Berita hari ini: Rabu, 14 Juni 2017

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Rabu, 14 Juni 2017

ANTARA FOTO

Perkembangan berita terbaru yang perlu Anda ketahui

Hallo pembaca Rappler!

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Rabu, 14 Juni 2017.

Pansus hak angket akan panggil Miryam S. Haryani pekan depan

Pansus hak angket terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) benar-benar tancap gas dalam memulai tugasnya. Pada Senin, 19 Juni, anggota pansus akan memanggil salah satu tersangka kasus korupsi KTP Elektronik, Miryam S. Haryani ke gedung parlemen.

Wakil Ketua Pansus Teuku Taufiqulhadi mengatakan pemanggilan tersebut untuk memastikan kebenaran isi surat yang pernah ditulis oleh politisi Partai Hanura itu. Miryam pernah menulis surat pada 8 Mei lalu dilengkapi dengan materai dan mengatakan bahwa dia tidak dipaksa oleh anggota DPR ketika mencabut isi BAP di persidangan.

Sebelumnya, penyidik senior KPK Novel Baswedan mengatakan di persidangan jika Miryam sempat diancam oleh beberapa rekannya di DPR agar tidak “bernyanyi” ketika diperiksa oleh lembaga anti rasuah itu. Dia menjadi saksi kunci, karena dia diduga menjadi perantara pemberian uang korupsi jatah proyek KTP Elektronik dari Kementerian Dalam Negeri ke anggota DPR.

“Keputusan rapat akan memanggil pertama kali untuk dikonfirmasi Ibu Miryam S. Haryani,” ujar Taufiqul usai rapat pansus yang dilakukan secara internal di gedung DPR.

Miryam menjadi saksi kunci, karena dia diduga menjadi perantara pemberian uang korupsi jatah proyek KTP Elektronik dari Kementerian Dalam Negeri ke anggota DPR.

Setjen DPR akan berkirim surat kepada KPK untuk meminta izin menghadirkan Miryam yang saat ini masih di dalam bui. Selengkapnya baca di sini.

Djarot: 40 persen bus untuk mudik tidak laik jalan

Sejumlah bus terparkir di Terminal Pulogebang, Jakarta, Kamis (8/6). Foto oleh Galih Pradipta/ANTARA

Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan banyak bus yang akan digunakan untuk mengangkut para pemudik belum laik jalan.

“Hasil ramp check kemarin masih belum memuaskan. Masih 60 persen laik. 40 persen belum laik,” ujar Djarot saat ditemui di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Rabu, 14 Juni 2017. 

Saat ini ramp check sudah dilakukan terhadap 710 bus. Pengecekan dilakukan pada periode 20 Mei-7 Juni 2017. Ramp check periode kedua rencananya dilakukan pada H-10 sampai H+14. Baca berita selengkapnya di sini

ITB terima mahasiswa baru berusia 14 tahun

UJIAN. Sejumlah peserta mengerjakan soal ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 di Universitas Negeri Jakarta, Selasa, 16 Mei. Foto oleh Hafidz Mubarak A/ANTARA

Mimpi Musa Izzanardi Wijanarko untuk bisa menimba ilmu di Institut Teknologi Bandung (ITB) akhirnya terwujud. Remaja yang masih berusia 14 tahun itu dinyatakan lolos ujian masuk bersama SBMPTN untuk bisa kuliah di ITB.

Lolosnya Musa masuk ke ITB membuat publik terperangah, lantaran usianya yang masih sangat muda. Sebagian besar peserta SBMPTN rata-rata berusia 18 tahun. Maka, tak bisa dipungkiri jika Musa adalah peserta SBMPTN termuda di angkatannya tahun ini.

Menurut sang Ibu Yanti Herawati, anaknya memang tergolong cerdas sejak kecil. Dia bahkan sangat aktif bergerak. Saking aktifnya, saat kecil suka merusak barang-barang hingga menyerang teman-temannya.

Yanti mendapat kabar dari Izzan melalui sambungan telepon jika dia diterima di Fakultas MIPA ITB.

“Izzan memang bercita-cita menjadi ilmuwan fisika dan ahli nuklir,” tutur Yanti. Selengkapnya baca di sini.

Bedeng dan bar liar di Kalijodo ditertibkan

ILUSTRASI: Kawasan Kalijodo saat digusur tahun lalu. Foto Istimewa

Wali Kota Jakarta Utara Wahyu Haryadi mengatakan sekitar 150 bedeng dan 14 minibar yang berdiri di kolong Tol Kalijodo, Jakarta, Utara, telah ditertibkan pada Rabu pagi ini.

“Ada sekitar 150 pintu (bedeng) dan 14 mini bar yang ditertibkan,” kata Wahyu Haryadi di lokasi penggusuran, Rabu 14 Juni 2017.

Wahyu mengatakan tak ada perlawanan dari warga saat bedeng-bedeng tersebut ditertibkan. Bahkan, warga telah mengemasi barang-barang berharga milik mereka. Baca berita selengkapnya di sini.  

Rumah Dirut Transjakarta dilempar bom molotov

TINJAU HALTE. Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat (kiri) bersama Direktur PT Transjakarta, Budi Kaliwono (kanan) meninjau Halte Transjakarta yang menjadi lokasi ledakan di Kampung Melayu, Jakarta, Minggu, 28 Mei. Foto oleh Rivan Awal Lingga/ANTARA

Kediaman Direktur Utama Transjakarta Budi Kaliwono diserang orang misterius pada Selasa malam kemarin. Penyerangan dilakukan diduga dengan melemparkan bom molotov.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 20:40 WIB. Sempat terdengar ledakan di kediaman Budi yang berada di area Pulogadung.

Argo mengatakan rumah Budi diduga dilempari bom molotov. Saat itu, Budi sedang berada di rumah.

“Saat korban berada di dalam rumah, terdengar letupan seperti ledakan kecil,” kata dia.

Budi kemudian keluar rumah dan menemukan api sudah menyala di teras rumahnya. Peristiwa teror ini terjadi pasca pegawai kontrak di Transjakarta melakukan mogok kerja besar-besaran hingga mengakibatkan lumpuhnya pelayanan Transjakarta di beberapa halte. Mereka menuntut agar segera diangkat menjadi pegawai tetap. Selengkapnya baca di sini– Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!