Berita hari ini: Minggu, 25 Desember 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Minggu, 25 Desember 2016

ANTARA FOTO

Rangkuman berita yang tidak boleh Anda lewatkan

Halo pembaca Rappler,

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Minggu, 25 Desember 2016.

Densus 88 tangkap 4 terduga teroris, 2 di antaranya ditembak mati 

 

Pasukan Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror melakukan penangkapan terhadap 4 terduga teroris di Purwakarta, Jawa Barat, pada Minggu, 25 Desember. Dua orang dari keempat terduga teroris ditembak mati di tempat karena berupaya melawan petugas.

Penangkapan dilakukan di dua tempat terpisah. Kedua terduga teroris yang ditangkap di Cibinong, Jatiluhur, tidak melawan saat ditangkap. Saat diinterogasi, polisi mendapatkan informasi bahwa masih ada dua kawanan jaringan lainnya bersembunyi.

Kedua orang berikutnya meninggal dunia setelah kontak senjata.

Pendopo Wali Kota Bandung kini dibuka untuk umum 

 Pendopo Kota Bandung kini dibuka untuk umum. Screen shot dari Facebook.com/RidwanKamil

Rumah Dinas Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dibuka untuk umum dalam rangka musim libur Natal dan Tahun Baru.

Rumah yang dikenal dengan nama Pendopo Wali Kota Bandung itu dibuka untuk siapa saja mulai hari ini, Minggu, 25 Desember 2016, hingga sepekan kemudian, 1 Januari 2017. 

Ia menyampaikan, wisata gratis ke pendopo bisa dinikmati oleh warga mulai pukul 09:00-12:00 WIB dan pukul 13:30-16:00 WIB. Selengkapnya di sini.

Pemerintah beri remisi Natal kepada 6.700 narapidana 

Warga binaan beragama Nasrani berjalan di depan gereja Lapas di Kendari, Sulawesi Tenggara, pada 24 Desember 2016. Foto oleh Jojon/Antara

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) memberikan remisi khusus kepada 6.707 narapidana pemeluk agama Kristen bertepatan dengan Hari Raya Natal yang jatuh pada hari ini, Minggu, 25 Desember.

Menkumham Yasonna Laoly mengatakan, remisi pada Hari Raya Natal jangan hanya dianggap sebagai pengurangan masa tahanan, tapi juga dipandang sebagai perenungan diri mengingat kesalahan yang telah dibuat.

“Selama menjalani pidana jangan diasumsikan sebagai suatu derita semata, melainkan sikap retrospeksi dan instrospeksi diri untuk kembali ke jalan keimanan dan kebenaran,” kata Yasonna. Selengkapnya di sini.

Masjid Istiqlal sediakan lahan parkir untuk jemaat Gereja Katedral

Perayaan Natal untuk memperingati kelahiran Yesus Kristus tersebut mengangkat tema "Hari ini telah lahir bagimu, Juru selamat, yaitu Kristus Tuhan di Kota Daud". Foto oleh Sigid Kurniawan/Antara
  

Masjid Istiqlal menyediakan lahan parkir motor dan mobil bagi para jemaat Gereja Katedral yang melaksanakan misa malam Natal di Jakarta Pusat.

“Biasa memang setiap tahun memang digunakan parkir, agar tidak macet. Hari Natal juga bisa parkir di area Istiqlal,” kata salah satu petugas penjaga parkir, Dwi, kepada media.

Terlihat jemaat Gereja Katedral masih ada berdatangan menyeberang keluar dari area parkir masjid menuju gereja.

Terkait jadwal ibadah Natal, jadwal digelar pada Minggu, 25 Desember, terbagi pada pukul 06:00 WIB, pukul 07:30 WIB, pukul 09:00 WIB, pukul 11:00 WIB, dan pukul 18:00 WIB. Selengkapnya di sini.

Tidak ada ‘open house’ di rumah Ahok pada Natal tahun ini

Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama menjalani sidang perdana kasus dugaan penistaan agama di PN Jakarta Utara, pada 13 Desember 2016. Foto oleh Tatan Syuflana/Antara

Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama (Ahok) membantah akan ada kegiatan “open house” di kediaman pribadinya dalam menyambut Hari Natal.

“Selamat malam, Natal tahun ini saya akan berkumpul dengan keluarga. Tidak benar mengenai info open house Natal di rumah saya pada 25 Desember 2016,” kata Ahok melalui akun Twitter pribadinya, pada Sabtu malam, 24 Desember.

Ia mengatakan ingin merayakan hari Natal bersama keluarga di rumah saja. Pasalnya Ahok akan menjalani sidang putusan sela dalam kasus dugaan penistaan agama pada Selasa, 27 Desember, mendatang.

Misa Natal di seluruh Indonesia tahun ini berlangsung aman

Anggota Brimob Polda Banten menyisir alltar Gereja Kristus Sang Raja dengan metel detektor di Serang, Banten, pada 24 Desember 2016. Foto oleh Asep Fathulrahman/Antara

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian langsung bertindak sigap dengan hadir dalam salah satu misa Natal di gereja di Jakarta. Kedatangannya untuk memastikan bahwa jemaat gereja dapat melaksanakan ibadah dan merayakan Natal dalam suasana yang aman. 

“Kami datang ke sini untuk meyakinkan Bapak dan Ibu agar melaksanakan ibadah dan dapat menjalankan Natal dalam suasana yang aman dan nyaman untuk kita semua. Selamat Natal dan semoga Tuhan memberkati kita semua,” kata Tito, di Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat (GPIB) Immanuel, di Gambir Jakarta Pusat, pada Sabtu malam, 24 Desember.

Suasana ibadah di GPIB Immanuel terpantau dengan penjagaan ketat didukung satu unit mobil barakuda, pengawalan dari puluhan personel kepolisian dan TNI, serta mesin metal detector untuk setiap jemaat yang memasuki gedung.

Tim penjinak bom Gegana dari kepolisian pun melakukan sterilisasi di hampir seluruh gereja-gereja yang tersebar di Indonesia. Selengkapnya di sini

Kader HMI ikut jaga keamanan malam kudus di Manokwari

ILUSTRASI. Umat kristiani menghiasi ruangan dengan bunga dan lampu hias di gereja. Foto oleh Ampelsa/Antara  

Puluhan kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Manokwari, Papua Barat, ikut mengawal pelaksanaan ibadah malam kudus umat Kristen di daerah ini, pada Sabtu, 24 Desember.

Ketua Umum HMI Cabang Manokwari Saleh Safua mengatakan bahwa kegiatan pengawalan ibadah malam kudus rutin dilaksanakan setiap perayaan Natal di Manokwari. Tujuannya agar mengaktualisasikan sikap toleransi beragama di kalangan kader HMI.

“Hidup rukun berdampingan, saling menjaga, dan saling melindungi tentu itu yang diharapkan. Pengkaderan HMI bukan sekadar pada kecerdasan intelektual, namun emosional dan spiritual pun menjadi hal terpenting dalam pengkaderan,” kata Saleh. Selengkapnya di sini.

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!