PSSI dikabarkan akan rekrut mantan pemain PSG sebagai pelatih timnas

Mahmud Alexander

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

PSSI dikabarkan akan rekrut mantan pemain PSG sebagai pelatih timnas

ANTARAFOTO

Nama pelatih asal Spanyol, Luis Fernandez, mencuat ke permukaan jelang Kongres PSSI

JAKARTA, Indonesia — Tim nasional Indonesia tinggal selangkah lagi memiliki pelatih baru asal Spanyol. Meski masih disimpan rapat, nama Luis Fernandez sudah mencuat. Dia adalah mantan pemain Paris Saint-Germain (PSG) dan pelatih timnas Israel.

Sinyal penunjukan Fernandez diungkapkan Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Joko Driyono saat berbicara santai dengan awak media di sela-sela laga ekshibisi di Stadion Siliwangi, Bandung, pada Sabtu, 7 Januari petang.

Ia menjelaskan bahwa pelatih Indonesia nantinya dipastikan adalah pelatih asing. Kendati tak menjawab asal negara pelatih asing itu dari Spanyol, sinyal tersebut sudah diungkapkan oleh Joko.

“Asing, Iya. Seperti kata Ketum [Edy Rahmayadi]. Yang pasti untuk pelatih timnas itu adalah kewenangan Exco untuk putuskan. Tapi kami merasa penting, untuk sampaikan program timnas di Kongres,” katanya.

Sebelumnya, Edy Rahmayadi sempat menyebutkan pelatih asing yang dipilih Indonesia, harus dari negara yang memiliki DNA juara. Selain itu, pelatih tersebut harus berprestasi. 

Lelaki yang juga Pangkostrad TNI tersebut mengungkapkan, Spanyol adalah salah satu negara yang layak dijadikan acuan untuk mendapatkan pelatih bagi Timnas.

Dia mengibaratkan layaknya Indonesia yang menjadi salah satu negara kuat bulu tangkis dunia dan banyak mengekspor pelatih. Di sepak bola juga harus demikian. Pelatih harus dipilih dari negara yang kuat dan punya DNA juara.

Fernandez sendiri adalah pelatih yang kenyang pengalaman. Selain pernah berprestasi bersama tim Paris Saint-Germain (PSG), dia juga pernah menangani timnas Israel dan Guinea.

Timnas jangka panjang

Joko menegaskan, pelatih timnas senior Indonesia nantinya bakal rangkap jabatan dengan pelatih timnas U-23. Nantinya, tugas terdekat pelatih rangkap jabatan ini adalah membawa Indonesia juara SEA Games 2017.

Tak hanya itu, proyeksi PSSI nantinya, Timnas SEA Games adalah cikal bakal skuat Garuda menuju Asian Games 2018. Tim yang diharapkan juara Asia Tenggara tersebut, harus menjadi tim yang kuat di Asian Games.

“Tim di SEA Games 2017 nantinya akan diproyeksikan jangka panjang sampai Asian Games 2018,” papar Joko.

Kongres PSSI sendiri baru akan dilaksanakan pada Minggu, 8 Januari, di Hotel Aryaduta, Bandung, Jawa Barat. Salah satu agenda kongres adalah menetapkan pelatih baru bagi timnas Indonesia.—Rappler.com

BACA JUGA:

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!