Berita hari ini: Sabtu, 22 Juli 2017

Perkembangan berita terbaru yang perlu Anda ketahui

%

%

%

%

%

%

%

%

Hello!

Hallo pembaca Rappler!

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Sabtu, 22 Juli 2017.

Sandiaga Uno dukung rencana anggota DPRD studi banding MRT ke Hong Kong

DUKUNG. Wakil Gubernur DKI terpilih Sandiaga Uno mengaku mendukung rencana anggota Komisi B DPRD yang ingin melakukan studi banding mengenai MRT ke Hong Kong. Foto oleh Rappler

DUKUNG. Wakil Gubernur DKI terpilih Sandiaga Uno mengaku mendukung rencana anggota Komisi B DPRD yang ingin melakukan studi banding mengenai MRT ke Hong Kong. Foto oleh Rappler

Wakil Gubernur terpilih Sandiaga Uno mendukung rencana anggota DPRD DKI yang ingin meninjau pengoperasian MRT di Hong Kong. Rencananya mereka akan berangkat ke Hong Kong pada bulan Agustus mendatang.

“Kalau dilihat dari niat ya saya dukung. Karena saya dulu pernah tugas di Hong Kong dan MRT nya itu sangat efisien dan sekarang dari cost per kapitanya masih terendah di Asia. Dia kalau enggak salah bisa menurunkan di bawah 10 persen, sedangkan di Jakarta kan hampir 30 persen,” ujar Sandi.

Ia menilai Hong Kong merupakan tempat yang sesuai jika ingin dijadikan tujuan studi banding. Kendati begitu, ia juga mengingatkan agar para anggota DPRD tetap mendapatkan hasil studi yang berguna dan dapat diterapkan untuk operasional MRT Jakarta.

“Ya, harus dipastikan bahwa mereka mendapat ilmu dan studi banding yang berguna,” katanya.

Rencananya, ada lima orang dari Komisi B DPRD yang berangkat ke Hong Kong. Biaya yang dikeluarkan berasal dari anggaran DPRD. Selengkapnya baca di sini.

Sudirman Said serius maju sebagai cagub Jawa Tengah di Pilkada 2018

MAJU PILKADA? Sudirman Said mengaku serius menjajaki kemungkinan untuk maju dalam Pilgub Jawa Tengah 2018 sebagai calon gubernur. Foto oleh Ursula Florene/Rappler

MAJU PILKADA? Sudirman Said mengaku serius menjajaki kemungkinan untuk maju dalam Pilgub Jawa Tengah 2018 sebagai calon gubernur. Foto oleh Ursula Florene/Rappler

Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said mengaku serius untuk maju dalam pemilihan Gubernur Jawa Tengah yang akan diselenggarakan pada 2018. Kendati belum diketahui bagaimana keputusan akhir dari partai politik, namun ia kini tengah fokus untuk mengenalkan dirinya ke masyarakat.

“Saya sedang menjajaki kemungkinan maju Pilgub, didorong oleh kawan-kawan, baik dari partai maupun di luar partai dan ini tantangan baru bagi saya. Insya Allah akan saja jajaki secara serius,” ujar Sudirman di Semarang.

Diakuinya, memang belum ada keputusan mengenai parpol yang nanti akan mengusungnya. Tetapi, ia sudah menjalin komunikasi dengan tiga partai yakni Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Amanat Nasional terkait pencalonan dirinya pada Pilgub tahun depan.

“Kami terus berkomunikasi dengan partai politik lain juga. Kita harus buka komunikasi,” katanya.

Lantaran belum mendapat dukungan dari parpol mana pun, Sudirman tidak ingin terlalu percaya diri. Oleh sebab itu, berkenalan dengan masyarakat dan parpol menjadi prioritasnya saat ini. Selain itu, dia juga ingin menggali isu apa saja yang kini tengah dihadapi Provinsi Jawa Tengah. Selengkapnya baca di sini.

Kapolri Tito Karnavian: Penipuan beras di Bekasi rugikan masyarakat hingga ratusan triliun

KARUNG BERAS. Kapolri Jenderal Tito Karnavian (kedua kiri) bersama Menteri Pertanian Amran Sulaiman (kedua kanan), Ketua Komisi Pengawas Persaiangan Usaha (KPPU) Syarkawi Rauf (kiri) dan Sekjen Kementerian Perdagangan Karyanto (kanan) menunjukkan karung berisi beras yang dipalsukan kandungan karbohidratnya dari berbagai merk saat penggerebekan gudang beras di PT Indo Beras Unggul, di kawasan Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis, 20 
 Juli. Foto oleh Risky Andrianto/ANTARA

KARUNG BERAS. Kapolri Jenderal Tito Karnavian (kedua kiri) bersama Menteri Pertanian Amran Sulaiman (kedua kanan), Ketua Komisi Pengawas Persaiangan Usaha (KPPU) Syarkawi Rauf (kiri) dan Sekjen Kementerian Perdagangan Karyanto (kanan) menunjukkan karung berisi beras yang dipalsukan kandungan karbohidratnya dari berbagai merk saat penggerebekan gudang beras di PT Indo Beras Unggul, di kawasan Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis, 20 Juli. Foto oleh Risky Andrianto/ANTARA

Gudang beras milik PT Indo Beras Unggul disegel oleh polisi karena diketahui telah melakukan penipuan. Mereka mengemas beras IR64 dengan label cap “Ayam Jago” dan “Maknyuss”. Padahal, IR64 adalah beras medium bersubsidi yang harganya Rp 9.000 per kilogram.

