Berita hari ini: Rabu, 7 Juni 2017

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Rabu, 7 Juni 2017

EPA

Perkembangan berita terbaru yang perlu Anda ketahui.

Hallo pembaca Rappler!

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Rabu, 7 Juni 2017.

Indonesia tidak cabut lisensi terbang Qatar Airways

Kementerian Perhubungan mengklarifikasi pemberitaan mengenai Indonesia telah mencabut lisensi terbang Qatar Airways sebagai dampak dari krisis diplomatik di Qatar. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membantah pemberitaan itu.

Dia menjelaskan tidak ada pencabutan lisensi melainkan pengalihan penumpang asal Indonesia yang sudah terlanjur membeli tiket maskapai Qatar Airways tetapi menuju ke Saudi dan empat negara di Timur Tengah lainnya seperti Uni Emirat Arab dan Bahrain. Ini berdampak secara langsung kepada calon jemaah umrah dan ibadah haji.

“Kami hanya mengalihkan para jemaah umrah asal Indonesia yang semula menggunakan Qatar Airways ke maskapai lain,” ujar Budi yang ditemui di Cengkareng pada pagi tadi.

Buntut dari krisis diplomatik antara Qatar dengan negara Teluk yakni Qatar Airways dilarang mendarat di bandara-bandara mereka. Maskapai dari negara Teluk itu juga dilarang terbang menuju ke Doha.

Namun, Qatar Airways dapat tetap melayani penerbangan dari Indonesia menuju ke negara lain – di luar negara Teluk. Qatar juga tidak dilarang mengangkut penumpang dari negara lain di luar negara Teluk menuju ke Indonesia.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara telah mengantisipasi adanya penelantaran penumpang calon jemaah umrah Indonesia dengan memindahkan mereka ke maskapai lain. Kemenhub juga meminta kepada para pengelola agen perjalanan haji dan umrah yang menggunakan maskapai Qatar Airways untuk melapor sehingga bisa dicarikan jalan keluar.

Agun Gunandjar pimpin Pansus Angket KPK

Agun Gunandjar. Foto diambil dari @kangagun/twitter

Politikus Partai Golkar Agun Gunandjar terpilih sebagai Ketua Panitia Khusus (Pansus) Angket KPK. Pemilihan berlangsung dalam rapat tertutup di Gedung Nusantara III DPR, Senayan, Jakarta, Rabu 7 Juni 2017.

Rapat dihadiri dan ditanda tangani oleh 6 fraksi, yakni PDIP, Golkar, PAN, PPP, NasDem dan Hanura. “Dengan demikian kuorum telah terpenuhi,” kata Wakil Ketua DPR Fadli Zon saat membuka rapat.

Selain memilih Agun sebagai ketua, rapat juga memilih Risa Mariska (PDIP), Taufiqulhadi (NasDem), dan Dossy Iskandar (Hanura) sebagai Wakil Pansus Angket KPK. Baca berita selengkapnya di sini.

Pentagon: Krisis diplomatik Qatar tidak berpengaruh ke pangkalan militer AS

Juru bicara Departemen Pertahanan Amerika Serikat memastikan krisis diplomatik yang dialami Qatar tidak berpengaruh terhadap keberadaan pangkalan militer mereka di Doha. Sekitar 10 ribu personel militer disiapkan di pangkalan udara militer Al-Udeid yang digunakan oleh Negeri Paman Sam untuk perang melawan kelompok militan ISIS.

Kekhawatiran terhadap keberadaan pangkalan militer itu muncul usai Presiden Donald J. Trump justru menulis cuitan yang terkesan mendukung tindakan yang diambil oleh Arab Saudi dan empat negara Timur Tengah untuk mengucilkan Qatar.

Trump turut menilai jika Qatar telah melindungi dan mendukung teroris.



Kommentar Trump itu langsung ditepis oleh Menteri Luar Negeri Qatar Syekh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani. Dia mengatakan dengan tegas tidak pernah ditemukan bukti untuk mendukung tudingan tersebut.

Sementara, Qatar menyebut adanya temuan keterlibatan peretas asal Rusia dalam menyebar luaskan berita palsu mengenai tudingan tersebut.

Fahd: Semua anggota Komisi VIII DPR terlibat korupsi pengadaan Al-Quran

PEMERIKSAAN. Tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan Alquran di Kementerian Agama (Kemenag), Fahd El Fouz (tengah) tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa, 6 Juni. Foto oleh Sigid Kurniawan/ANTARA

Ketua Umum Angkatan Muda Partai Golkar (APMG) Fahd El Fouz mengatakan semua anggota Komisi VIII DPR terlibat di dalam tindak pidana korupsi pengurusan anggaran dan atau pengadaan di Kementerian Agama. Hal itu dia sampaikan usai diperiksa oleh Komisi Pemberantasan Korupsi sebagai tersangka dalam kasus korupsi pengadaan Al-Quran di Kementerian Agama.

