#PHVote

Dari upaya DPR batasi KPK hingga keluarga Indonesia di terkaya Asia

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Dari upaya DPR batasi KPK hingga keluarga Indonesia di terkaya Asia

GATTA DEWABRATA

Juga di wRap 9 Okt: kabut asap sampai Thailand, sanksi FIFA pada Blatter dkk, turunnya kepuasan publik pada Jokowi-JK

JAKARTA, Indonesia—Berita pilihan kami untuk mengawali Jumat, 9 Oktober 2015, Anda adalah: Fraksi DPR yang mendukung dan menolak revisi aturan KPK, lima keluarga terkaya Indonesia, kabut asap yang sudah sampai Thailand, sanksi FIFA kepada Blatter dan Platini, turunnya kepuasan publik atas kinerja Jokowi-JK.

Membatasi KPK lewat revisi aturan

Ada enam fraksi DPR yang mengusulkan revisi UU KPK, yakni Fraksi Partai Golkar, Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Fraksi Partai Nasdem, Fraksi PKB, Fraksi Hanura, dan Fraksi PPP.

Di antara poin revisi yang diusulkan adalah pembubaran KPK dalam jangka waktu 12 tahun setelah revisi tersebut disahkan.

Sikap Gerindra belum jelas. Dua fraksi yang menolak adalah Partai Demokrat dan Partai Keadlian Sejahtera.

Kepuasan publik atas kinerja Jokowi-JK menurun

Tingkat kepuasan publik atas kinerja Presiden Joko “Jokowi” Widodo dalam enam bulan terakhir menunjukkan tren penurunan, menurut hasil survei opini publik yang dilakukan oleh Indo Barometer.

“Tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo saat ini sebesar 46 persen, yang tidak puas 51,1 persen. Jika dibandingkan survei enam bulan lalu turun dari 57,5 persen ke 46 persen,” kata Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari.

Kabut asap sampai ke Thailand
KABUT. Seorang pria berada di atas perahu melintasi Sungai Siak di tengah kabut asap di Parawang, Riau, 8 Oktober 2015. Foto oleh Rony Muharrman/EPA
Setelah Malaysia, Singapura dan Filipina mengeluh soal kabut asap asal Indonesia, satu lagi negara ASEAN lainnya terkena dampak kabut asap: Thailand.

Pada Kamis, 7 Oktober, lima penerbangan dengan tujuan daerah wisata Phuket dan Samui akhirnya kembali ke Bangkok karena dua tempat tersebut tertutup kabut asap, membatasi jarak pandang sehingga pesawat tidak bisa mendarat. Kata pejabat setempat, kabut asap ini adalah yang terparah dalam bertahun-tahun.

Di Indonesia, jumlah korban sakit karena terpapar kabut asap yang menyelimuti Sumatera terus bertambah. Pada Kamis, 8 Oktober, tercatat ada 18 bayi yang dirawat di rumah sakit umum daerah di Riau.

Lima keluarga Indonesia di daftar terkaya Asia

Forbes baru saja meluncurkan daftar 50 keluarga terkaya di Asia, sebagai upaya untuk mengobservasi peran bisnis keluarga dalam dunia bisnis di Asia.

Lima keluarga terkaya asal Indonesia masuk dalam daftar tersebut: keluarga Hartono, keluarga Widjaja, keluarga Lohia, keluarga Wonowidjojo, keluarga Salim.

FIFA larang Blatter dan Platini terlibat sepak bola
DIBERI SANKSI. Presiden FIFA, Josep Sepp Blatter menerima sanksi dari FIFA tak boleh terlibat aktivitas sepak bola selama 90 hari. Foto oleh Laurent Gillieron/EPA
Presiden Badan Sepak Bola Dunia (FIFA) Joseph Sepp Blatter bersama sang wakil yang juga Presiden Badan Sepak Bola Eropa (UEFA) Michel Platini dan Sekretaris Jenderal Jerome Valcke diganjar sanksi tak boleh terlibat dalam aktivitas terkait sepak bola oleh Komite Etik independen FIFA.

Sanksi ini akan berlaku selama 90 hari ke depan dan dapat diperpanjang selama 45 hari sementara Komite Etik melanjutkan proses investigasi terhadap ketiganya. Blatter, Platini dan Valcke diduga tersangkut kasus korupsi dan penyalahgunaan wewenang.—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!