Beras tersebut dikemas dan diberi label premium lalu dijual ke gerai retail modern dengan harga Rp 20 ribu per kilogram.

“Beras subsidi dikemas seolah-olah barang premium supaya harganya tinggi sekali,” kata Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian yang ikut hadir dalam penyegelan gudang itu.

Menurut Tito, masyarakat dan negara telah dirugikan hingga ratusan triliun rupiah. Praktik culas ini diketahui usai Satgas Pangan melakukan pemeriksaan. Dari hasil pemeriksaan laboratorium, diketahui label kandungan gizi pada kemasan tidak sesuai dengan produk yang dijual.

“Kontennya ditulis premium, padahal isinya non-premium,” kata dia. Selengkapnya baca di sini.

Juru bicara Gedung Putih Sean Spicer mengundurkan diri

MENGUNDURKAN DIRI. Juru bicara Gedung Putih, Sean Spicer mengundurkan diri dari posisinya. Menurut laporan, ia tidak puas dengan penunjukkan Anthony Scaramucci sebagai Direktur Komunikasi baru Gedung Putih. Foto oleh Saul Loeb/AFP

MENGUNDURKAN DIRI. Juru bicara Gedung Putih, Sean Spicer mengundurkan diri dari posisinya. Menurut laporan, ia tidak puas dengan penunjukkan Anthony Scaramucci sebagai Direktur Komunikasi baru Gedung Putih. Foto oleh Saul Loeb/AFP

Juru bicara Gedung Putih Sean Spicer memutuskan berhenti dari posisinya pada Jumat waktu setempat. Menurut laporan, alasan utama pengunduran diri Spicer, karena ia tidak puas dengan penunjukkan Direktur Komunikasi baru yang ditunjuk Presiden Donald Trump.

Ia menunjuk ahli keuangan dari Wall Street Anthony Scaramucci untuk mengisi sebagian tugas Spicer. Ketika muncul di stasiun televisi Fox News, Spicer mengatakan bahwa terlalu banyak “juru masak di dalam dapur” di bagian media Gedung Putih.

Ia masih akan tetap berada di Gedung Putih hingga bulan Agustus mendatang demi memastikan proses transisi lancar. Spicer pun mengaku belum memiliki rencana dan ingin menghabiskan waktu lebih banyak dengan keluarga.

Melalui akun media sosialnya, Spicer juga mengaku merasa terhormat sudah diberikan kesempatan oleh Trump bertugas di Gedung Putih.

Lalu, bagaimana debut Scaramucci? Ternyata tidak lebih baik dari pendahulunya. Di hadapan media, Scaramucci mengaku bahwa ia tidak memiliki pengalaman di bidang komunikasi.

Yang menarik, Scaramucci mengaku tidak menyukai Trump padahal dalam wawancara kepada media tahun 2015 lalu ia mengolok mogul properti itu sebagai orang yang banyak omong dan hanya mengandalkan kekayaan yang diwariskan. Tetapi, pada Jumat kemarin dia mengatakan hal yang bertolak belakang.

“Saya menyukai Presiden dan merupakan suatu kehormatan bisa berada di sini,” kata Scaramucci.

“Dia benar-benar manusia yang luar biasa,” katanya lagi. Selengkapnya baca di sini.

OJK hentikan operasional agen umrah PT First Travel

TUTUP. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menutup operasional layanan biro perjalanan umrah First Travel. Foto oleh ANTARA

TUTUP. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menutup operasional layanan biro perjalanan umrah First Travel. Foto oleh ANTARA

Satuan Tugas Waspada Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menghentikan kegiatan penghimpunan dana masyarakat dan pengelolaan investasi yang tidak memiliki usaha. Salah satu entitas yang ditutup adalah agen umrah PT First Anugerah Karya Wisata atau First Travel.

“First Travel harus menghentikan penawaran perjalanan umrah promo yang saat ini dijual sebesar Rp 14,3 juta,” ujar Ketua Satgas Waspada Investas OJK Tongam L. Tobing.

Pasca dihentikan operasionalnya, Tongam meminta kepada seluruh calon jemaah umrah yang menjadi klien First Travel untuk tetap tenang. Dia juga meminta agar First Travel mengurus keberangkatan bagi calon jemaah umrah yang dijadwalkan berangkat Oktober hingga Desember.

First Travel sebelumnya juga sudah dipanggil oleh Kementerian Agama untuk mengklarifikasi masalah penundaan keberangkatan jemaah umrah. Total, ada sekitar 270 jemaah yang tertunda keberangkatannya.

Sementara, Wakil Direktur First Travel, Annisa Hasibuan mengatakan tertundanya pemberangkatan 270 calon jemaah asal Sidoarjo, semata-mata karena adanya kesulitan pengurusan visa dari provider. Selengkapnya baca di sini.

- Rappler.com

Ayo langganan Indonesia wRap