Dari naiknya pajak rokok hingga model berhijab pertama H&M

Juga di wRap 1 Okt: kepala desa tersangka terkait Salim Kancil, paket ekonomi belum jawab PHK, situs dagang online tutup penjualan gading gajah

DEMO ROKOK. Penjual rokok di Indonesia berdemonstrasi dalam peringatan Hari Tanpa Tembakau Dunia di Jakarta, 31 Mei 2012. Foto oleh Bagus Indahono/Rappler

%

%

%

%

%

%

%

%

Hello!

DEMO ROKOK. Penjual rokok di Indonesia berdemonstrasi dalam peringatan Hari Tanpa Tembakau Dunia di Jakarta, 31 Mei 2012. Foto oleh Bagus Indahono/Rappler

DEMO ROKOK. Penjual rokok di Indonesia berdemonstrasi dalam peringatan Hari Tanpa Tembakau Dunia di Jakarta, 31 Mei 2012. Foto oleh Bagus Indahono/Rappler


JAKARTA, Indonesia—Inilah sejumlah berita pilihan kami pada Kamis, 1 Oktober 2015, dari beberapa peristiwa di hari sebelumnya. Naiknya pajak rokok tahun depan, kepala desa jadi tersangka pertambangan ilegal di kasus pembantaian Salim Kancil, paket ekonomi belum jawab ancaman PHK, model pertama H&M yang berhijab, situs dagang online tutup laman penjualan gading gajah setelah dipetisi.

Pemerintah naikkan pajak rokok tahun depan

Setelah rencana menaikkan tarif cukai rokok sebesar 23 persen, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro memastikan akan menaikkan pajak pertambahan nilai rokok menjadi 8,7 persen dari harga jual.

Kepastian ini juga dituangkan dalam Peraturan Menteri Keuangan tentang tata cara penghitungan dan pungutan pajak pertambahan nilai atas penyerahan hasil tembakau yang diterbitkan 21 September. Dalam peraturan ini, kenaikan PPN meliputi tembakau iris, rokok daun, cerutu dan hasil pengolahan tembakau lainnya.

Menurut Ketua Umum Pimpinan Pusat Federasi Serikat Pekerja Rokok Tembakau Makanan Minuman, Sudarto, kenaikan cukai dan PPN ini berarti adanya kemungkinan peningkatan pemutusan hubungan kerja.

Pembunuhan Salim Kancil, kepala desa jadi tersangka

Polisi menetapkan Kepala Desa Selok Awar-Awar Haryono sebagai tersangka dalam kasus pertambangan ilegal.

"Dari hasil penyidikan, tersangka terlibat dalam tambang ilegal di pesisir pantai desanya," kata Kasat Reskrim Polres Lumajang, AKP Heri Sugiono, di kantornya pada wartawan, Rabu, 30, September 2015.

Penyidik menetapkan Haryono setelah mengumpulkan keterangan saksi dari warga dan perannya dalam menarik retribusi pasir.

Paket ekonomi jilid 2 belum jawab ancaman PHK

Ketua Umum Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) Yani Motik mengatakan masalah mendasar dari paket-paket ekonomi yang diluncurkan oleh Presiden Jokowi adalah belum dilengkapi dengan peraturan presiden atau aturan pelaksanaan lain.

“Ibaratnya, selain cukup telat meluncurkannya, dampaknya tidak langsung terasa untuk atasi problem mendesak saat ini,” kata Yani.

Masalah mendesak itu adalah produksi yang berhenti dan ancaman pemutusan hubungan kerja.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Pengusaha Bauksit dan Biji Besi Indonesia (APB3I), Erry Sofyan, mengatakan bahwa paket ekonomi jilid 1 dan 2 tidak ada efeknya ke industri mineral. Di lingkungan industri bauksit alias alumina, sejak 2014 sudah terjadi pemutusan hubungan kerja terhadap 40.000 karyawan.

Mariah Idrissi, model H&M pertama yang berhijab
Mariah Idrissi di katalog H&M. Screen shot dari YouTube

Mariah Idrissi di katalog H&M. Screen shot dari YouTube


Nama Mariah Idrissi mendadak jadi buah bibir setelah ia tampil dalam video peluncuran koleksi terbaru merk terkenal H&M edisi bulan ini. Gadis yang baru berumur 23 tahun ini mengukir sejarah, karena ia adalah model pertama yang memakai hijab.

Ia lahir dan besar di London, Inggris. Ibunya seorang Pakistan, dan ayahnya berasal dari Maroko. Mariah mengaku awalnya ia dibantu temannya yang berprofesi sebagai casting director untuk mengirim fotonya ke H&M.

Dipetisikan, 3 situs jual beli tutup iklan gading gajah

Sebuah petisi di Change.org dimulai oleh Wisnu Wardhana, seorang dokter hewan yang sering diminta mengautopsi gajah-gajah yang mati. Ia menemukan bahwa produk-produk gading gajah dijual di toko online. Maraknya penjualan produk gading gajah dianggap sebagai pemicu banyaknya pembunuhan sadis yang terjadi pada gajah.

Menanggapi petisi tersebut, ketiga situs, yaitu Lazada, Tokopedia dan Bukalapak, menyatakan telah menutup postingan penjualan produk gading gajah dan segera memperbaiki kebijakan mereka.—Rappler.com

Ayo langganan Indonesia wRap