Berita hari ini: Kamis, 19 Oktober 2017

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Kamis, 19 Oktober 2017
Perkembangan berita terbaru yang perlu Anda ketahui

Hallo pembaca Rappler!

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Kamis, 19 Oktober 2017.

Pemerintah menaikkan tunjangan veteran

Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengatkan pemerintah akan menaikkan tunjangan untuk veteran senilai 25 persen mulai Januari 2018. Rencana ini sudah dibahas dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

“Pemerintah menaikkan tunjangan untuk veteran terakhir tahun 2014, tunjangan akan dinaikkan lagi mulai Januari 2018 sebesar 25 persen,” kata Presiden Jokowi ketika menutup Kongres XI Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) di Jakarta, Kamis 19 Oktober 2017.

Presiden Jokowi mengatakan naiknya tunjangan ini belum sebanding dengan apa yang telah diberikan para veteran kepada bangsa dan negara. Selain menaikan tunjangan, pemerintah juga akan melanjutkan program renovasi rumah untuk para veteran. Baca berita selengkapnya di sini.

Alasan Djarot tak hadiri sertijab Anies-Sandi

Mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat (keempat kiri) menyalami Pelaksana harian Gubernur DKI Jakarta Saefullah (ketiga kiri) ketika pelepasan di Depan Balai Kota DKI Jakarta, Minggu (15/10). FOTO oleh Wahyu Putro/ANTARA

Mantan Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat tak hadir dalam acara serah terima jabatan ke Anies Baswedan-Sandiaga Uno di Balai Kota DKI Jakarta, pada Senin malam, 16 Oktober 2017.

Menurut Djarot dirinya tak hadir karena memang tidak ada ketentuan yang mengharusnya menghadiri acara serah terima jabatan tersebut.

“Memang tidak ada aturan harus hadir karena masa jabatan sudah selesai dan sudah ditunjuk Plh gubernur,” kata Djarot, Kamis 19 Oktober 2017.

Djarot memang telah mengakhiri jabatannya sebagai Gubernur Jakarta pada 14 Oktober 2017 pukul 24.00 WIB. Tanggal 15 Oktober, kursi pimpinan Pemprov DKI diduduki Sekda Saefullah, yang ditunjuk menjadi pelaksana harian gubernur. 

Sehari kemudian digelar pelantikan Anies-Sandi digelar di Istana Negara yang dilanjutkan dengan serah terima jabatan di Balai Kota.  Baca berita selengkapnya di sini.

Mantan Wadirut BRI Sunarso berlabuh di Pegadaian

ILUSTRASI Pegadaian. FOTO oleh Akbar Nugroho Gumay/ANTARA

Mantan Wakil Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) Sunarso resmi ke Pegadaian setelah kemarin posisinya dicopot dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) BRI.

“Ia benar pak Sunarso jadi Direktur Utama Pegadaian,” kata Corporate Secretary Pegadaian, Damar Latri Setiawan di Jakarta, Kamis, 19 Oktober 2017.

Ditunjuknya Sunarso menjadi Direktur Utama Pegadaian tak mengejutkan karena sebelumnya informasi tersebut memang telah beredar. Informasi lain yang beredar adalah Randi Anto yang disebut-sebut akan berlabuh ke Perum Jamkrindo.

Peluang Randi Anto masuk ke Jamkrindo sangat besar, mengingat selain posisi kosong ada di pucuk perusahaan, Direktur Jaringan dan Operasional Jamkrindo, R Sophia Alizsa telah berlabuh ke BRI. Baca berita selengkapnya di sini

Bahas dokumen rahasia G30S, Ryamizard segera temui Menhan AS

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu (kiri) Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (18/10). FOTO oleh Wahyu Putro A/ANTARA

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan dirinya berencana menemui Menteri Pertahanan Amerika Serikat untuk mengkonfirmasi publikasi dokumen rahasia tragedi 1965 di Indonesia. 

Dalam dokumen itu disebutkan pemerintah AS mengetahui rangkaian upaya TNI Angkatan Darat dalam menghancurkan PKI dan menggulingkan Presiden Sukarno.

(Baca: Dokumen rahasia AS ungkap ‘pembantaian’ pasca G30S)

Pertemuan dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat rencananya akan berlangsung pada 25 Oktober 2017 di Filipina. Dalam pertemuan itu, dia berharap bisa bertanya secara rinci dengan Menhan AS terkait hal ini.

“Saya yang akan temui Menhannya nanti. Saya akan ketemu Menhan Amerika tanggal 25 (Oktober),” ujar Ryamizard di Gedung DPR, Jakarta, Rabu 18 Oktober 2017.

Ryamizard mengatakan tidak mengetahui isi dokumen itu secara detail. Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat itu berdalih usianya masih kecil saat peristiwa tersebut terjadi. Baca berita selengkapnya di sini.

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!