PSSI ngotot ingin terapkan 5 kali pergantian pemain

Adrianus Saerong

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

PSSI ngotot ingin terapkan 5 kali pergantian pemain
Aturan FIFA hanya mengijinkan maksimal tiga kali pergantian pemain dalam satu pertandingan

 

JAKARTA, Indonesia — Ketua Umum Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) Edy Rahmayadi bersikeras menerapkan lima kali pergantian pemain dalam satu pertandingan.

Padahal aturan Induk Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) hanya membolehkan satu klub maksimal mengganti tiga pemain dalam satu pertandingan. Ketentuan ini berlaku untuk semua negara yang berada di bawah bendera FIFA.

Namun Edy Rahmayadi meminta Indonesia mendapat pengecualian. Untuk itu ia telah melayangkan surat ke FIFA meminta agar diizinkan menerapkan aturan satu tim melakukan lima kali pergantian pemain dalam satu pertandingan.

“Saya tahu di statuta (FIFA) menyebutkan hanya diizinkan mengganti tiga pemain, tapi dengan jumlah pesepakbola kita yang minim, saya ingin mereka semua bermain,” kata Edy dalam peluncuran Go-jek Travelola Liga 1 di Jakarta, Senin 10 April 2017.

Edy menghitung saat ini hanya ada 67 ribu pemain bola di Indonesia. Angka itu tersebut termasuk sedikit jika dibandingkan negara lain. “Sementara Spanyol punya (pemain sepak bola) jutaan,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut Edy juga mencontohkan turnamen Piala Presiden 2017 yang menerapkan pergantian maksimal lima pemain oleh satu klub dalam satu pertandingan. Reguliasi ini, menurut Edy, cukup berhasil di Piala Presiden 2017.  

“Kita tidak bisa cuma mengikuti yang lain. Tiga di Spanyol, ya sudah ikut. Tiga di Belanda, ikut. Tiga di Brazil, ikut. Pasalnya, tiga di sana, beda dengan tiga di sini,” kata Edy. —Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!