“Semua yang di Komisi VIII terlibat. Semua sudah saya sebut angka-angkanya,” ujar Fahd di Gedung KPK.

Dia mengatakan informasi mengenai keterlibatan semua anggota Komisi VIII sebenarnya sudah dibuka oleh mantan anggota Komisi VIII DPR Fraksi Partai Golkar Zulkarnaen Djabar yang telah menjadi terpidana dalam kasus tersebut.

“Pak Zul sudah mulai jujur kan, dia membuka siapa-siapa saja yang terima. Nah, sekarang tinggal keberanian KPK menyelesaikan orang-orang itu, berani atau tidak,” katanya.

Tetapi, dia enggan menjawab siapa-siapa saja anggota Komisi VIII yang terlibat dalam korupsi pengadaan Al Quran itu.

“Kale soal matter penyidikan, saya tidak berani membuka karena itu rahasia. Saya hanya berani membuka ke penyidik untuk menyampaikan itu,” katanya. Selengkapnya baca di sini.

Pimpinan Pansus Angket KPK ditentukan siang ini

SIDANG. Suasana sidang paripuna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Foto oleh Adi Weda/EPA

Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengatakan pemilihan ketua dan wakil ketua panitia khusus (Pansus) hak angket Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan digelar hari ini.

“Rencananya begitu (pemilihan pimpinan Pansus Angket KPK), agendanya jam 11 atau jam 12 siang ini,” kata Fadli Zon, Rabu 7 Juni 2017.

Sebelumnya Wakil Ketua DPR lainnya, Fahri Hamzah, mengatakan 8 dari 10 fraksi telah mengirimkan wakil mereka ke pansus ini. Baca berita selengkapnya di sini.

6,9 juta pemudik ‘terbang’ melalui 13 bandara

Penumpang berjalan menuju pesawat di apron Bandara Lombok International Airport (LIA) di Praya, Lombok Tengah, NTB, Selasa (23/5). Foto oleh Ahmad Subaidi/ANTARA

Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin memperkirakan jumlah pemudik tahun ini yang akan terbang melalui 13 bandara yang dikelola Angkasa Pura II mencapai 6,9 juta orang.

“Pergerakan penumpang paling banyak akan terjadi di Bandara Soekarno-Hatta sampai 4,02 juta penumpang. Atau hampir 60 persen dari total penumpang lebaran tahun ini,” kata Awaluddin dalam keterangan resmi Rabu, 7 Juni 2017.

Angkasa Pura II menurutnya telah menerima permohonan 2.663 penerbangan tambahan dari seluruh maskapai selama musim lebaran 2017. Hal serupa juga terjadi di tahun-tahun sebelumnya.

Saat ini, Awaluddin melanjutkan, pihaknya telah menerima permohonan 2.663 penerbangan tambahan dari seluruh maskapai selama musim lebaran 2017. Hal serupa juga terjadi di tahun-tahun sebelumnya. Baca berita selengkapnya di sini

KPK tahan 6 tersangka suap DPRD Jawa Timur

Ketua Komisi B DPRD Jawa Timur Mochamad Basuki meninggalkan Gedung KPK seusai diperiksa di Jakarta, Selasa (6/6). Foto oleh Sigid Kurniawan/ANTARA

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan enam orang tersangka dugaan tindak pidana korupsi pemberian suap kepada Ketua Komisi B DPRD Provinsi Jawa Timur Mochamad Basuki. Suap diduga terkait fungsi pengawasan penggunaan anggaran dan revisi Peraturan Daerah di Provinsi Jawa Timur tahun 2017. 

“Keenam tersangka ditahan untuk 20 hari pertama untuk kepentingan penyidikan,” kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha di Jakarta pada Selasa malam, 6 Juni 2017.

Keenam tersangka yang ditahan tersebut yaitu Kepala Dinas (Kadis) Peternakan Provinsi Jawa Timur Rohayati, Ketua Komisi B DPRD Provinsi Jawa Timur dari fraksi Partai Gerindra Mochamad Basuki, serta dua orang staf DPRD bernama Rahman Agung dan Santoso.

Dua tersangka lain yang ditahan yakni Kadis Pertanian Provinsi Jawa Timur Bambang Heryanto serta ajudan Kadis Pertanian Anang Basuki Rahmat. Para tersangka ini ditahan di rumah tahanan berbeda. Baca berita selengkapnya di sini.

 —Rappler.com

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!