Berita hari ini: Minggu, 8 Januari 2017

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Minggu, 8 Januari 2017

ANTARA FOTO

Rangkuman berita yang tidak boleh Anda lewatkan

Halo pembaca Rappler,

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Minggu, 8 Januari 2017.

Setelah vakum, kompetisi ISL akan kembali bergulir 26 Maret

 

Setelah beberapa tahun terakhir vakum, kompetisi tertinggi di Tanah Air, Indonesia Super League (ISL), akan kembali digelar pada 26 Maret 2017.

Demikian bunyi salah satu keputusan hasil kongres Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Bandung, Jawa Barat, pada Minggu, 8 Januari.

“ISL tetap diikuti 18 tim. Namun ada beberapa tim yang melakukan perubahan nama. Kompetisi dipastikan digelar mulai 26 Maret,” kata Sekretaris Jenderal PSSI Ade Wellington, di sela kongres, Minggu. Selengkapnya di sini.

Masyarakat Indonesia Anti Hoax gelar deklarasi serentak di 6 kota

NEW YEAR, NEW HOAX. Avoid a new hoax based on the graph search function.

Pegiat media sosial dan netizen yang tergabung dalam komunitas Masyarakat Indonesia Anti Hoax menggelar sosialisasi pentingnya bagi pengguna media sosial untuk melawan berita bohong atau hoax di Hari Bebas Kendaraan Bermotor di kawasan Bundaran HI, Jakarta, pada Minggu, 8 Januari.

“Menekankan pentingnya bagaimana masyarakat menggunakan media sosial untuk kebaikan bangsa, secara positif,” kata Ketua Masyarakat Indonesia Anti Hoax Septiaji Eko Nugroho di lokasi, Minggu.

Acara yang juga merupakan deklarasi komunitas juga berlangsung serentak di Surabaya, Solo, Semarang, Wonosobo, dan Bandung.

Banyaknya informasi hoax yang beredar memicu keributan di media sosial bahkan terbawa ke dunia nyata dan menimbulkan kerusuhan fisik. Ia merasa prihatin bila Indonesia yang seharusnya menikmati bonus demografi pada 2030 nanti diisi oleh orang-orang yang tidak cerdas menggunakan media sosial. Selengkapnya di sini.

Banjir, BPBD tetapkan status tanggap darurat 14 hari di Solok

Banjir bandang terjadi pada 6 Januari 2017 mengakibatkan sejumlah rumah di bantaran sungai di Solok, Sumatera Barat, terancam. Foto oleh Joko Nugroho/Antara  

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok Sumatera Barat mengatakan beberapa daerah rawan di kabupaten tersebut dinyatakan tanggap darurat selama 14 hari sejak musibah banjir terjadi. 

“Kawasan yang perlu siaga yakni Kecamatan Pantai Cermin, Kecamatan Kubung, Kecamatan Lembah Gumanti, Kecamatan Gunung Talang, dan Kecamatan Junjung Siriah,” kata Kepala BPBD Kabupaten Solok Sumatera Barat Dasril.

Ia mengatakan saat ini BPBD masih siaga dan memfokuskan penanganan di Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Solok Sumbar sebagai salah satu daerah tanggap darurat karena mengalami dampak kerusakan paling parah dan saat ini masih memerlukan bantuan akibat banjir.

Mengingat cuaca sepekan ke depan akan cukup ekstrem, ia mengimbau masyarakat yang berada di kawasan rawan bencana untuk waspada dan tetap selalu siaga dalam menghadapi musibah. Selengkapnya di sini.

Kongres PSSI resmi sahkan Persebaya

 Suporter Persebaya Surabaya mengikuti Parade Bela Persebaya di Surabaya, Jawa Timur, pada 26 Desember 2016. Foto oleh Didik Suhartono/Antara

Awal 2017 menjadi penanda sejarah baik bagi para Bonek, sebutan untuk suporter klub Persebaya Surabaya. Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akhirnya mengesahkan keberadaan Persebaya dalam kongres di Bandung, Jawa Barat, pada Minggu, 8 Januari.

Kongres memutuskan bahwa Persebaya dapat tampil di Divisi Utama untuk musim kompetisi 2017.

Keputusan tersebut diambil tanpa melalui persetujuan voter, tapi dengan sikap tegas dari Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi yang menggunakan otoritasnya.

“Tanpa mengecilkan klub lain, khusus Persebaya saya letakkan di tahta Divisi Utama. Saya tak tanya setuju atau tidak kepada voter, saya ketok. Saya letakkan di Divisi Utama,” ucap Edy sambil langsung mengetok palu. Selengkapnya di sini. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!