Berita hari ini: Minggu, 15 Oktober 2017

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Minggu, 15 Oktober 2017
Perkembangan berita terbaru yang perlu Anda ketahui

Hallo pembaca Rappler!

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Minggu, 15 Oktober 2017.

Djarot dan Anies-Sandi berencana mengunjungi Ahok di Mako Brimob

Mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat berencana mengunjungi Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama yang ditahan di  Rumah Tahanan Markas Komando Brigade Mobil (Brimob) Kepolisian RI Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

Rencana tersebut disampaikan Djarot dalam acara Kaleidoskop dan Terima Kasih Gubernur 2012-2017, yang digelar di Lapangan Banteng, Sabtu malam, 14 Oktober 2017. “Besok saya akan datang ke tempatnya Pak Ahok,” kata Djarot, Sabtu, 14 Oktober.

Namun hingga Ahad siang, Djarot belum terlihat mendatangi Mako Brimob. Penjagaan di Mako Brimob Polri Kelapa Dua, Depok, pada Ahad, 15 Oktober 2017, juga tetap seperti biasa. 

Selain Djarot, Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan dan Sandiaga Uni juga berencana mengunjungi Ahok di penjara. Rencana tersebut disampaikan Anies Baswedan pada Jumat lalu.  Baca berita selengkapnya di sini.

Taman disulap jadi bangunan, Bupati Lebak Iti Octavia mengamuk

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya saat memarahi sejumlah pejabat ketika melihat taman disulap menjadi bangunan. Foto diambil dari Iti Octavia Jayabaya/Youtube

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya memarahi Kepala Desa Bojong Menteng, Yamin, dan Camat Leuwidamar, Endi Suhendi, yang dinilai tidak becus mengawasi wilayahnya sehingga sebuah taman di Kampung Ciboleger dirusak dan disulap jadi bangunan.

Padahal taman tersebut dibangun oleh Pemkab Lebak untuk mempercantik dan memperindah akses jalan menuju kawasan Suku Baduy. Namun alih-alih dirawat, ruang hijau itu justru dibongkar untuk perluasan bangunan rumah dan kios milik warga setempat.

Video kemarahan Iti menyebar luas dan menjadi viral. Dalam video berdurasi 2 menit 18 detik itu terlihat Iti naik pitam dan tak henti-hentinya mengamuk di sela acara penyambutan  Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

“Mana Kades, mana Camat, Mana Satpol PP (Kadis Satpol PP) ke sini semua. Pokoknya saya tidak mau tahu besok (Jumat-red) bangunan ini harus sudah tidak ada,” kata Bupati kepada tukang bangunan bernama Suyatna dalam video yang diketahui direkam pada Kamis 12 Oktober 2017.

Saat Kepala Desa dan Camat tiba, kemarahan Iti pun kembali meledak. “Bagaimana ini bisa dibangun! Sampai dicor begini!” kata Iti dengan nada tinggi.

Selain memarahi Kades dan Camat, Bupati memanggil tukang bangunan dan memerintahkan pemilik bangunan segera membongkar bangunan miliknya. Jika tidak, dia bakal mempolisikan sang pemilik. Baca berita selengkapnya di sini

Pilgub Sulawesi Selatan: PDIP usung Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman Sulaiman

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Foto oleh Yudhi Mahatma/ANTARA

PDIP mengusung Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman Sulaiman dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Selatan yang akan digelar pada 2018 mendatang. 

Nama keduanya diumumkan langsung oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di Kantor DPP PDIP, Jl Diponegoro, Jakarta Pusat, Minggu 15 Oktobber 2017. 

Nurdin Abdullah saat ini menjabat sebagai Bupati Bantaeng. Sementara Andi Sudirman Sulaiman adalah seorang profesional. Nurdin dan Andi kompak memakai kemeja bernuansa merah dan peci. 

Selain Pilgub Sulsel, Megawati hari ini juga mengumumkan cagub dan cawagub Jatim di Pilkada 2018. 

Nama Nurdin Abdullah masuk radar PDIP karena ia dianggap sukses memimpin Kabupaten Bantaeng yang semula tertinggal menjadi daerah maju. Baca berita selengkapnya di sini

Pilgub Jatim: PDIP usung Gus Ipul-Azwar Anas

Wasekjen PDI Perjuangan Eriko Sotarduga menerima kedatangan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas (tengah) di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta, Sabtu (14/10). Foto oleh Aprillio Akbar/ANTARA

PDI Perjuangan memastikan akan mengusung duet Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Abdullah Azwar Anas sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur.

Nama Gus Ipul dan Abdullah Azwar Anas diumumkan langsung oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Minggu 15 Oktober 2017. 

Saifullah Yusuf saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur sementara Abdullah Azwar Anas merupakan Bupati Banyuwangi yang saat ini menjalani periode keduanya.  Baca berita selengkapnya di sini.

7 ribu personel amankan pelantikan Anies-Sandi

Ketua Tim Sinkronisasi Anies-Sandi, Sudirman Said (kiri) menyerahkan hasil kerja tim sinkronisasi pada pasangan Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan (tengah) dan Sandiaga Uno di Jakarta, Jumat (13/10). FOTO oleh Rivan Awal Lingga/ANTARA

Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya akan mengerahkan 7.000 personel untuk mengamankan pelantikan Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswesan-Sandiaga Uno yang akan digelar pada Senin, 16 Oktober 2017. (16/10).

“Pelantikan dilakukan di Istana Negara Kepresidenan,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono di Jakarta Minggu 15 Oktober 2017.

Argo mengatakan rangkaian pelantikan gubernur-wakil gubernur akan diawali kegiatan di Istana Kepresidenan kemudian dilanjutkan di Balaikota dan DPRD DKI Jakarta hingga malam.

Sementara itu, karena pelantikan berlangsung di Istana Kepresiden, maka Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) akan mendata dan mengundang para tamu yang hadir acara itu. Baca berita selengkapnya di sini.

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!