Berita hari ini: Kamis, 27 Juli 2017

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Kamis, 27 Juli 2017
Perkembangan berita terbaru yang perlu Anda ketahui

Hallo pembaca Rappler!

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Kamis, 27 Juli 2017.

Candi Kidal diterobos mobil, biaya perbaikan ditanggung pengemudi

Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur masih menghitung kerusakan Candi Kidal yang beberapa hari lalu diseruduk mobil KIA Carnival BE 2844 GH. 

Kepala BPCB Jawa Timur Andi Muhammad Said mengatakan penghitungan mengacu kepada struktur awal candi dan keseluruhan dampak dari kecelakaan. 

“Mulai pagar, area dalam sampai candi. Ada beberapa batu terkena benturan di mulut tangga. Kami sedang menghitung nilai dan apa saja kerusakannya,” katanya.

Andi mengatakan perbaikan akan dilakukan setelah penghitungan selesai. Ia tak bisa memastikan kapan penghitungan. Nantinya, biaya perbaikan akan dibebankan kepada pengemudi mobil yang menerobos candi.  Baca berita selengkapnya di sini.

Polda Sumut pecat 17 personel

Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw (kiri) melepas seragam Briptu Syaiful ketika melakukan pemecatan secara tidak hormat di Mapolda Sumut, Medan, Sumatera Utara, Kamis (27/7). FOTO oleh Septianda Perdana/ANTARA

Kapolda Sumatera Utara Irjen Paulus Waterpauw memberhentikan 17 anggotanya yang terlibat sejumlah kasus, seperti narkoba, desersi, dan pencurian.

Upacara pemberhentian yang dipimpin langsung Irjen Paulus itu berlangsung di Lapangan Mapolda Sumut, Kamis 27 Juli 2017. Keputusan pemberhentian tidak dengan hormat itu sudah melalui proses persidangan.

Ke-17 personel Polda Sumut itu diberhentikan dengan kasus narkoba sebanyak 5 orang, desersi 11 orang, dan pencurian 1 orang.  

“Ada keprihatinan, tapi ada ketegasan. Prinsipnya, para anggota yang terindikasi pengguna narkoba tapi tak punya barang bukti kita upayakan rehabilitasi. Tapi ada yang barang bukti kita proses,” kata Paulus. Baca berita selengkapnya di sini.

BNN musnahkan 1.226,5 gram sabu

Foto diambil dari @lensa_bnn/instagram

Badan Narkotika Nasional (BNN) memusnahkan barang bukti narkotika di halaman parkir Gedung BNN Pusat, Cawang, Jakarta Timur, Kamis 27 Juli 2017.

Sebanyak 1.226,5 gram dari 1.241,1 sabu dimusnahkan. Sisanya, yakni 14,6 gram digunakan untuk keperluan laboratorium. Sabu tersebut berasal dari pengungkapan tiga kasus narkotika.

BNN menyebutkan pemusnahan barang bukti narkotika ini adalah yang ketujuh kalinya sepanjang tahun ini. Baca berita selengkapnya di sini.

367 kapal nelayan ilegal ditangkap sepanjang 2017

Ilustrasi kapal nelayan. Foto oleh FOTO Oky Lukmansyah/ANTARA

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah menangkap setidaknya 95 kapal nelayan ilegal sepanjang paruh pertama 2017.

Dari 95 kapal tersebut, 23 di antaranya adalah kapal perikanan Indonesia (KII) dan 72 kapal perikanan asing (KIA). 

Selain KKP, penangkapan kapal ilegal juga dilakukan TNI Angkatan Laut, Polri, dan Bakamla, masing-masing menangkap 53, 195, serta 24 kapal secara berurutan. 

Sehingga, jika ditotal, terdapat 367 kapal illegal yang berhasil ditangkap sepanjang 2017. Sebagian kapal tertangkap melalui informasi Global Fishing Watch ketika beroperasi di wilayah Biak. Baca berita selengkapnya di sini.

 —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!