Berita hari ini: Kamis, 3 November

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Kamis, 3 November

ANTARA

Rangkuman berita yang tidak boleh Anda lewatkan

Halo pembaca Rappler,

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Kamis, 3 November 2016.

7 jenazah TKI tenggelam di Batam telah teridentifikasi

Tujuh dari 18 jenazah tenaga kerja Indonesia (TKI) korban kapal tenggelam di perairan Batam telah berhasil diidentifikasi oleh tim Disaster Victim Investigation (DVI) Polda Kepulauan Riau.

Yang sudah berhasil diindentifikasi terdiri atas empat wanita dewasa, dua laki-laki dewasa, dan satu bayi perempuan usia tujuh bulan,” kata Kapolda Kepri Brigjen Sam Budigusdian di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Kepri, Batam.

Hingga saat ini, tim dokter forensik masih berupaya keras mengidentifikasi 11 orang jenazah lainnya dengan mengumpulkan berbagai data pendukung. Siapa saja 7 jenazah yang telah diidentifikasi? Selengkapnya di sini.

Pasca insiden Rawabelong, Polisi tingkatkan penjagaan blusukan Ahok ke Pasar Minggu

Calon petahana Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama saat menyapa warga Pejaten Timur, Jakarta Selatan, Kamis (3/11). Foto diambil dari @basuki_btp/Twitter
  

Polsek Pasar Minggu meningkatkan penjagaan untuk kegiatan blusukan calon Gubernur DKI Jakarta petahana, Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama ke Pejaten Timur, Jakarta Selatan, pada Kamis, 3 November.

“Untuk hari ini sekitar 55 sampai 60 personel dari Polsek [Pasar Minggu], Polres, sampai Koramil,” kata Kapolsek Pasar Minggu Kompol Holden Sirait.

Holden mengatakan personel yang dikerahkan biasanya hanya berkisar 20 orang, namun untuk menghindari adanya aksi unjuk rasa dari warga sekitar, kepolisian pun menambah personel penjagaan.

Pada kunjungan sebelumnya di Rawabelong, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Ahok didemo oleh sejumlah orang yang mengaku sebagai warga asli dan menolak kedatangannya bertemu warga.

Atas aksi demonstrasi tersebut, Ahok pun mempercepat kunjungannya, bahkan ia diamankan ke dalam mikrolet M24 tujuan Grogol-Srengseng dan dibawa ke Polsek Kebon Jeruk. Selengkapnya di Antara.

Kemkominfo blokir 11 situs bermuatan SARA

Menkominfo Rudiantara saat diwawancarai wartawan di kantor TVRI pada Kamis, 5 November 2014. Foto oleh Uni Lubis 

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah memblokir 11 situs yang mengandung konten suku, ras, agama, dan antargolongan (SARA) yang dinilai membahayakan persatuan dan kesatuan.

“Sebelas [situs] sudah minta diblokir tadi malam,” kata Plt Kepala Pusat Hubungan Masyarakat Kemkominfo Noor Iza, pada Kamis, 3 November.

Pemblokiran ini dilakukan atas permintaan dari lembaga dan instansi terkait seperti Polri dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Apa saja 11 situs tersebut? Cari tahu di sini.

Ahok penuhi panggilan Bareskrim Senin pekan depan

Calon petahana gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama saat mengguirkan program donasi untuk pasangan Ahok-Djarot, Selasa (1/11). Foto Antara.

Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama memastikan akan memenuhi panggilan Bareskrim Mabes Polri pada Senin pekan depan, 7 November 2016, untuk memberikan keterangan dalam kasus dugaan penistaan ayat suci. 

“Ya saya akan datang. Senin katanya (pemanggilan untuk pemeriksaan di Bareskrim Mabes Polri). Mungkin pagi. Saya belum lihat jamnya,” kata Ahok usai blusukan di Pejaten Timur, Jakarta Selatan, Kamis 3 November 2016.

Ahok dilaporkan oleh sejumlah pihak terkait ucapannya tentang Surat Al Maidah ayat 51 di Kepulauan Seribu pada 27 September. Ucapan Ahok itu dinilai menistakan ayat suci. Baca berita selengkapnya di sini.

BMKG: Jakarta berpotensi hujan pada 4 November 

KONSOLIDASI. Para pengunjuk rasa berkonsolidasi sebelum menuju Balai Kota. Foto oleh Zachary Lee/Rappler.  

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca di kawasan Istana Presiden dan sekitarnya, Jakarta Pusat, akan diguyur hujan saat aksi unjuk rasa pada Jumat, 4 November.

“Pagi hari cuaca berawan dan berpotensi hujan ringan, begitu juga siang dan sore masih berawan serta potensi hujan ringan hingga sedang,” kata Humas BMKG Hary T Djatmiko, pada Kamis, 3 November.

Cuaca serupa juga masih berlanjut hingga malam hari dengan potensi hujan ringan namun dini hari pada umumnya berawan. 

Beberapa organisasi kemasyarakatan Islam pada 4 November berencana melakukan unjuk rasa di Jakarta terkait dugaan penistaan agama oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama. Selengkapnya di Antara. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!