Berita hari ini: Sabtu, 25 November 2017

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Sabtu, 25 November 2017

ANTARA FOTO

Perkembangan berita terbaru yang perlu Anda ketahui

Hallo pembaca Rappler!

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Sabtu, 25 November 2017.

Sandiaga Uno: Monas dapat digunakan untuk kegiatan agama apa pun

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan kawasan Monas, Jakarta Pusat, boleh dimanfaatkan untuk kegiatan kemasyarakatan, kebudayaan dan keagamaan apa pun. Asal, kegiatan-kegiatan itu digelar untuk menyatukan warga dan tidak mengganggu ketertiban.

“Mau Maulid, Tablig, Natal, Galungan mungkin, Waisak, boleh (di Monas) selama tertib, tidak semrawut, tidak buang sampah, tidak mengganggu keamanan warga Jakarta dan membayar, maka kami persilakan untuk memakai. Tapi, itu tadi selama menyatukan warga,” ujar Sandi ketika memberikan sambutan dalam rapat koordinasi Relawan OK OCE Melawai 16 di Jakarta Creative Hub.

Sebagai tanda dibukanya kembali kawasan Monas untuk berbagai kegiatan, Pemprov DKI Jakarta akan menggelar kirab dan tausiyah kebangsaan pada Minggu esok. Ia mengatakan kegiatan itu sekaligus menjadi peringatan Hari Pahlawan.

Kegiatan dimulai pada Minggu pagi di mana ia akan melepas kirab kebudayaan dari Jalan Sudirman menuju ke Monas. Ia akan berlari di depan kirab itu dan menyambut peserta kirab di Monas besama Gubernur DKI Anies Baswedan. Selengkapnya baca di sini.

BPJS wacanakan tidak lagi menanggung penuh biaya pengobatan untuk 8 jenis penyakit

KARTU PALSU? Kartu BPJS asli (kiri) dan kartu BPJS palsu (kanan) yang beredar Kabupaten Bandung Barat diperlihatkan warga di Bandung, Jawa Barat, Minggu, 24 Juli. Foto oleh Agus Bebeng/ANTARA

BPJS Kesehatan terus berupaya untuk mencari jalan agar dapat mengatasi permasalahan defisit keuangan. Pasalnya, isu itu selalu membebani kinerja mereka.

Yang terbaru, mereka mewacanakan akan melibatkan peserta dalam mendanai perawatan untuk penyakit dengan biaya tinggi dan berbahaya. Total ada delapan jenis penyakit yang pendanaannya direncanakan tidak ditanggung penuh oleh BPJS Kesehatan. Delapan penyakit itu yakni jantung, kanker, gagal ginjal, stroke, thalasemia, sirosis hati, leukimia dan hemofilia.

Direktur Utama BPJS Fahmi Idris mengatakan pembiayaan perawatan penyakit tersebut selama ini cukup membebani kantong BPJS Kesehatan. Data dari BPJS sepanjang 2016 kemarin menghabiskan dana Rp 14,692 triliun atau sekitar 21,84 persen dari total seluruh biaya pelayanan kesehatan yang pernah dikeluarkan oleh perusahaan itu.

Cost sharing ini harus kami sampaikan supaya masyarakat tidak terkejut,” kata Fahmi. Selengkapnya baca di sini.

Indonesia kutuk serangan teror bom bunuh diri di Mesir

KECAM. Presiden Joko Widodo mengecam aksi teror bom bunuh diri yang terjadi di Masjid Al-Rawdah di Sinai Utara pada Jumat, 24 November. Foto oleh Romeo Gacad/AFP

Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengutuk keras serangan bom dan penembakan yang terjadi di Masjid Al-Rawdah, Sinai Utara, Mesir pada Jumat kemarin. Aksi teror itu terjadi ketika ibadah salah Jumat tengah diadakan.

Akibatnya kini korban tewas sudah mencapai lebih dari 300 orang. Sementara, ratusan orang lainnya mengalami luka.

