Thailand

Panah Jokowi tandai hitung mundur Asian Games 2018

Tiara A. Tobing

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Panah Jokowi tandai hitung mundur Asian Games 2018

ANTARA FOTO

Asian Games 2018 akan diselenggarakan pada 18 Agustus - 2 September di Jakarta dan Palembang

JAKARTA, Indonesia – Asian Games 2018 sudah resmi dihitung mundur dalam waktu kurun satu tahun melalui acara Countdown To Asian Games 2018, yang diadakan pada tanggal 18 Agustus, di dua tempat yang berbeda, yakni, Jakarta dan Palembang. Waktu hitung mundur dilakukan secara resmi oleh Presiden Joko “Jokowi” Widodo.

Berbeda dengan pembukaan acara pada umumnya, Jokowi melakukan hitung mundur Asian Games dengan memamerkan kemampuannya memanah. Mantan Gubernur DKI itu diketahui memang memiliki hobi memanah dan pernah mengikuti Kejuaraan Panahan Terbuka 2017 di Bogor.

“Dengan mengucap bismillahirohmanirohim, kita sambut 365 hari menjelang Asian Games ke-18 di tahun 2018,” ujar Jokowi di hadapan ribuan pengunjung Monas.

Begitu anak panah yang dilontarkan Jokowi mengenai sasaran, penghitung waktu yang dipasang di Jakarta dan Palembang pun secara otomatis menghitung mundur waktu hingga menuju ke hari H Asian Games. Di Jakarta, alat penghitung waktu dipasang di Bundaran Hotel Indonesia.

Untuk memeriahkan acara, panitia juga menghadirkan beberapa artis baik dari dalam maupun luar negeri. Mereka tampil di Jakarta dan Palembang secara bergantian.

Beberapa artis internasional yang tampil yakni Far East Movement dan dua personel girl band SNSD Taeyeon dan Hyoyeon. Sementara, artis dalam negeri terdiri dari penyanyi Raisa, Peter Pan, Tulus, pedangdut Ikke Nurjanah hingga raper Jflow.

Target Indonesia

Ini menjadi kali kedua Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games. Sebelumnya, di tahun 1962 Indonesia menjadi tuan rumah pelansakaan Asian Games ke-4.

Sementara, dalam pelaksanaan Asian Games 2018, akan diikuti oleh 45 negara di seluruh Asia. Panitia pun merasa perlu terus menyosialisasikan Asian Games, karena masih banyak yang keliru dan menyamakannya dengan SEA Games.

Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) memproyeksikan Indonesia akan mampu menembus peringkat delapan besar dalam penyelenggaraan Asian Games 2018. Untuk itu, timnas harus mampu meraih emas di 20 cabang olah raga.

“Indonesia berpeluang meraih medali emas pada 20 cabang olah raga. Tapi, hitungan itu masih dinamis dan kami akan terus mengikuti perkembangan berikutnya,” ujar Ketua Satlak Prima Achmad Soetjipto di Jakarta seperti dikutip media.

Indonesia baru dikatakan sukses meraih prestasi dalam Asian Games, katanya, jika tuan rumah mampu meraih peringkat lima hingga sepuluh besar dalam Asian Games.

“Sehingga kita harus merebut sekitar 16 persen dari total medali emas,” katanya lagi. – Rappler.com

BACA JUGA:

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!