Menanti peran baru Michael Essien di Persib

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Menanti peran baru Michael Essien di Persib
Persib akan memainkannya sebagai gelandang serang, padahal Essien lebih sering berperan sebagai pemain bertahan.

  

JAKARTA, Indonesia — Tak lama setelah Michael Essien meneken kontrak dengan Persib Bandung, Pelatih Djajang Nurdjaman langsung mengatakan dirinya akan memplot Essien sebagai gelandang serang.

“Kebanyakan orang mengenal Essien sebagai gelandang bertahan. Padahal, dia bisa bermain pada banyak posisi, salah satunya gelandang serang,” kata Djajang di Bandung, Selasa 14 Maret 2017. 

Keputusan Djajang ini cukup mengejutkan karena Michael Essien selama ini memang lebih sering dimainkan sebagai gelandang bertahan oleh Chelesa, Real Madrid, dan AC Milan.

Semasa membela Chelesa, misalnya, Essien pernah bermain di semua posisi di lini belakang, mulai dari gelandang bertahan, gelandang tengah, bek kanan, hingga sayap kanan dan kiri.

Situs transfermarkt mencatat, selama membela The Blues —julukan Chelsea, Essien memainkan 52 pertandingan sebagai gelandang tengah dan 51 pertandingan sebagai gelandang bertahan. 

Essien juga pernah diplot 9 kali sebagai pemain sayap kanan dan 9 kali sebagai pemain sayap kiri. Ia juga pernah 2 kali menjadi pemain bek tengah dan 1 kali diplot sebagai pemain bek kiri.

Sehingga, bisa dibilang, Essien adalah pemain bertahan yang serba bisa. Ia bisa jadi bek, bisa juga jadi gelandang tengah penyapu bola. Tugasnya membuat serangan lawan hancur sebelum sampai ke depan gawang.

(Baca: Kisah Michael Essien, dari Chelsea menuju Persib Bandung)

Begitupun di Real Madrid. Bahkan, di klub berjulukkan Los Blancos ini, Essien lebih banyak dimainkan sebagai gelandang bertahan (17 kali) dan bek kanan (12 kali). Essien juga pernah 3 kali diplot sebagai bek kiri.

Lalu bagaimana dengan AC Milan? Di klub Italia ini, Essien pun memainkan peran yang sama dengan di Real Madrid dan Chelsea. Dari 22 penampilannya bersama AC Milan, Essien memainkan 15 pertandingan sebagai gelandang bertahan.

Dengan pengalamannya yang panjang sebagai pemain bertahan, bisakah Essien diplot sebagai gelandang serang untuk membantu daya dobrak Persib Bandung?

Pelatih Djajang Nurdjaman tentu punya pertimbangannya sendiri. Essien sendiri baru akan memulai latihan pertamanya bersama para pemain Persib pada 24 Maret mendatang. 

Saat ini pemain berusia 34 tahun ini sedang berada di London untuk menyiapkan kepindahannya ke Indonesia. —Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!