Ikut berlatih dengan Persib Bandung, Carlton Cole keluhkan cuaca

Yuli Saputra

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Ikut berlatih dengan Persib Bandung, Carlton Cole keluhkan cuaca
Cole terkejut saat berlatih ikut disambut meriah oleh ratusan pendukung Persib.

BANDUNG, Indonesia – Mantan striker Chelsea, Carlton Cole menjalani sesi latihan perdananya di Lapangan Lodaya Kota Bandung, Jumat 31 Maret 2017. Kedatangan Cole disambut meriah oleh ratusan orang bobotoh yang hadir di lapangan berumput sintetis ini.

Cole merespons antusiasme penonton dengan ramah. Dia melambaikan tangan kepada warga Bandung yang sengaja datang demi menyaksikan langsung aksi pemain kelas dunia itu.

Latihan yang berlangsung mulai pukul 16.00 WIB itu, diikuti pula oleh Michael Essien yang merupakan rekan Cole di Chelsea. Mereka berdua terlihat menikmati seluruh proses latihan hingga berakhir sekitar pukul 17.30 WIB.

“Saya sangat kelelahan karena cuaca, tapi latihan berjalan sangat baik,” ujar Cole saat ditanya usai latihan pada Jumat kemarin.

Masalah cuaca di Bandung memang sempat dikeluhkan Cole. Pemain berusia 33 tahun itu mengeluh kegerahan. Beberapa kali dia terlihat mengusap keringat di keningnya dan sering minum.

“Cuaca (Bandung) sangat luar biasa. Saya akan menyesuaikan diri, beri saya waktu satu atau dua minggu. Saya akan baik-baik saja dan akan bugar untuk memulai pertandingan,” katanya saat jumpa pers usai teken kontrak pada Kamis 30 Maret.

Pelatih Persib Bandung, Djadjang “Djanur” Nurdjaman menilai Cole cukup bagus dalam memulai sesi latihan perdananya. Tidak seperti Essien yang diistirahatkan sebelum sesi latihan perdananya usai, Cole bisa mengikuti hingga tuntas.

“Cole untuk pertama kali datang. Tapi saya pikir, dia bisa ikut seluruh sesi latihan, itu sudah bagus,” ujar Djanur.

Sementara Essien yang telah mengikuti dua kali latihan bersama Persib Bandung, menurut Djanur, terlih sudah ada kemajuan.

”Essien sudah kelihatan ada progress dalam mengikuti cara latihan. Dia sudah kelihatan mulai bebas melakukan gerakan,” ungkap pelatih yang baru merayakan ulang tahunnya ke-60 itu.

Keluhkan lapangan rumput sintetis

BERLATIH. Carlton Cole ikut berlatih dengan Persib Bandung untuk kali pertama setelah teken kontrak pada Jumat, 31 Maret. Foto oleh Yuli Saputra/Rappler

 

Namun, Djanur mengungkapkan, kedua pemain yang didatangkan dari Inggris itu mengeluhkan kondisi lapangan yang menggunakan rumput sintetis. Kedua pemain barunya itu tidak terbiasa berlatih di lapangan berumput sintetis. Menurut Djanur, rumput sintetis menyebabkan pemain sulit bergerak bahkan bisa membuat cedera.

“Jelas keras dan tidak biasa. Itu kan keras, landasannya keras. Jadi bisa merusak ke ankle dan knee. Itu sulit, buat otot juga keras. Jadi bukan hanya buat mereka saja, tapi pemain kita juga,” ujar mantan pemain Persib Bandung di era perserikatan itu.

Djanur mengungkapkan, dia terpaksa menggunakan lapangan berumput sintetis karena keterbatasan tempat latihan. Pihaknya, kata Djanur, sedang mencari alternatif lapangan lain yang menggunakan rumput asli, seperti Sport Center Arcamanik, Pusdikpom Cimahi, dan Sesko AD.

Sebetulnya, Pemerintah Kota Bandung telah menyediakan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) sebagai home base Persib Bandung. Namun saat ini sedang dalam perawatan setelah rumputnya rusak pasca seremoni pembukaan dan penutupan PON 2016 lalu.

Di sisi lain, Essien dan Cole cukup kaget dengan respons penonton yang antusias menyaksikan mereka berlatih. Menurut Djanur, kedua pemain itu biasanya berlatih dengan suasana tenang, tanpa keriuhan penonton seperti itu. Namun berdasarkan pengakuan Essien dan Cole, lanjut Djanur, mereka tidak merasa terganggu.

“Enggak, mereka bilang tidak apa-apa karena situasinya memang seperti ini. Tapi buat saya sebenarnya problem,” ungkapnya.

Kehadiran dua pemain kelas dunia itu, kata Djanur, sangat memotivasi pemain lainnya. Terlihat dari semangat pemain lama yang ingin menampilkan performa terbaiknya.

Latihan sore itu diikuti seluruh pemain Persib, kecuali Febry Haryadi dan Gian Zola yang bersiap untuk bergabung dengan Timnas Indonesia. Sedangkan Sergio van Dijk masih dalam proses pemulihan pasca cedera. – Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!