Berita hari ini: Kamis, 28 September 2017

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Kamis, 28 September 2017

ANTARA FOTO

Perkembangan berita terbaru yang perlu Anda ketahui

Hallo pembaca Rappler!

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Kamis, 28 September 2017.

Terdakwa kasus korupsi pengadaan Al Quran Fahd El Fouz dibui empat tahun

Terdakwa kasus korupsi proyek pengadaan Al Quran Fahd El Fouz divonis empat tahun penjara. Vonis yang dijatuhkan oleh Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi ini lebih rendah dari tuntuan jaksa sebelumnya yang menuntut lima tahun penjara dan denda Rp 250 juta subsider enam bulan kurungan.

“Menyatakan terdakwa Fahd El Fouz telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi dan menjatuhkan pidana selama empat tahun dan denda Rp 200 juta. Apabila denda tidak dibayar, maka akan diganti dengan kurungan tiga bulan,” ujar Hakim Ketua Haryono di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta Pusat.

Hakim juga memutuskan agar Fahd untuk tetap berada di dalam tahanan KPK.

“Dikurangi sebanyak masa tahanan yang sudah dijalani,” kata dia.

Sementara, Fahd mengaku menerima vonis tersebut karena telah mengaku bersalah. Di luar ruang sidang, Fahd berharap kasus itu tidak berhenti di dirinya. Ia menantang KPK untuk mampu menelusuri kasusnya secara menyeluruh.

“Jika kasusnya berhenti hanya di saya, artinya ini politik,” kata Fahd.

Ia ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK per 27 April lalu dalam perkara dugaan korupsi pengadaan Al-Quran yang merugikan keuangan negara sekitar Rp 27 miliar. Kemudian, pada 31 Agustus, jaksa penuntut umum KPK menyatakan Fahd bersalah karena ikut terlibat menerima uang suap terkait dengan proyek di Kementerian Agama. Dari total suap Rp 14 miliar, jaksa menyatakan Fahd menerima Rp 3,4 miliar. Selengkapnya baca di sini.

Menteri Susi Pudjiastuti masuk daftar 100 perempuan inspirasional BBC

TANGGAPAN. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memberikan tanggapan terkait protes pemerintah Cina atas penembakan kapal nelayannya di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Selasa, 21 Juni. Foto oleh Sigid Kurniawan/ANTARA

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti kembali mendapatkan penghargaan di tingkat global. Kali ini, ia masuk sebagai salah satu dari daftar 100 perempuan inspirasional BBC, perusahaan penyiaran publik Inggris.

Dalam rilis BBC, mereka mengatakan baru mengumumkan beberapa individu inspirasional terpilih dan dimasukan ke dalam “The BBC 100 Women” 2017. Daftar para perempuan itu diambil dari berbagai lapisan kehidupan modern, mulai dari insinyur, industri kreatif, olahraga hingga bisnis yang mewakili kayanya bakat para perempuan di dunia.

Salah satu nama yang masuk dan terpilih adalah Susi. Di dalam keterangan tertulis itu, Susi yang berada di posisi 52 merupakan seorang wirausahawan yang sukses dan Menteri Kelautan dan Perikanan.

Nama Susi bersaing dengan perempuan inspirasional lainnya dari seluruh dunia antara lain Presiden Chile Michelle Bachelet dan Presiden Liberia Ellen Johnson Sirleaf. Tahun lalu, WNI yang masuk ke dalam daftar “The BBC 100 Women” adalah Kartika Jahja. Ia merupakan penyanyi dan pencipta lagu dari band Tika dan The Dissients yang juga aktif sebagai pegiat isu gender.

“The BBC 100 Women” kali pertama digelar kali pertama pada 2013 sebagai rangkaian acara tahunan yang fokus pada perempuan yang memberikan inspirasi. Selengkapnya baca di sini.

Setya Novanto menolak mundur jadi Ketua Umum Partai Golkar

KAMPANYE CALON KETUA UMUM GOLKAR. Calon Ketua Umum Partai Golkar nomor urut 2 Setya Novanto (kiri) berbicang dengan calon Ketua Umum nomor urut 7 Indra Bambang Utoyo (kanan) saat pembukaan kampanye zona III di Nusa Dua, Bali, Kamis, 12 Mei. Foto oleh Wira Suryantala/ANTARA

Politisi senior Partai Golkar Ahmadi Noor Supit mengonfirmasi beredarnya surat yang dikirim Sekretaris Jenderal Idrus Marham terkait instruksi Setya Novanto agar rapat pleno yang digelar pada Jumat esok ditunda. Supit mengatakan Setya ingin menunggu terlebih dahulu putusan praperadilan sebelum digelar rapat.

“Iya, betul. Itu surat yang dikirim Sekjen ke semua anggota dan pengurus. Ditunda dulu pleno esok. Kan esok juga tunggu (hasil) pra peradilan. Besok kan putusan pra peradilannya,” ujar Supit.

Ia mengatakan memang ada informasi bahwa Setya ingin menunggu putusan pra peradilan lebih dulu. Informasi tersebut diperkuat dengan instruksi dari Idrus. Ia tak menampik surat ini sebagai penegasan bahwa Setya belum bersedia non aktif dari jabatan Ketua Umum Partai Golkar.

