Berita hari ini: Minggu, 23 Oktober 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Minggu, 23 Oktober 2016

AFP

Rangkuman berita yang tidak boleh Anda lewatkan

Halo pembaca Rappler,

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Minggu, 23 Oktober 2016.

Seorang warga dilaporkan tewas dan dua lainnya mengalami cedera akibat ledakan yang terjadi di Utsunomiya, distrik Tochigi, di utara ibu kota Jepang, Tokyo, Minggu siang, 23 Oktober 2016.

Bom meledak di Jepang, satu tewas

Ledakan tersebut terjadi di sebuah taman pada pukul 11.30 waktu setempat. Petugas pemadam kebakaran yang datang ke lokasi menemukan satu orang tergeletak dengan kondisi mengenaskan di dekat tempat parkir sepeda.

“Satu orang ditemukan tewas,” kata juru bicara pemadam kebakaran setempat seperti dikutip dari AFP, Minggu 23 Oktober 2016. “Jenis kelamin dan usia korban tewas belum diketahui. Baca berita selengkapnya di sini.

Anggota TNI tertembak di Papua

Seorang anggota TNI berjaga di Gerbang Perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini, di Jayapura, Jumat (21/10). Foto oleh Rivan Awal Lingga/ANTARA

Seorang anggota TNI dari Satuan Taipur mengalami luka tembak saat melakukan penjalanan dari kampung Yagonik, Distrik Gurage menuju Gurage, Puncak Jaya, Papua, Sabtu 22 Oktober 2016.

Saat dalam perjalanan itu mereka diserang oleh kelompok yang diduga TPN/OPM di Gurage, Puncak Jaya, Papua. Kontak tembak terjadi sekitar pukul 15.00 wib.

Dandim 1714 Puncak Jaya Letkol Inf Hendriatno mengatakan saat itu anggotanya diserang dari atas gunung. Satu orang mengalami luka tembak. Baca berita selengkapnya di sini.

Perompak Somalia bebaskan warga Indonesia

Dua abk menembakan meriam vector kaliber 20 mm dalam simulasi di geladak KRI Banda Aceh-593 ketika melintas di perairan Tanimbar, Laut Arafuru, Rabu (19/10). Foto oleh M Risyal Hidayat/ANTARA

Perompak Somalia dilaporkan telah membebaskan 26 sandera awak kapal Naham 3 yang telah disandera sejak hampir lima tahun. Pembebasan dilakukan Sabtu, 22 Oktober waktu setempat.

“Kami dengan gembira mengumumkan pembebasan awak Naham 3 pagi ini,” kata John Steed, Koordinator Hostage Support Partners (HSP) yang membantu perundingan pembebasan, Minggu 23 Oktober 2016.

Dari 26 sandera asal Asia tersebut, terdapat sandera warga negara Indonesia. Namun laporan ini tak menyebutkan berapa warga negara Indonesia yang menjadi sandera. Baca berita selengkapnya di sini. 

Meski hujan, Ahok ikut buka Jakarta Marathon

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama usai menjalani tes bebas narkoba di kantor Badan Narkotika Nasional, Jakarta, Minggu (25/9). Foto oleh Puspa Perwitasari/ANTARA

Meski di bawah guyuran hujan, Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama ikut membuka acara Mandiri Jakarta Marathon yang berlangsung di Monumen Nasional, Minggu pagi 23 Oktober 2016. 

Acara yang dibuka pada pukul 09.00 wib itu rencananya akan berlangsung hingga pukul 12.00 wib. Ahok mengatakan, selain untuk mengajak masyarakat berolahraga, ajang ini juga menjadi untuk menarik wisatawan ke Indonesia. 

“Kami yakin olah raga merupakan wahana yang strategis dan efektif untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia,” kata Ahok. Baca berita selengkapnya di sini.

Jamaat GBKP sempat dilarang beribadah di kantor Kecamatan Pasar Minggu

Ibadah jamaat GBKP Pasar Minggu sempat tertunda karena pagar Kantor Kecamatan Pasar Minggu ditutup petugas, Minggu (23/10). Foto istimewa.

Sejumlah jamaat Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) Pasar Minggu sempat dilarang melakukan ibadah di Kantor Kecamatan Pasar Minggu pada Minggu pagi, 23 Oktober 2016.

“Jemaat yang sudah tiba di lokasi kantor Kecamatan Pasar Minggu tidak diperbolehkan masuk ke lokasi,” kata Pendeta GBKP Pasar Minggu Penrad Siagian dalam siaran persnya, Minggu 23 Oktober 2016.

Menurut Penrad Siagian, jamaat sudah tiba di Kantor Kecamatan Pasar Minggu sekitar pukul 07.00 wib. Namun saat itu gerbang kantor ditutup dan dijaga oleh sejumlah petugas Satpol PP. Baca berita selengkapnya di sini.

Ledakan hancurkan bangunan Pizza Hut dan Alfamidi di Bekasi

Ledakan di Bekasi yang menghancurkan bangunan Alfamidi dan Pizza Hut. Foto diambil dari @BundaElGar/twitter.

Ledakan keras terjadi di Jalan Raya Hankam, Jatimurni, Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi, Minggu 23 Oktober 2016.  Akibatnya toko Pizza Hut Delivery (PHD) dan minimarket Alfamidi hancur.

Ledakan terdengar sekitar pukul 06.30 wib. Belum ada informasi adanya korban jiwa. “Dugaan awal ledakan berasal dari tabung gas ukuran 50 Kg dari dalam PHD,” kata Kapolres Bekasi Kota Kombes Umar Fana, Minggu 23 Oktober.

Selain menghancurkan toko Piza Hut Delivery dan Alfamidi, ledakan juga menyebabkan kemacetan di  Jalan Raya Hanka. Belum diketahui penyebab ledakan. Baca berita selengkapnya di sini.

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!