“Negara kita, saya, mengutuk keras serangan yang ada di Mesir,” ujar Jokowi di Bukit Hijau Regency, Taman Setia Budi Indah.

Pemerintah, kata Jokowi, telah menyampaikan komitmen Indonesia untuk bersama-sama dengan Mesir menghadapi situasi yang sulit. Jokowi pun mengucapkan rasa duka dan simpati yang dalam kepada warga Mesir.

“Seluruh rakyat Indonesia menyampaikan duka dan simpati yang mendalam kepada Pemerintah Mesir, masyarakat dan korban,” katanya lagi.

Ia mengatakan aksi teror seperti ini harus dicegah salah satunya dengan meningkatkan kerja sama internasional dalam rangka memerangi terorisme. Sejauh ini, KBRI Kairo melaporkan tidak ada WNI yang menjadi korban.

Suara Partai Golkar terbelah untuk mencopot Setya Novanto

TIBA DI GEDUNG KPK. Tersangka kasus korupsi KTP Elektronik Setya Novanto tiba di gedung KPK, Jakarta, Minggu, 19 November. Foto oleh Rosa Panggabean/ANTARA

Partai Golkar memang memutuskan secara resmi untuk tetap mempertahankan Setya Novanto sebagai ketua umumnya. Keputusan itu akan tetap demikian hingga menunggu hasil sidang pra peradilan.

Namun, tidak sedikit pula kader Golkar yang menolak keputusan itu.

Wakil Sekretaris Jenderal DPP Golkar Sarmuji mengatakan Golkar hanya akan meminta Setya mundur jika hakim menolak gugatan pra peradilan tersangka kasus korupsi KTP Elektronik itu.

“Kalau pra peradilan ditolak ya Beliau kami minta secara legowo untuk mundur,” ujar Sarmuji di Restoran Warung Daun.

Ia mengatakan ketentuan itu sudah disepakati bersama sebagai kesimpulan rapat dalam rapat pleno pada Selasa kemarin. Tetapi, jika hakim mengabulkan gugatan pra peradilan Setya, maka ia memiliki kesempatan untuk duduk kembali di kursi ketua.

Sementara, di tempat yang sama Ketua Dewan Pimpinan Daerah Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi tetap menginginkan agar ada pergantian kepemimpinan di partai berlambang beringin itu, terlepas diterima atau tidak gugaran pra peradilan Setya.

“Ini kan partai milik publik, milik kader. Bukan milik orang per orang. Makanya, kami inginkan ada perubahan. Karena keadaan hari ini membebani Partai Golkar,” kata pria yang menjabat sebagai Bupati Purwakarta itu. Selengkapnya baca di sini.

Di hari Guru, Mendikbud janji tingkatkan kualitas pendidik

RAPAT KERJA. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menjawab pertanyaan anggota Komisi X DPR dalam rapat kerja di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa, 13 Juni. Foto oleh Puspa Perwitasari/ANTARA

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengajak para guru untuk introspeksi diri di peringatan hari Guru Nasional. Apakah mereka sudah menjadi teladan yang baik bagi peserta didik?

“Selain itu, apakah kita sudah cukup memuliakan guru-guru kita yang telah berjuang untuk mendidik dan membentuk karakter kita, sehingga menjadi pribadi tangguh dan berhasil?” ujar Muhadjir pada peringatan Hari Guru Nasional(HGN) tahun 2017.

Ia mengatakan HGN juga dapat dijadikan titik evaluasi yang strategis bagi pengambilan kebijakan pemerintah. Salah satunya menjadikan guru lebih kompeten, profesional, terlindungi dan menjadi lebih sejahtera, mulia dan bermartabat.

“Pemberian tunjangan profesi guru bagi guru yang telah tersertifikasi serta tunjangan khusus bagi guru yang mengabdi di daerah khusus akan terus menjadi perhatian,” tutur dia.

Muhadjir menyadari bahwa kemampuan pemerintah terbatas. Oleh sebab itu, ia memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah ikut membantu meningkatkan kapasitas dan kompetensi guru. Selengkapnya baca di sini.

– Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!