Indonesia

Berita hari ini: Senin, 24 Oktober 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Senin, 24 Oktober 2016

ANTARA FOTO

Rangkuman berita yang tidak boleh Anda lewatkan

Halo pembaca Rappler,

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Senin, 24 Oktober 2016.

KPK tahan mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah dalam kasus pengadaan alat kesehatan  

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menahan mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari, pada Senin, 24 Oktober.

Siti ditahan usai diperiksa KPK selama 5 jam sebagai tersangka pengadaan alat kesehatan. Ia terlihat mengenakan rompi tahanan berwarna oranye ketika keluar gedung usai ditanya penyidik dan berangkat menuju rumah tahanan Pondok Bambu.

Siti Fadilah dijerat dengan Pasal 2 Ayat (1) atau Pasal 3 juncto Pasal 15 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, juncto Pasal 56 Ayat (2) KUHP. 

Ia terancam hukuman pidana paling lama 20 tahun penjara dan denda paling banyak Rp1 miliar. Selengkapnya di sini.

4 ABK Indonesia jalani proses pemulihan di Nairobi sebelum ke Tanah Air 

EVAKUASI. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan empat ABK Indonesia yang dibebaskan oleh perompak Somalia berhasil dievakuasi ke Nairobi, Kenya. Foto oleh Puspa Perwitasari/ANTARA

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengakui proses pembebasan 4 Anak Buah Kapal (ABK) Indonesia dari perompak Somalia memang sulit dan dibutuhkan waktu yang lama. 

Sebelumnya, 4 ABK berhasil dibebaskan dari perompak Somalia pada Sabtu, 22 Oktober. Mereka disekap sejak 26 Maret 2012.

“Empat ABK tersebut bekerja di kapal ikan Taiwan bernama Naham III dan dioperasikan oleh perusahaan asal Oman,” kata Retno.

Mereka berhasil dievakuasi dengan selamat dari Somalia pada Minggu, 23 Oktober sekitar pukul 21:00 WIB. Usai dibebaskan, keempat WNI akan menetap sementara waktu di Nairobi untuk dilakukan proses pemulihan sebelum dipulangkan ke Tanah Air. Selengkapnya di sini.

KIP resmi tetapkan 6 pasangan cagub-cawagub Aceh

 Juru bicara pasangan calon independen gubernur dan wakil gubernur Aceh, Zaini Abdullah-Nasruddin memberikan keterangan terkait hasil rekapitulasi syarat dukungan di Banda Aceh, pada 22 Oktober 2016. Foto oleh Antara

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menetapkan 6 pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Aceh 2017-2022 sebagai peserta Pilkada 2017, pada Senin, 24 Oktober.

Adapun enam pasangan calon tersebut adalah: 

  • Tarmizi A Karim dan T Machsalmina Ali (didukung Partai Nasdem, Partai Golkar, serta beberapa partai lainnya)
  • Abdullah Puteh dan Sayed Mustafa Usab (jalur perseorangan atau independen)
  • Zaini Abdullah dan Nasaruddin (independen)
  • Zakaria Saman dan T Alaidinsyah (independen)
  • Muzakir Manaf dan TA Khalid (Partai Aceh, Partai Gerindra, dan sejumlah partai lainnya)
  • Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah (Partai Demokrat, Partai Nasional Aceh, PKB, dan PDA)

Zaini Abdullah merupakan gubernur petahana, sedangkan Muzakir Manaf adalah wakil gubernur saat ini. 

Ketua KIP Aceh Ridwan Hadi mengatakan pihaknya sudah memeriksa semua persyaratan, seperti syarat administrasi maupun syarat lainnya seperti tes mengaji, tes kesehatan, termasuk syarat dukungan.

Setelah ditetapkan sebagai peserta pilkada, selanjutnya akan ditetapkan nomor urut pasangan calon pada 25 Oktober. Selengkapnya di Antara.

Ahok temui Jokowi pamit untuk cuti kampanye

Gubernur DKI Jakarta Ahok mendatangi Bareskrim Polri untuk klarifikasi kasus dugaan penistaan agama kepada penyidik. Foto oleh Widodo S. Jusuf/Antara

Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama mendatangi Presiden Joko “Jokowi” Widodo di Istana Negara untuk berpamitan cuti selama masa kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), pada Senin, 24 Oktober.

“Tadi ke Istana permisi [pamit ke Jokowi]. Rabu sudah serah terima ke Kemendagri,” kata Ahok.

Surat cuti Ahok untuk kampanye kepada Mendagri telah diterima oleh KPU DKI. Posisi Ahok akan diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt) yang ditunjuk oleh Kementerian Dalam Negeri selama ia melakukan kampanye pada 28 Oktober 2016-11 Februari 2017.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo sudah menyiapkan dua nama, yakni Sekjen Kemendagri Yuswandi A Temenggung dan Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri Soni Sumarsono. Selengkapnya di sini.

Rano-Mulya dan Wahidin-Andika resmi ditetapkan jadi pasangan cagub-cawagub Banten

Pasangan bakal cagub dan cawagub Banten Rano Karno (kanan) dan Embay Mulya Syarif (kiri) saat jalani tes kesehatan pada 24 September 2016. Foto oleh Asep Fathulrahman/Antara

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Banten menetapkan nama dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada 2017). 

“Bakal pasangan calon gubernur dan wakil atas nama Wahidin Halim dan Andika Hazrumi dinyatakan memenuhi syarat dan dinyatakan sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Banten,” kata Ketua KPUD Banten Agus Supriatna, pada Senin, 24 Oktober.

“Kedua, bakal pasangan calon gubernur dan wakil dan atas nama  Karno dan H Embay Mulya Syarif dinyatakan sah dan memenuhi syarat sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Banten,” ujarnya. Selengkapnya di sini.

Jawa Barat juara umum Peparnas 2016 

Ketua NPCI Pusat Sonny Marbun (ujung kiri), Menpora Imam Nahrawi, dan Ketua Umum PB Peparnas XV/2016 Jawa Barat Ahmad Heryawan, berfoto bersama tim sepakbola Kalimantan Selatan mendapat medali emas, pada 23 Oktober 2016. Foto oleh Yuli Saputra/Rappler

Setelah berhasil meraih gelar juara umum pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016, tuan rumah Jawa Barat kembali meraih gelar yang sama pada Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016.

Gelar juara umum bagi tuan rumah memang telah bisa dipastikan bahkan pada hari ketiga pelaksanaan Peparnas. Pada hari ketiga, perolehan medali emas kontingen Jabar Kahiji ini melesat meninggalkan kontingen lainnya.

Perolehan medali Jawa Barat yang tercatat hingga pukul 17:30 WIB, Minggu, 23 Oktober, telah mencapai 31% dari total 2.145 medali yang diperebutkan.

Raihan medali dengan persentase hingga 28 persen pada PON dan 31 persen di Peparnas, merupakan raihan tertinggi dalam sejarah penyelenggaraan PON dan Peparnas. Selengkapnya di sini.

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!