“Ya, bisa dikatakan begitu. Belumm bersedia non aktif atau mundur. Mungkin Beliau masih punya keyakinan menang di sidang praperadilan esok. Ya, kita tunggu saja,” katanya.

Ia pun mengakui jika isu Setya mundur membuat internal Partai Golkar terbelah. Ada yang mendukung Setya dengan alasan manusiawi yaitu sakit. Namun, ada pula suara kritis agar Setya bersedia mundur dan menunjuk Plt Ketua Umum.

“Ya, itu membuat kami terancam pecah. Mungkin, Pak (Setya) Novanto bisa legowo mundur kalau praperadilan gugurkan gugatannya. Ya, kita lihat saja esok bagaimana,” kata dia.

Selengkapnya baca di sini.

Beberapa kejanggalan foto Setya Novanto yang tengah dirawat versi warganet

DIRAWAT. Kondisi Ketua DPR Setya Novanto yang kini tengah dirawat di RS Premier Jatinegara dengan keluhan vertigo dan sakit gula darah. Foto: istimewa

Ketua DPR Setya Novanto saat ini tengah dirawat di RS Premier Jatinegara dengan keluhan vertigo pasca bermain tenis meja. Namun, sakitnya Setya yang berbarengan dengan pemeriksannya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) justru menimbulkan kecurigaan di benak publik bahwa ia sengaja berpura-pura sakit agar dapat menghindar dari lembaga anti rasuah itu.

Namun, sejak semalam, beredar foto Setya yang tengah dirawat di kamar VVIP RS Premier Jatinegara. Foto tersebut kemudian menjadi perbincangan warganet di media sosial.

Mereka menilai ada kejanggalan dalam foto Setya. Berikut beberapa kejanggalan yang sempat mereka perhatikan dari foto Setya:

1. Monitor elektrokardiogram menunjukkan garis lurus. Monitor seharusnya menunjukkan grafik denyut kalau sang pasien masih hidup. Tapi dalam foto itu tampak moniter menunjukkan garis lurus.

2. Angka Indikator pada monitor itu menunjukkan angka 90. Kalau angka itu mengartikulasikan kecepatan denyut nadi, maka detak nadi Ketua Umum Partai Golkar itu terbilang normal.

3. Warganet juga menilai ekspresi anggota DPR, Endang Srikarti Handayani ganjil karena malah nampak tersenyum.

4. Kejanggalan juga terlihat pada alat bantu pernafasan. Sebab, alat itu hanya menutup hidung Setnov, tak sampai ke mulutnya.

5. Selang oksigen yang digunakan Setya juga menimbulkan pertanyaan. Warganet kebingungan karena terdapat selang oksigen. Sementara dalam foto itu tak tampak tabung oksigen.

Selengkapnya baca di sini.

Ikatan Arkeolog Indonesia protes konser Dream Theater sempat direncanakan di Candi Prambanan

DIPROTES. Konser Dream Theater yang semula sempat akan dilakukan di pelataran Candi Prambanan sempat menuai protes dari para ahli arkeologi Indonesia. Foto dari akun Twitter @RajawaliIndo

Kelompok arkeolog Indonesia tidak terima dengan penyelenggaraan konser musik band rock Dream Theater yang sempat direncanakan diadakan di Candi Prambanan. Menurut mereka, penyelenggara konser tidak peka kepada struktur bangunan candi abad ke-9 itu.

Dream Theater rencananya akan menggelar konser di pelataran Candi Prambanan pada 29 dan 30 September. Walaupun akhirnya, pihak penyelenggara memutuskan untuk memindahkan lokasi konser ke tempat semula di Stadion Kridosono.

Surat protes itu ditandatangani oleh Ketua Ahli Arkeologi Indonesia (IAAI) Wiwin Djuwita Sudjana Ramelan. Ia mengatakan tingkat kebisingan yang dihasilkan dari konser itu dikhawatirkan dapat merusak struktur bangunan yang menyusun candi tua tersebut.

“Kami menyampaikan protes keras atas penyelenggaraan Jogjarockarta International Rock Music Festival 2017 di halaman keda Kompleks Candi Prambanan,” tulis IAAI.

Candi Prambanan, kata Wiwin merupakan salah satu warisan dunia yang dilindungi UNESCO. Selain itu, tempat tersebut juga tempat sakral umat Hindu.

Wiwin mengatakan di tempat yang sama sempat digelar konser jazz dan dihelat oleh promotor yang sama. Konser itu, dinilai Wiwin sudah melewati ambang batas kebisingan yakni 60 desibel (dB).

“Sementara, ambang batas untuk getaran bangunan kuno atau bersejarah sebesar 2 mm/detik yang dapat menghasilkan efek merusak pada struktur ikatan batu-batu candi,” kata Wiwin lagi.

Sebelumnya, pihak promotor Rajawali Indonesia mengaku telah mengantongi izin dari Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud untuk bisa menggelar konser di sana. Selengkapnya baca di sini.

– Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!