City untuk kembali menyamakan kedudukan tak kunjung membuahkan hasil, malahan tepat pada menit 90, Chelsea memperbesar keunggulan menjadi 3-1. Lagi-lagi lewat sebuah serangan balik yang diakhiri aksi Eden Hazard dengan melepaskan tendangan keras ke sudut kiri gawang.

Ketertinggalan dua gol memicu frustrasi di antara para pemain City, yang berujung pada pelanggaran keras Sergio Aguero terhadap David Luiz yang segera direspon wasit Anthony Taylor dengan kartu merah untuk Aguero, dan disusul kartu merah untuk Fernandinho yang memicu ketegangan di dalam lapangan dengan mencekik leher Fabregas.

Tottenham pesta gol ke gawang Swansea

Tottenham Hotspur menggelar pesta lima gol tanpa balas ke gawang Swansea City di Stadion White Hart Lane, London.

Harry Kane dan Christian Eriksen sama-sama mengemas dwigol di laga tersebut, sementara Son Heung-min turut menyumbangkan satu gol untuk kemenangan Spurs.

Meski tampil dominan, Spurs harus menunggu hingga menit 39 untuk membuka keunggulan lewat eksekusi penalti Kane setelah Bamidelle Alli tersandung kaki Kyle Naughton di dalam kotak penalti.

Pada menit 45+1, Spurs menggandakan keunggulan mereka lewat Heung-min yang menyambar bola muntah upaya percobaan Eriksen dengan sebuah tendangan akrobatik.

Spurs kian menggila dan hanya membutuhkan empat menit memasuki babak kedua untuk memperbesar keunggulan menjadi 3-0 lewat gol kedua Kane menyelesaikan umpan matang Heung-min.

Eriksen baru mencetak gol pertamanya pada menit 70 lewat keberhasilannya mengalahkan Jordi Amat dalam duel perebutan bola muntah tendangan Alli dan segera menyontek ke dalam gawang yang dikawal Lukasz Fabianski.

Spurs melengkapi kemenangan mereka menjadi 5-0 lewat gol kedua Eriksen yang melepaskan tendangan rendah ke sudut kanan bawah gawang.

Hasil pertandingan lainnya:

  • Sunderland 2-1 Leicester City
  • Crystal Palace 3-0 Southampton
  • Stoke City 2-0 Burnley FC
  • West Brom 3-0 Watford
  • West Ham 1-5 Arsenal

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!