Berita hari ini: Sabtu, 21 Oktober 2017

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Sabtu, 21 Oktober 2017
Perkembangan berita terbaru yang perlu Anda ketahui

Hallo pembaca Rappler!

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Sabtu, 21 Oktober 2017.

Bandara Soekarno-Hatta sediakan taksi online

Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, akan menyediakan fasilitas khusus bagi taksi online yang terdaftar di Induk Koperasi Kepolisian (Inkoppol).

Branch Communication Manager Kantor Cabang Utama Bandara Internasional Soekarno-Hatta PT Angkasa Pura II Dewandono Prasetyo Nugroho di Tangerang mengatakan PT Angkasa Pura II sebagai pengelola bandara harus menyiapkan solusi khusus untuk menertibkan taksi online yang masih liar.

Fasilitas yang disediakan berupa booth di seluruh Terminal 1, baik A, B dan C. Sedangkan di Terminal 2 tersedia di D dan F. “Untuk di Terminal 3, pengguna jasa dapat mengunjungi booth di internasional dan domestik. Layanan ini akan mulai beroperasi Senin, 23 Oktober 2017,” ujarnya.

Di booth tersebut akan terdapat petugas operator yang siap melayani serta mengedukasi tentang pemesanan GrabCar melalui aplikasi GrabNow. Sopir taksi online yang telah menjadi anggota koperasi dari Inkoppol itu wajib memiliki SIM A umum dan seragam khusus.

“Kendaraannya juga berbeda dengan yang tidak terdaftar di Inkoppol. Taksi online tersebut telah berstiker khusus Bandara Soekarno-Hatta dan sudah dilakukan uji kelayakan atau KIR,” terang Prasetyo. Baca berita selengkapnya di sini.

Komik sepanjang 300 meter warnai Hari Santri

Putri bungsi dari Presiden Keempat Indonesia Abdurrrahman Wahid, Inayah Wahid, membacakan puisi pada acara Malam Pembacaan Puisi Hari Santri 2017, Ketika Kyai-Nyai-Santri Berpuisi "Pesantren tanpa Tanda Titik", di Graha Bhakti Budaya, TIM, Jakarta, Senin (16/10). FOTO oleh Dodo Karundeng/ANTARA

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan pemerintah sangat menghargai keberadaan pondok pesantren dan santri. Karena itu sejak 2015 pemerintah menetapkan 22 Oktober sebagai Hari Santri. 

“Penetapan ini sekaligus menjadi bentuk apresiasi terhadap santri, kyai, dan lembaga pendidikan pesantren,” kata Menteri Lukman Hakim di Jakarta, Jumat 20 Oktober 2017.

Menteri Lukman menagatakan jasa santri, kyai dan juga pesantren sangat besar bagi bangsa. Peran dan kontribusi mereka bahkan sudah dilakukan sejak sebelum berdirinya Indonesia. 

Melalui lembaga pendidikan keagamaan, pesantren juga menjalankan tugas mencerdaskan anak bangsa. Untuk itu, sudah semestinya negara memberikan rekognisi dan penghargaan kepada santri, kyai, dan pesantren.

“Namun, Hari Santri juga mengandung pesan tanggung jawab besar yang harus diemban mereka dalam ikut menentukan nasib dan masa depan bangsa dan Negara,” tutur Menag. 

Menteri Lukman juga mengatakan jika wajah pesantren kental dengan moderasi Islam dan itu juga yang menjadi wajah Islam Indonesia. Karena itu tema yang dipilih pada peringatan Hari Santri tahun ini adalah “Wajah Pesantren Wajah Indonesia”. 

Puncak peringatan Hari Santri akan digelar di Simpang Lima Semarang pada Sabtu, 21 Oktober 2017. Peringatan ini akan dimeriahkan dengan pembuatan komik terpanjang di atas 300m kanvas.  Baca berita selengkapnya di sini.

