Dua Timnas junior bakal tantang Malaysia dan Thailand

Mahmud Alexander

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Dua Timnas junior bakal tantang Malaysia dan Thailand
Ujian konsistensi bagi Timnas U-16.

JAKARTA, Indonesia – PSSI terus memantapkan penguatan Timnas di level usia muda. Setelah proses pembibibitan dan pembinaan dilakukan oleh pemerintah, giliran tugas PSSI untuk mencarikan ajang latihan di level internasional. 

Untuk mematangkan tim nasional Indonesia di masing-masing kelompok umur, PSSI sudah memastikan menggelar pertandingan persahabatan internasional. Ada dua kelompok umur yang akan diberikan kesempatan mematangkan mental dan menambah jam terbang internasional. 

Timnas Malaysia U-16 akan menjadi lawan dari skuat sepak bola nasional U-16 yang dilatih oleh Fakhri Husaini. Dilanjutkan oleh Thailand U-19 yang akan menjadi lawan dari skuat Garuda Nusantara, alias timnas U-19 yang dilatih oleh Indra Sjafri. 

Kedua pertandingan ini akan digelar di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat yang digelar pada Minggu 8 Oktober mendatang. Laga Indonesia U-16 lawan Malaysia U-16 digelar pada jam pertama alias sore hari dan kick off tepat pukul 15.30 WIB. Kemudian, laga jam kedua dilanjutkan dengan Indonesia U-19 versus Thailand U-19 pada pukul 18.30 WIB.

Genjot persiapan menuju dua ajang kelompok umur Asia 

Laga uji coba internasional menjadi penting bagi PSSI yang baru saja berfokus untuk memaksimalkan timnas keompok umur di era Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi. Sebelumnya, fokus PSSI hanya ke timnas senior dan menafikan persiapan yagn matang untuk timnas kelompok umur. 

Timnas U-16 adalah tim yang saat ini membanggakan. Setelah gagal total di AFF U-15 2017, mereka kemudian diperbaiki, dievaluasi dan digembleng untuk tampil di Kualifikasi Piala Asia U-16 yang digelar di Thailand pada pekan lalu. 

Hasilnya, laga di AFF U-15 menjadi pelecut untuk bangkit dan membenahi diri sehingga skuat Garuda Asia sukses lolos ke putaran final pada 2018 mendatang di Malaysia. Indonesia lolos meyakinkan, dengan tampil sebagai juara grup melumat Thailand di kandangnya sendiri. 

“Kami mendapatkan pelajaran berharga di AFF, kami berbenah dan pemain menunjukkan peningkatan di sisi mental dan kepercayaan diri pemain,” kata Fakhri beberapa waktu lalu usai memastikan lolos ke putaran final. 

Timnas Malaysia U-16 sendiri juga sempat merasakan persaingan di grup yang berat, di grup J bertemu Jepang. Karena itu, kualitas Malaysia bisa menjadi tolok ukur sejauh mana kualitas Indonesia saat melawan tim Asia Timur tersebut. Sebelumya, Malaysia kalah dengan skor 1-5 pada penyisihan grup J. 

Sementara itu, timnas U-19 membutuhkan jam terbang sebelum tampil di kualifikasi Piala Asia U-19 di Korea Selatan pada akhir Oktober nanti. Laga ini menjadi pemanasan, karena sebelumnya Indonesia sudah menghadapi beberapa macam lawan di Piala AFF. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!