Tidak enak badan, Essien tidak ikut latihan

Yuli Saputra

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Tidak enak badan, Essien tidak ikut latihan

ANTARA

Saat rekan satu tim berangkat latihan, Essien malah menuju ke mobilnya

JAKARTA, Indonesia — Pemain anyar Persib Bandung, Michael Essien, biasanya sangat ramah, penuh senyum, dan doyan bercanda. Bahkan Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar pernah menjulukinya “Si Tukul” karena suka melucu.

Namun Essien terlihat berbeda hari ini. Ia tak lagi ramah, apalagi lucu. Bekas pemain Chelsea ini bahkan tak menjawab saat Rappler menyapanya di Stadion Sidolig yang juga Mess pemain Persib Bandung. Essien juga menolak untuk diwawancara. 

Essien bahkan tak ikut latihan. Pria 34 tahun itu tidak mengenakan jersey putih yang biasa dipakai saat latihan. Ia hanya memakai kaos oblong berwarna hijau gelap dengan celana pendek hitam. 

“Essien tidak ikut latihan. Gak enak badan,” kata bodyguard Essien, Riman, kepada Rappler, Rabu 19 April 2017.  

Karena masalah KITAS?

Essien saat ini memang sedang tersandung masalah izin kerja. Selain Essien, pemain anyar Persib lainnya, yakni Carlton Cole, juga mengalami persolan serupa. Tapi Cole terlihat lebih santai menghadapinya.

Cole masih melayani permintaan foto dari penggemarnya. Mantan pemain Timnas Inggris ini juga ikut latihan bersama rekannya ditemani kedua anaknya yang mengenakan jersey Persib dengan nama Cole. 

Persoalan izin kerja membuat Essien dan Cole terancam tak bisa diturunkan di laga tandang Persib Bandung melawan PS TNI yang akan berlangsung di Stadion Pakansari Bogor, Sabtu 22 April 2017. 

Namun Pelatih Persib Bandung, Djadjang Nurdjaman, mengatakan kecilnya peluang Essien dan Cole diturunkan saat laga melawan PS TNI bukan karena masalah KITAS, tapi karena kondisi fisik kedua pemain itu yang belum sesuai harapan. 

“Masih lihat kondisi (Essien dan Cole). Kalau soal KITAS, saya optimis. Kalau soal kondisi fisik kita lihat, masih dua hari lagi,” ujar pelatih yang biasa disapa Djanur ini di Stadion Sidolig, Jalan Jenderal Ahmad Yani Kota Bandung, Rabu 19 April 2017.  

Djanur mengakui performa Essien dan Cole saat laga melawan Arema FC memang masih di bawah harapan. Hal itu, menurut Djanur, karena keduanya belum bugar. Meski demikian, Djanur cukup puas dengan kontribusi pemain mahalnya itu. 

“Pokoknya belum siap secara fisik. Itu karena terkendala dengan kondisi fisik yang masih belum bugar. Penampilan untuk pertandingan pertama di kondisi fisik yang seperti itu, saya fikir mereka cukup bagus,” ungkapnya. 

Banyak pemain Persib yang absen

Selain Essien dan Cole yang kemungkinan tidak diturunkan, Persib Bandung juga kehilangan beberapa pemain andalannya saat laga tandang melawan PS TNI nanti. 

Febri Haryadi dan Gian Zola dipastikan tidak akan memperkuat tim Maung Bandung karena dipanggil Timnas. Sementara Sergio van Dijk belum bisa diturunkan pasca cedera, meski sudah terlihat berlatih bersama rekannya.  

Sedangkan Rafael Maitimo masih dalam pemulihan karena infeksi yang menyerang kedua matanya. 

Dengan kondisi berkurangnya pemain, Djanur tetap optimis bisa meraih poin penuh di laga tandang nanti. Ia akan membawa 22 orang pemainnya pada laga kedua bagi Persib ini. 

“Cukup banyak pemain, yah saya pikir, kita bisa memainkan yang siap,” katanya. 

Di lini depan, Persib Bandung masih memiliki Shohei Matsunaga, Tantan, dan Agung Mulyadi. Sementara di lini tengah, ada Kim Jeffrey Kurniawan, Dedi Kusnandar, dan Hariono. Di posisi sayap, ada Atep dan Henhen Herdiana.  Sedangkan, di lini belakang, ada Toni Sucipto, Ahmad Juprianto, Supardi, dan Vladimir Vujovic. 

Agung Mulyadi yang menjadi pelapis Febri  bertekad akan memberikan kontribusi terbaik saat laga melawan PS TNI nanti. 

“Mental harus disiapkan. Saya harus bisa mengeluarkan kemampuan yang saya punya, supaya bisa memberikan kontribusi,” kata pemain U 23 itu. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!