Berita hari ini: Selasa, 28 Maret 2017

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Selasa, 28 Maret 2017
Perkembangan berita terbaru yang perlu Anda ketahui.

Halo pembaca Rappler,

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Selasa, 28 Maret 2017.

Alat peringatan tsunami hilang di Pesisir Selatan

Alat penguat sinyal (repeater) peringatan dini bahaya tsunami untuk beberapa kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan dilaporkan hilang pada Senin, 27 Maret 2017. 

“Setelah teknisi dari provinsi melakukan pengecekan, alat itu tidak ditemukan,” kata Kepala Bidang Pascabencana dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Selatan S. Marpaung, Selasa 28 Maret 2017.

Selain repeater peringatan dini tsunami, repeater sambungan radio antarinstansi seperti BPBD dan Palang Merah Indonesia (PMI) juga hilang sehingga komunikasi jarak jauh tidak bisa dilakukan. Baca berita selengkapnya di sini.

Masjid di Blitar matikan pengeras suara saat Nyepi

Penyandang disabilitas beristirahat di Masjid Raya Sumatera Barat sebelum mengikuti pemasangan kaki palsu dan tangan di kantor Dinas Sosial Sumatera Barat, Padang, Kamis (23/3). Foto oleh Muhammad Arif Pribadi/ANTARA

Sejumlah masjid di Kota Blitar mematikan pengeras suara saat azan untuk menghormati umat Hindu di daerah tersebut yang hari ini sedang merayakan Hari Nyepi.

Pengeras suara, menurut beberapa warga, sudah dimatikan sejak subuh. “Memang seperti dulu begitu, masjid tidak ada suaranya sejak pagi,” kata seorang warga Desa Balerejo Kec Wlingi, Ponikem , Selasa 28 Maret.

Kabag Humas Pemkab Blitar Puguh Imam Susanto menyatakan pihaknya tidak memberi imbauan kepada masjid-masjid untuk tidak menyalakan pengeras suara saat Nyepi. Baca berita selengkapnya di sini

Perahu terbalik di Pantai Kasuari, 7 guru dilaporkan hilang

Sejumlah siswa Pendidikan Khusus Intai Amfibi (Diktaifib) angkatan ke-43 Sekolah Khusus (Sesus) Marinir melakukan dayung tembus gelombang dengan perahu karet di Pusat Latihan Pertempuran (PLP)-7 Marinir, Pantai Lampon, Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (10/3). Foto oleh M Risyal Hidayat/ANTARA

Tujuh orang guru dilaporkan hilang setelah perahu yang mereka ditumpangi terbalik di Pantai Kasuari, perbatasan Timika-Asmat, Papua, Selasa pagi, sekitar pukul 06.30 WITA.  

Perahu yang diketahui membawa 11 orang guru tersebut diduga terbalik karena ombak di Muara Sungai Bayun dalam perjalanan dari Distrik Agats menuju Pantai Kasuari.

“Polisi dari Polres Asmat dan Basarnas Asmat yang mendapat informasi atas kejadian itu langsung menuju lokasi pukul 07.00 WIT untuk melakukan pencarian,” kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Musthofa Kamal. Baca berita selengkapnya di sini.  

PT KAI tambah 19 kereta untuk para pemudik saat Idul Fitri

Calon penumpang memesan tiket melalui mesin penjualan tiket kereta api (KA) di Stasiun Tegal, Jawa Tengah, Selasa (28/3). Foto oleh Oky Lukmansyah/ANTARA

PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menambah 19 tambahan untuk mengangkut para pemudik pada saat lebaran Idul Fitri nanti. Kereta tambahan ini diperkirakan bisa mengangkut 21 ribu penumpang.

“Sebanyak 15 perjalanan dari Daop I atau dari keberangkatan Jakarta, sisanya 4 tambahan kereta itu yang berangkat dari Bandung,” kata Manager Humas Daerah Operasi I KAI Suprapto, Selasa 28 Maret 2017.

Kereta tambahan mudik tersebut baru bisa dipesan pada H-60 nanti. Sebagaimana pemesanan kereta reguler, kereta tambahan ini bisa dipesan lewat online mulai pukul 00.00 WIB. Baca berita selangkapnya di sini.

Menkumham bagi-bagi remisi di hari Nyepi

Umat Hindu menggelar doa bersama pada acara Tawur Agung Kesana di Pura Amerta Jati Cinere, Depok, Senin (27/3). Foto oleh Muhammad Iqbal/ANTARA

Sebanyak 531 narapidana beragama Hindu  mendapatkan Remisi Khusus Hari Raya Nyepi 1 Saka 1939 dari Kementerian Hukum dan HAM.  

“Remisi ini merupakan hal yang dinantikan para narapidana yang beragama Hindu di seluruh Indonesia,” kata Direktur Jenderal Pemasyarakatan, I Wayan K. Dusak, Selasa 28 Maret 2017.

Wilayah yang mendapat remisi terbanyak pertama adalah kantor wilayah Bali 376 narapidana. Kemudian kantor wilayah Kalimantan Tengah 52 narapidana. Baca berita selengkapnya di sini.

—Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!