SEA Games

Liga Inggris: Siapa terlempar dari empat besar?

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Liga Inggris: Siapa terlempar dari empat besar?
Musim kompetisi Liga Inggris hampir berakhir, namun perebutan empat besar semakin sengit

 

JAKARTA, Indonesia — Chelsea telah memastikan diri meraih gelar Liga Primer Inggris musim ini. Klub berjulukkan The Blues tersebut kokoh di puncak klasemen dengan 87 poin.

Mereka tak mungkin lagi dikejar oleh Tottenham Hotspur di peringkat kedua yang baru mengoleksi 77 poin. Sebab, poin maksimal yang bisa diraih Spurs —julukan Tottenham— musim ini hanya 86 poin.

Sehingga pertarungan sengit di Liga Inggris pun bergeser, dari perebutan puncak klasemen ke persaingan empat besar. Sebab masih ada lima tim yang saat ini berpeluang lolos ke zona Liga Champions musim depan.

Mereka yakni Tottenham Hotspur, Manchester City, Liverpool, Arsenal, dan Manchester United. Dari kelima tim ini, Tottenham Hotspur dipastikan akan berada di empat besar pada akhir musim nanti.

Sebab, dengan 77 poin, Spurs hanya bisa disalip oleh Manchester City yang saat ini berada di peringkat ketiga dengan 72 poin. City saat ini masih memiliki dua laga sisa. Sehingga poin maksimal yang bisa diraih tim berjulukkan The Citizens tersebut 78 poin. 

Namun City hanya bisa menggeser Spurs dari peringkat kedua jika Spurs tak meraih satu pun poin dalam tiga laga sisa mereka. Mustahil, tentu saja. Sebab performa Spurs sepanjang musim ini cukup konsisten.

Sehingga bisa dibilang, dari pos empat besar, dua di antaranya telah diklaim Chelsea dan Tottenham Hotspur. Dua sisanya masih diperebutkan Manchester City, Arsenal, Liverpool, dan Manchester United.

Manchester City paling berpeluang menembus empat besar di ahir musim nanti karena mereka memiliki poin paling banyak dibandingkan Arsenal, Liverpool, dan Manchester United.

Selain itu, Manchester City juga hanya perlu menghadapi West Bromwich dan Watford dalam dua laga sisa mereka musim ini. Di atas kertas, Manchester City jelas lebih superior dibandingkan dua klub tersebut.

Lalu bagaimana dengan Liverpool? Klub berjulukkan The Reds tersebut saat ini menempati peringkat keempat klasemen dengan 70 poin. Mereka pun berpeluang menembus empat besar karena dua lawan sisa mereka hanya West Ham dan Middlesbrough.

Perjuangan berat menembus empat besar sepertinya akan dilalui Arsenal. Sebab selain masih tertahan di peringkat kelima dengan 69 poin, Arsenal juga masih harus menghadapi Everton di dua laga sisa mereka. Pada pertemuan pertama musim ini, Arsenal kalah dari Everton dengan skor 1-2.

Namun Arsene Wenger masih harus bersyukur, sebab perjuangan mereka menembus empat besar tak seberat Manchester United yang saat ini masih terdampar di peringkat keenam dengan 65 poin. Selain itu Manchester United juga masih harus melawan Tottenham Hotspur.

Namun Manchester United masih memiliki tiga laga sisa, sementara Arsenal hanya punya dua laga sisa sebelum musim kompetisi 2016/2017 benar-benar berakhir. 

Yang pasti, selain harus memenangkan semua laga sisa, Arsenal dan Manchester United juga harus berdoa agar Liverpool atau Manchester City tersandung dalam dua laga sisa mereka untuk bisa menembus empat besar.

Sebab, jika Liverpool dan Manchester City sukses mencuri poin maksimal dalam dua laga sisa mereka, maka Arsenal dan Manchester United harus puas dengan tiket Liga Europa. —Rappler.com 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!