climate change

KPUD Jakarta evaluasi penyelenggaraan Pilkada, kisruh DPT jadi sorotan

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

KPUD Jakarta evaluasi penyelenggaraan Pilkada, kisruh DPT jadi sorotan
“Di Jakarta Utara ada petugas yang digigit anjing saat mendatangi rumah untuk mendata pemilih."

JAKARTA, Indonesia — Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta Sumarno mengatakan pihaknya akan mengevaluasi pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta yang digelar pada Rabu, 15 Februari lalu.

“Kami inventarisir sejumlah persoalan yang harus dievaluasi seperti penyelenggara Pilkada, DPT, logistik dan hal lain yang krusial,” kata Sumarno di Jakarta, Jumat 17 Februari 2017.

Salah satu persoalan yang banyak disorot adalah banyaknya warga Jakarta yang tidak bisa mencoblos, padahal mereka telah datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Sumarno mencontohkan ada pemilih yang datang membawa kelengkapan data, seperti KTP dan Kartu Keluarga (KK), namun tetap tidak diperkenankan mencoblos. Menurutnya ini adalah kesalahan petugas.

Sementara mengenai Daftar Pemilih Tetap (DPT), Sumarno mengatakan pendataan yang telah dilakukan memang kurang maksimal. Sebab sejumlah petugas kesulitan mengakses warga yang tinggal di apartemen. 

Akibatnya banyak dari mereka tidak tercantum namanya di dalam DPT. Padahal, distribusi surat suara berdasarkan DPT. “Di Jakarta Utara ada petugas yang digigit anjing saat mendatangi rumah untuk mendata pemilih,” kata Sumarno.

Ia berjanji akan membenahi daftar pemilih sehingga tidak ada lagi kasus warga Jakarta tidak bisa mencoblos saat pemilihan putaran kedua digelar pada April mendatang. —dengan laporan ANTARA/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!