Anies janjikan tarif angkutan Rp 5 ribu, Ahok: Gratis bagi warga bergaji UMP

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Anies janjikan tarif angkutan Rp 5 ribu, Ahok: Gratis bagi warga bergaji UMP
“Kalau gajinya UMP, bapak-Ibu laporkan gajinya di Bank DKI, maka bisa gratis."

JAKARTA, Indonesia — Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjanjikan ongkos tarif angkutan umum di Jakarta sebesar Rp 5 ribu. Ia juga akan menyambungkan semua transportasi dalam satu sistem.

“Kami ingin seluruh moda transportasi tersambungkan, dari bus, LRT, MRT. Hari ini masih jalan sendiri-sendiri. Dengan satu sistem, Rp 5 ribu, semuanya,” kata Anies dalam debat terakhir gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu 12 April 2017.

Anies juga menyoroti subsidi yang diberikan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang lebih banyak diberikan kepada PT Transjakarta. Menurutnya, subsidi seharusnya tidak hanya untuk PT Transjakarta. Anies juga berjanji akan meningkatkan kesejahteraan dari penyelenggara transportasi.

Sementara Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama mengatakan dirinya telah menggratiskan Bus Transjakarta bagi warga Jakarta yang memiliki gaji Upah Minimum Provinsi (UMP).

“Kalau gajinya UMP, bapak-Ibu laporkan gajinya di Bank DKI, maka bisa gratis. Hanya memang busnya yang perlu kami tambah. Rute juga kami tambah. Lansia juga bisa kami jemput dengan TransJakarta Care,” kata Ahok. 

Sementara soal integrasi antarmoda yang disinggung Anies Baswedan, Ahok mengatakan dirinya telah melakukan integrasi dengan membangun MRT dan LRT.

Ahok juga mengatakan fasilitas Bus Transjakarta saat ini sudah berkelas dunia. Bahkan, kata Ahok, untuk kenyamanan wanita, kapasitas penumpang dikurangi 20%. “Sehingga bisa hadap depan. Supaya perempuan bisa nyaman,” kata Ahok. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!