Lima ribu Personel TNI/Polri amankan Pilkada Jawa Tengah

Fariz Fardianto

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Lima ribu Personel TNI/Polri amankan Pilkada Jawa Tengah
"Polisi juga diminta untuk menjaga netralitas dan tidak ikut dalam politik praktis."

SEMARANG, Indonesia — Sebanyak 5.439 personel gabungan TNI/Polri dikerahkan ke tujuh daerah yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) secara serentak di Jawa Tengah pada Rabu pagi 15 Februari. 

“Ada ribuan TPS yang akan dijaga aparat kepolisian serta TNI pada pagi ini, kita telah menggelar apel siaga dan siap mengamankan jalannya coblosan agar aman,” kata Kabid Humas Polda Jateng Komisaris Besar Djarod Padakova kepada Rappler, Rabu 15 Februari 2917.

Djarod menyatakan ribuan personel itu meliputi 4.762 anggota Polres dan kota serta ditambah bala bantuan dari Polda Jawa Tengah sebanyak 678 personel.

Sementara untuk pasukan TNI yang diterjunkan dalam pengamanan Pilkada di tujuh daerah sebanyak 1.253 personel. Mereka saat ini sudah berada di lapangan dan akan menghalau segala bentuk potensi kericuhan di tiap wilayah.

“Polisi sudah membantu Panwaslu daerah untuk menurunkan atribut kampanye di jalan raya,” ungkap Djarod.

Ia pun meminta kepada tiap personelnya agar melaksanakan tugas menjaga pelaksanaan Pilkada. “Polisi juga diminta untuk menjaga netralitas dan tidak ikut dalam politik praktis,” katanya.

Ia menambahkan warga Jateng juga diminta untuk partisipasinya datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) menggunakan hak pilihnya sesuai hati nurani. 

“Apapun hasilnya kepada masyarakat yang dipilihnya, yang menang harus bisa merangkul yang kalah. Begitu juga calon yang kalah juga harus legowo dan harus ikut bersama-sama membangun kotanya untuk kemajuan,” tuturnya.

Para personelnya saat ini telah diinstruksikan tetap menjaga netralitas dan tidak ikut politik praktis selama coblosan berlangsung. 

Di Jateng sendiri, menurutnya ada tujuh kabupaten/kota yang menggelar Pilkada serentak pagi ini yaitu Kabupaten Brebes, Cilacap, Banjarnegara, Batang, Jepara, Pati dan Kota Salatiga. —Rappler.com

 

 Fariz Fardianto dari Semarang

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!