Berita hari ini: Jumat, 13 Januari 2017

Rangkuman berita yang tidak boleh Anda lewatkan

%

%

%

%

%

%

%

%

Hello!

Halo pembaca Rappler,

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Jumat, 13 Januari 2017.

Anggota DPRD Palu: Pasha Ungu tak sewa rumah Rp1 M

Wakil Wali Kota Palu Sigit "Pasha Ungu" Purnomo saat bernyanyi bersama istrinya, Adelia. Foto dari Instagram/@AdeliaPasha

Wakil Wali Kota Palu Sigit "Pasha Ungu" Purnomo saat bernyanyi bersama istrinya, Adelia. Foto dari Instagram/@AdeliaPasha

Anggota DPRD Kota Palu, Sulawesi Tengah, Ridwan H. Basatu, meluruskan pemberitaan yang menyebutkan bahwa ia pernah menyebutkan biaya sewa rumah Wakil Wali Kota Palu, Sigit Purnomo Said alias Pasha Ungu, di kompleks hunian elit Citra Land adalah senilai Rp1 miliar lebih.

"Saya tidak menyebutkan bahwa sewa kontrakan rumah Wakil Wali Kota Palu di Citra Land adalah Rp1 miliar, akan tetapi harga rumah di Citra Land itu kurang lebih Rp1 miliar perunit," kata Ridwan di Palu, Jumat.

Ia menyebutkan bahwa Pasha pernah menempati hunian elit Citra Land sejak terpilih dan dilantik sebagai Wakil Wali Kota Palu, dan itu dibenarkan oleh pejabat bagian Perlengkapan dan Umum Setda Pemkot Palu.

Karena itu, pihaknya meminta agar pembiayaan kontrakan hunian elit yang ditempati oleh Wakil Wali Kota Palu itu jangan dibebankan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) karena Pemkot Palu telah memfasilitasi rumah dinas. Selengkapnya di sini.

Polri: Pembakar kantor GMBI Bogor diduga anggota FPI

Maskas GMBI yang dibakar pada Jumat dinihari, (13/1). Foto Istimewa.

Maskas GMBI yang dibakar pada Jumat dinihari, (13/1). Foto Istimewa.

Kadiv Humas Polri Brigjen Rikwanto mengatakan pelaku pembakaran kantor Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Bogor diduga anggota Front Pembela Islam (FPI).

"Pelaku kurang lebih 150 orang. Dari 150 orang sudah diamankan 20 orang. Sekarang sedang dalam pemeriksaan di Polres Kabupaten Bogor," kata Rikwanto.

Ia mengatakan pembakaran sekretariat GMBI yang berlokasi di Ciampea, Bogor, terjadi pada Jumat dinihari sekitar pukul 02:51 WIB. Setelah mendapat laporan, petugas langsung meluncur ke lokasi dan mengamankan 20 orang. "Saksi yang diambil penyidik di TKP adalah masa ormas FPI," kata Rikwanto. Selengkapnya di sini.

Seekor paus terdampar mati di pantai Lombok Timur

Seekor paus terdampar di Pantai Seriwe, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, pada Kamis, 12 Januari. Namun per Jumat pagi, 13 Januari, paus tersebut dikabarkan sudah dalam keadaan mati.

"Menurut laporannya, bangkai ikan paus yang terdampar, pertama kali ditemukan oleh para nelayan di wilayah setempat," kata Kasatrolda Ditpolair Polda NTB AKBP I Dewa Wijaya, Jumat.

Paus tersebut panjangnya mencapai 10 meter dengan diameter sekitar 1 meter dan memiliki berat mencapai 4 ton.

Terkait dengan penyebab kematiannya, Dewa menduga karena pengaruh aktivitas kapal yang kerap melintas di perairan setempat. Menurutnya, hal itu sangat mengganggu kehidupan dari biota laut, termasuk paus tersebut. Selengkapnya di sini. —Rappler.com

X

Ayo langganan Indonesia wRap