Indonesia vs Myanmar: Formasi baru melawan tuan rumah

Mahmud Alexander

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Indonesia vs Myanmar: Formasi baru melawan tuan rumah
Indra Sjafrie sudah menyiapkan strategi khusus untuk menaklukkan tuan rumah

JAKARTA, Indonesia — Tim Indonesia U-19 akan menjalani laga perdana di Piala AFF U-18 melawan Myanmar di Thuwunna Stadium, Yangon, Myanmar, Selasa, 5 September malam nanti. Indonesia siap memberi kejutan di laga perdana

Pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri meyakinkan, timnya cukup siap menjalani laga perdana ini. Menantang tuan rumah Myanmar yang dianggap memiliki karakter sama dan telah menjalani persiapan lebih panjang dari Indonesia, pelatih 58 tahun itu tak gentar. 

Dia memastikan, taktik strategi sudah dipersiapkan dengan matang untuk meraih tiga poin perdana. Hasil terburuk yang harus diraih oleh Timnas, adalah imbang kata Indra. 

“Kami siap melawan Myanmar. Kami akan bermain seperti biasa dengan gaya kami. Pemain dalam kondisi fit serta siap tempur,” kata Indra Selasa. 

Indra memaparkan timnya telah menjalani sesi kelas pada Senin, 4 September, malam dan mempelajari permainan dari Myanmar. Dalam rekaman video yang didapatnya, terlihat bagaimana tim Myanmar bermain dengan gaya cepat dan mengandalkan tusukan dari sektor sayap kemudian diakhiri dengan cut-back

“Kami sudah siapkan formula untuk antisipasi mereka. Kami hanya memohon doa kepada masyarakat Indonesia, agar bisa memetik kemenangan di Myanmar dan kami yakin kami bisa,” katanya tegas.

Dia semakin yakin, karena dua pemain yang sebelumnya merumput di timnas U-23, Saddil Ramdani dan Asnawi Mangkualam, bisa diturunkan. Mereka akan menjadi penambah tenaga bagi skuat Garuda Nusantara. Pasalnya, pengalaman dan jam terbang bersama Timnas di SEA GAmes 2017 lalu sudah sangat cukup.

Keduanya juga sempat mencicipi rumput stadion, saat Indonesia menaklukkan Myanmar 3-1 dalam laga perebutan tempat ketiga alias medali perunggu. 

“Kami siap turun dan sudah memahami gaya main dan menyatu dengan pemain lainnya dari latihan. Kalau pelatih minta main dari awal, kami siap dimainkan dari awal,” Asnawi menjelaskan.

Formasi Garuda

Timnas Indonesia U-19 melawan Myanmar dipastikan menarik karena dua tim yang mengandalkan permainan dengan kecepatan, akan saling bertemu. Komposisi pemain terbaik telah disiapkan oleh pelatih Indra Sjafri dengan formasi yang dia sebut sang Garuda.

Di dunia sepak bola modern, formasi itu lebih dikenal dengan skema 4-1-3-1-1. Skema ini sering ditunjukkan saat skuat Garuda Muda tampil dalam laga uji coba dan menjalani sesi latihan.

Siapa saja yang akan menjadi starter dalam laga kali ini? 

Ada sosok M Riyandi di bawah mistar, Rifad Marasabessy, Rachmat irianto, Nurhidayat, dan Samuel yang berdiri sebagai empat bek.

Di tengah, gelandang jangkar akan ditempati oleh M Luthfi Kamal, kemudian tiga gelandang di depannya, akan diisi oleh M Iqbal, Witan Sulaeman, dan Saddil Ramdani. 

Sementara itu, pemain muda fenomenal, Egy Maulana Vikri, akan menjadi pemain di belakang striker tunggal, Hanis Sagara Putra. 

“Starter sudah ada, nanti saja tunggu pengumuman resmi,” ujar Indra melalui pesan singkat Selasa.—Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!