Abu Bakar Ba’asyir dilarikan ke RSCM 

Abu Bakar Ba'asyir. FOTO oleh Idhad Zakaria/ANTARA

Abu Bakar Ba’asyir dilarikan ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo dari Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, karena mengalami pembengkakan kaki.

“Ada pembengkakan di kaki sehingga harus ditangani tim dokter,” kata koordinator Tim Pembela Muslim (TPM), Ahmad Michdan, Sabtu 21 Oktober 2017.

Sampai hari ini, kata Michdan, Ba’asyir masih dirawat di RSCM. Sebelumnya Ba’asyir juga pernah mengalami penyakit yang sama saat masih ditahan di Nusakambangan.

“Keluarga kan di Solo, mereka minta supaya dipindah ke lapas yang dekat dengan keluarga,” ujarnya. Baca berita selengkapnya di sini.

Sabu 3kg disimpan di selangkangan terbongkar di Bandara Adisutjipto

ILUSTRASI. Barang bukti penangkapan jaringan pengedar sabu-sabu seberat 20 kilogram di Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, Jakarta, Minggu (8/10). FOTO oleh Puspa Perwitasari/ANTARA

Otoritas keamanan Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta menggagalkan upaya penyelundupan narkoba jenis sabu seberat total tiga kilogram. Sabu tersebut dibawa tiga orang penumpang pesawat Lion Air pada Jumat 20 Oktober 2017.

“Narkoba jenis sabu dengan nilai sekitar Rp4,5 miliar tersebut dibawa tiga penumpang pesawat Lion Air jurusan Yogyakarta-Balikpapan,” kata Kepala Bidang Berantas, Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi DIY Mujiyana di Grha Angkasa Pura (AP) I Bandara Internasional Adisutjipto, Sabtu 21 Oktober 2017.

Menurut Mujiyana, ketiga tersangka berinisial WW (24) BS (31) dan MR (21) menyembunyikan sabu tersebut di selangkangan. “Mereka mengemas sabu menjadi empat bungkus plastik masing-masing seberat 750 gram,” katanya.

Ia mengatakan, penangkapan tersebut berawal saat petugas “Aviation Security” (Avsec) mencurigai gelagat penumpang saat melalui pemeriksaan “Walk Through Metal Detector” (WTMD) pada Jumat (20/10/2018) sekitar pukul 13.16 WIB.

“Petugas kemudian mengarahkan penumpang tersebut untuk pemeriksaan body screening. Dari hasil pemeriksaan, petugas menemukan satu bungkus sabu di selangkangan,” katanya. Baca berita selengkapnya di sini.

Mahathir membantah telah menghina orang Bugis

Mantan PM Malaysia Mahathir Mohamad. FOTO oleh Regina Safri/ANTARA

Mantan Perdana Menteri Malaysia Dr Mahathir Mohamad membantah tudingan yang menyebutkan dirinya menghina keturunan Bugis dalam ucapannya ketika perhimpunan anti-Kleptokrasi Sabtu lalu.

“Saya tak hina orang Bugis, orang Bugis ada yang baik, tapi perampok pun ada juga. Salahkah bilang begitu. Apakah orang Bugis tidak berkata kalangan orang Bugis tak ada perampok, ada,” kata Mahathir dalam ucapan di majelis rapat umum di Dataran Stargate di Alor Setar, Jumat 20 Oktober 2017.

Dr Mahathir dilaporkan menyebut Perdana Menteri Datuk Seri Najib Razak, mungkin berasal dari lanun Bugis yang sesat ke Malaysia dan memintanya balik ke Bugis.

Pernyataan Dr Mahathir itu membuat Persatuan Perpaduan Rumpun Bugis Melayu Malaysia (PPRBMM) protes di hadapan Yayasan Kepemimpinan Perdana 18 oktober lalu. Mereka mendesak Dr Mahathir memohon maaf dan menarik balik pernyataannya yang mengatakan Bugis sebagai lanun. Baca berita selengkapnya di sini.

