Berita hari ini: Jumat, 16 Desember 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Jumat, 16 Desember 2016
Rangkuman berita yang tidak boleh Anda lewatkan

Halo pembaca Rappler,

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Jumat, 16 Desember 2016.

Jokowi undang pimpinan DPR ke Istana

Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengundang para pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) ke Istana Merdeka, Jakarta, pada Jumat, 16 Desember.

Rombongan pimpinan DPR terdiri dari Ketua Setya Novanto dan ketiga Wakil Ketua DPR, yaitu Fahri Hamzah, Taufik Kurniawan, dan Fadli Zon.

Dalam pernyataan kepada pers, Setya mengatakan bahwa pertemuan kali ini merupakan penyambung silaturahmi setelah ia kembali menjabat sebagai Ketua DPR.

menegaskan komitmen parlemen untuk mendukung seluruh program pemerintah guna meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Indonesia.

“Yang paling penting adalah bahwa parlemen dan pemerintah adalah untuk kepentingan kesejahteraan rakyat,” ujarnya. Selengkapnya di sini.

BNN: 72 jaringan internasional edarkan narkoba di Indonesia

residen Joko Widodo (tengah) didampingi Menko Polhukam Wiranto (kanan) dan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Budi Waseso (kiri) saat memimpin pemusnahan barang bukti narkoba hasil tangkapan BNN di Silang Monumen Nasional, Jakarta, Selasa (6/12). Foto oleh Puspa Perwitasari/ANTARA

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Budi Waseso mengatakan ada 72 jaringan internasional yang saat ini aktif mengedarkan narkoba di Indonesia.

“Mereka berdiri sendiri dan mereka eksis mengedarkan. Ini ancaman bagi kita,” kata Budi Waseso dalam ceramah umum di kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Jumat 16 Desember 2016.

Budi Waseso mencatat, nilai traksaksi setiap jaringan ini bisa mencapai Rp 3,7 triliun hanya dalam waktu tiga bulan. “Ini fakta bukan kami mengira-ngira, faktanya demikian,” kata mantan Kabareskrim Polri itu. Baca berita selengkapnya di sini.

Hari ini tilang elektronik resmi diberlakukan

Pengendara mengikuti sidang tilang di tempat pada Operasi Zebra Toba 2016, di Medan, Sumatera Utara, Kamis (17/11). Foto oleh Irsan Mulyadi/ANTARA

Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian hari ini meresmikan peluncuran tiga aplikasi online sekaligus, yakni e-tilang, SIM Online dan e-Samsat di Satpas Daan Mogot, Kedaung, Jakarta Barat.

Tito berharap dengan adanya tiga aplikasi online tersebut budaya korupsi, terutama pungutan liar, bisa dikikis sampai habis. Dengan begitu kepercayaan publik terhadap polisi bisa pulih. 

“e-Tilang ini sesuai instruksi Presiden untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Tito dalam sambutannya, Jumat 16 Desember 2016. Baca berita selengkapnya di sini

Harga Pertamax, Pertalite, dan Dexlite naik Rp 150 mulai 16 Desember

Foto oleh EPA 

PT Pertamina akan kembali menyesuaikan harga Pertamax, Pertalite, dan Dexlite sebesar Rp 150 terhitung mulai hari ini, Jumat, 16 Desember. 

“Penyesuaian dilakukan terhadap Pertamax, Pertalite, dan Dexlite yang nilainya sebesar Rp 150 per liter berlaku untuk seluruh wilayah,” kata Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro.

Menurutnya, penyesuaian harga bahan bakar khusus (BBK) ini merespons perkembangan harga indeks pasar gasoline pada pertengahan Desember 2016. 

Untuk DKI Jakarta, misalnya, harga Pertamax naik menjadi Rp 7.750 per liter, harga Pertalite naik sebesar Rp 7.050 per liter, dan Dexlite menjadi Rp 6.900 per liter. 

Namun harga Pertamax Plus, Pertamax Turbo, dan Pertamina Dex tidak mengalami perubahan harga. Selengkapnya di sini.

PKS akan banding atas putusan PN Jaksel yang menangkan Fahri Hamzah

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Fahri Hamzah memberikan keterangan kepada wartawan terkait pemecatan dirinya dari keanggotaan PKS di Gedung DPR, Jakarta, Senin, 4 April. Foto oleh Rivan Awal Lingga/ANTARA

Dewan Pengurus Pusat Partai Keadilan Sejahtera (DPP PKS) menyatakan akan mengajukan banding atas putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang memenangkan gugatan salah satu kadernya, Fahri Hamzah, terhadap partai dakwah tersebut.

Menurut PKS, putusan itu masih dalam proses hukum yang belum berkekuatan hukum tetap karena masih ada banding, kasasi, dan peninjauan kembali.

Sebelumnya Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memutuskan mengabulkan gugatan perdata diajukan Fahri dengan menyatakan tidak sah pemecatan yang bersangkutan oleh DPP PKS. Selengkapnya di sini. 

Densus 88 tangkap terduga teroris di Purworejo

ILUSTRASI. Anggota Polres Klaten berjaga di depan rumah terduga teroris saat melakukan penggeledahan di Jetis Wetan, Pedan, Klaten, Jawa Tengah, pada 15 Desember 2016. Foto oleh Aloysius Jarot Nugroho/Antara  

Detasemen Khusus 88  (Densus 88) Antiteror Mabes Polri menangkap terduga teroris, Ika Puspitasari (34 tahun), warga Dusun Tegalsari, Desa Brenggong, Kabupaten Purworejo, Kamis, 15 Desember.

Ika ditangkap di musala Dusun Tegalsari, Desa Brenggong, Kecamatan Purworejo. Saat itu dia sedang ikut mempersiapkan kegiatan Mauld Nabi SAW. Ika kemudian dibawa ke rumahnya di Dusun Tegalsari dan tim Densus menyita beberapa barang bukti berupa buku, telepon seluler, paspor, dan identitas terduga.

Selanjutnya ia dibawa ke Polres Purworejo untuk diperiksa. “Terduga teroris dan semua barang yang disita itu kemudian diangkut ke Jakarta,” kata Satrio. Selengkapnya di sini.

3 orang hilang akibat banjir, cuaca ekstrem di Manado

ILUSTRASI. Tim gabungan BPBD, menggunakan perahu karet untuk menyelamatkan seorang korban pada simulasi penanganan bencara banjir. Foto oleh Irwansyah Putra/Antara

Sedikitnya tiga orang warga menjadi korban akibat cuaca ekstrem yang melanda Kota Manado dan sekitarnya, Provinsi Sulawesi Utara, Kamis sore, 15 Desember, sampai Jumat dini hari, 16 Desember.

Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur Kota Manado itu mengakibatkan sebagian besar wilayah kota ini mengalami banjir setinggi sekitar setengah meter. 

“Satu korban hilang jatuh di DAS Tondano masih dalam pencarian, dan dua korban lainnya tertimbun tanah longsor sedang dalam penggalian,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Manado Jeany Bangonang, di Manado. Selengkapnya di sini. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!