Pelatih timnas telah tunjuk pengganti Andik di laga final AFF 2016

Nadia Vetta Hamid

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Pelatih timnas telah tunjuk pengganti Andik di laga final AFF 2016

ANTARA FOTO

Timnas hingga saat ini masih fokus pada proses pemulihan fisik pasca bertanding pada hari Rabu kemarin

BANGKOK, Thailand – Timnas Garuda pada pagi ini kembali melakukan latihan sebelum menghadapi laga final di leg kedua AFF 2016. Pagi ini mereka berlatih di lapangan futsal yang tidak jauh dari lokasi The Grand Fourwings Hotel, tempat mereka menginap selama berada di Bangkok.

Menurut asisten pelatih, Wolfgang Pikal pada pagi ini anggota timnas melakukan latihan singkat selama 22 menit.

“Mereka masih dalam fokus pada pemulihan. Kami memberikan sedikit gymnastic, buat fun game dan lari. Saat ini team work menjadi unsur yang paling penting dan kami coba menanamkan itu ke otak dan hati mereka,” ujar Pikal yang turut mendampingi di sesi latihan pada Sabtu pagi, 17 Desember.

Pikal mengaku sejauh ini mental para pemain timnas dalam kondisi baik. Hanya saja mereka masih merasa lelah pasca pertandingan di leg pertama yang dilakukan pada Rabu kemarin.

“Mereka baru saja melakukan pertandingan terakhir tiga hari yang lalu, kemudian melanjutkan perjalanan kemari. Jadi, sekarang fokus kami ada di recovery,” katanya lagi.

Sayangnya, dalam pertandingan malam nanti di Stadion Rajamangala, Andik Vermansyah dipastikan absen turun ke lapangan karena cidera di bagian ligamen yang dialaminya. Pikal menyebut tim pelatih sudah menemukan pengganti Andik untuk dimainkan nanti malam.

“Sudah ada rencana untuk mengganti Andik, tapi kan kami memang belum memberi tahu kepada media siapa,” katanya.

Sementara, dalam jumpa pers pada Jumat siang, pelatih Alfred Riedl mengakui kehilangan karena Andik tidak bisa tampil dalam laga final.

“Tetapi, ini bukan masalah besar. Memang berat, tetapi kami memiliki peluang untuk menggantinya dengan pemain lain,” kata pelatih yang juga pernah melatih timnas untuk Piala AFF tahun 2014 lalu.

Timnas tiba di Bangkok, Thailand sejak hari Kamis kemarin. Nanti malam, mereka akan berhadapan untuk kali terakhir dengan timnas Thailand.

Dalam bentrok di laga pertama yang digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, timnas Garuda berhasil meraih kemenangan dengan skor 2-1. Satu pencapaian yang tidak diduga oleh banyak pihak. (BACA: Final Piala AFF 2016: Indonesia tekuk Thailand 2-1)

Namun, Riedl membantah itu semua hanya karena faktor keberuntungan. Bagi pelatih asal Austria itu, walau timnas sempat dianggap sebagai underdog, tetapi pencapaian mereka hingga lolos ke final juga karena didukung faktor semangat yang tinggi.

Jika Indonesia berhasil memenangkan pertandingan di leg kedua ini, maka timnas berhasil mengukir sejarah untuk kali pertama menjadi juara AFF dan menjadi tim sepak bola terkuat di kawasan Asia Tenggara. Berhasil kah mereka mewujudkan harapan tersebut? Saksikan pertandingannya nanti malam pukul 19:00. – Rappler.com

Baca juga laporan Rappler lainnya mengenai Piala AFF 2016:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!