Kendaraan patroli PT Freeport ditembaki orang tak dikenal

Sejumlah Haul Truck dioperasikan di area tambang terbuka PT Freeport Indonesia di Timika, Papua, Sabtu (19/9). FOTO oleh Muhammad Adimaja/ANTARA

Kendaraan patroli keamanan internal PT. Freeport Indonesia ditembaki orang tak dikenal di sekitar area mile point 67, distrik Tembagapura, Mimika, Papua, Sabtu sekitar pukul 08.00 WIT.

“Ya, betul (ada kejadian penembakan) saya masih cari informasi secara lengkap,” kata Kapolres Mimika AKBP Victor Dean Mackbon saat dikonfirmasi. 

Saat ini Satgas Amole bersama Polres Mimika masih terus mengejar pelaku penembakan tersebut. Victor mengatakan dirinya sementara masih melakukan konfirmasi terkait kronologis kejadian kepada petugas di lapangan. 

Penembakan itu diarahkan kepada kendaraan patroli Security and Risk Management (SRM) PT Freeport jenis Toyota LWB bernomor lambung 01.4755 yang dikemudikan oleh Lampung Muhammad Djamil. 

Kendaraan tersebut dilaporkan dalam perjalanan dari Rainbow Ridge MP 66 menuju Sporthall MP 68, Tembagapura untuk menjemput Satgas Brimob yang akan melaksanakan patroli. 

Ketika melintas di sekitar MP 67, kendaraan kemudian diberondong tembakan oleh orang tak dikenal (OTK). Diduga pelaku melakukan aksinya dari arah ketinggian sebelah kiri jalan di wilayah itu. 

Akibat dari aksi penembakan tersebut, kaca depan dan bagian samping kanan kendaraan tertembus peluru. Pengemudi mengalami luka-luka di bagian wajah akibat pecahan kaca kendaraan. Baca berita selangkapnya di sini.

Gempa 5,5 SR goyang Kepulauan Talaud

ILUSTRASI GEMPA. Foto oleh Claudio Peri/EPA

Gempa dengan kekuatan 5,5 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara, pada Sabtu pagi ini, 21 Oktober 2017. Gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa tersebut terjadi sekitar pukul 08.32 WIB. Gempa berada di kedalaman 10 km. 

Lokasi gempa berada di 3.97 LU dan 127.69 BT. Posisi gempa berada di sisi tenggara Kepulauan Talaud, Sulut. Belum ada informasi mengenai dampak kerusakan. Termasuk juga soal apakah ada korban atau tidak. Baca berita selangkapnya di sini.

Erdogan sebut Jusuf Kalla ‘My Brother”

Wakil Presiden Jusuf Kalla bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Jumat (20/10). Foto Istimewa.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memanggil Wakil Presiden Jusuf Kalla dengan sebutan ‘My Brother’ saat keduanya bertemu di Istana Mabeyn di Turki, Jumat waktu setempat.

Momen tersebut terjadi ketika Jusuf Kalla yang datang bersama Menlu RI Retno Marsudi mengucapkan, “Assalamu Alaikum.”. Erdogan kemudian membalas, “Alaikum Salam my brother.” Erdogan juga mengecup kepala Jusuf Kalla.

Kisah pertemuan Jusuf Kalla dengan Erdogan ini diterima Rappler melalui keterangan tertulis dari Juru Bicara Wakil Presiden Husain Abdullah.

Dalam pertemuan tersebut Erdogan sangat mengapresiasi  partisipasi RI di KTT D-8 dan mengharapkan peran penting RI sebagai negara berpenduduk muslim terbesar. Indonesia dipandang oleh Erdogan sebagai negara yang akan menentukan keberhasilan pelaksanaan hasil KTT ini.

Dalam rangka hubungan bilateral tersebut, kedua pihak juga sepakat untuk meningkatkan kerjasama ekonomi, perdagangan, pendidikan, iptek dan industri strategis. 

Mereka juga sepakat untuk segera merumuskan suatu forum konsultasi bersama tingkat menteri yang melibatkan berbagai sektor serta kalangan swasta kedua dari negara. 

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!