Berita hari ini: Rabu, 29 November 2017

Perkembangan berita terbaru yang perlu Anda ketahui

%

%

%

%

%

%

%

%

Hello!

Hallo pembaca Rappler!

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Rabu, 29 November 2017.

Kemensos pastikan logistik untuk korban bencana cukup

Warga dievakuasi akibat meletusnya Gunung Agung. Foto oleh SONNY TUMBELAKA / AFP

Warga dievakuasi akibat meletusnya Gunung Agung. Foto oleh SONNY TUMBELAKA / AFP

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa memastikan logistik, terutama beras, yang disiapkan pemerintah untuk korban terdampak bencana masih mencukupi.

"Saat ini pemerintah mempunyai 278 ribu ton cadangan beras pemerintah (CBP) untuk bisa memenuhi kebutuhan seluruh warga yang terdampak," kata kata Khofifah, Rabu 29 November 2017.

Menteri Khofifah mengatakan cadangan beras tersebut bisa disalurkan jika pemerintah kabupaten/kota mengeluarkan SK darurat. Sampai saat ini beras yang tersalur sebanyak 200 ton.

Khusus untuk logistik pengungsi erupsi Gunung Agung yang sudah tersalurkan yaitu 100 ton dari CBP Kabupaten Karang Asem, 62 ton CBP Kabupaten Buleleng, 52 ton CBP Klungkung dan 200 ton CBP Provinsi Bali serta 376 ton CBP Kemensos.

Kemensos juga telah mendirikan tenda-tenda pengungsian sejak September lalu. Namun demikian, para pengungsi lebih memilih tinggal di bale banjar. Sehingga tenda lebih banyak digunakan untuk menyimpan logistik dan trauma healing kolektif, terutama bagi anak-anak. Baca berita selengkapnya di sini.

Sri Sultan: Yogyakarta darurat bencana

Sultan Hamengku Buwono X. FOTO oleh ANTARA/ Feny Selly

Sultan Hamengku Buwono X. FOTO oleh ANTARA/ Feny Selly

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X menetapkan DIY berstatus siaga darurat bencana menyusul cuaca ekstrem yang mengakibatkan bencana banjir, longsor, dan angin kencang di daerah ini.

"Karena hujan ekstrem menurut BMKG berlangsung tiga hari, ya kita daruratnya satu minggu," kata Sri Sultan seusai rapat koordinasi dengan jajaran BPBD DIY di Kantor Kepatihan, Yogyakarta, Rabu 29 November 2017.

Sri Sultan mengatakan dengan penetapan status ini, pemerintah kabupaten serta provinsi dapat menggunakan dana cadangan masing-masing untuk melakukan perbaikan maupun untuk membantu berbagai keperluan warga terdampak bencana.

"Untuk mengeluarkan (dana tak terduga) dasarnya dari pernyataan gubernur yang ditindaklanjuti dengan keputusan bupati," kata dia.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana DIY Krido Suprayitno mengatakan peningkatan status siaga darurat mempertimbangkan terus bertambahnya titik bencana di DIY.

"Intensitas hujan yang tinggi dan kejadian bencana yang bertambah menjadi latar belakang penetapan siaga darurat," kata dia. Baca berita selengkapnya di sini.

Bandara Soetta segera berlakukan pembayaran parkir nontunai

Pekerja membawa peralatan yang akan dipasang di Terminal 3 Ultimate, Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin, 1 Juni. Foto oleh Fanny Octavianus/ANTARA

Pekerja membawa peralatan yang akan dipasang di Terminal 3 Ultimate, Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin, 1 Juni. Foto oleh Fanny Octavianus/ANTARA

Tak hanya gardu tol yang mulai memberlakukan pembayaran nontunai, namun Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) pun akan mulai memberlakukan pembayaran parkir nontunai mulai 1 Desember 2017 mendatang.

“Kami melakukan uji coba dan sosialisasi terlebih dahulu selama satu bulan. Nantinya secara keseluruhan pada awal tahun akan diterapkan nontunai," kata Manajer Komunikasi Cabang Bandara Internasional Soekarno-Hatta Dewandono Prasetyo Nugroho, Rabu 29 November 2017.

Prasetyo mengatakan pihaknya selama Desember 2017 akan melakukan uji coba sekaligus sosialisasi pembayaran parkir nontunai di Bandara Soetta. Pembayaran nontunai baru akan diberlakukan penuh pada awal 2018.

Pemberlakuan bayar parkir nontunai tersebut akan diberlakukan di seluruh terminal, yaitu Terminal 1,2, 3 dan parkir inap. Pembayaran parkir nantinya bisa dilakukan dengan e-Payment milik bank BUMN dan swasta, antara lain E-money milik Bank Mandiri, Brizzi milik BRI dan Tap Cash milik BNI serta Flash milik BCA. Baca berita selengkapnya di sini.

Mari Elka Pangestu mundur dari Astra

Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto (tengah) memberi ucapan terima kasih kepada Mari Elka Pangestu dan mengucapkan selamat kepada Sri Indrastuti Hadiputranto, Selasa (28/11). FOTO oleh Astra International

Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto (tengah) memberi ucapan terima kasih kepada Mari Elka Pangestu dan mengucapkan selamat kepada Sri Indrastuti Hadiputranto, Selasa (28/11). FOTO oleh Astra International

Mari Elka Pangestu mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Komisaris Indepdenden di PT Astra Internasional Tbk. Pengunduran diri Elka telah diterima dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar Selasa, 28 November 2017.

“Menerima pengunduran diri Mari Elka Pangestu selaku Komisaris Independen Perseroan dan Jonathan Chang selaku Komisaris Perseroan, efektif sejak tanggal 1 Januari 2018,” demikian pernyataan pers dari Astra Internasional.

Sebagai ganti Mari Elka Pangestu, perusahaan kemudian mengangkat Sri Indrastuti Hadiputranto selaku Komisaris Independen Perseroan.

Mundurnya Mari Elka Pangestu dan Jonathan Chang membuat susunan anggota Dewan Komisaris Perseoran berubah. Berikut susunan anggota Dewan Komisaris Perseoran terhitung sejak 1 Januari 2018:

Dewan Komisaris Perseroan:

- Presiden Komisaris : Budi Setiadharma
- Komisaris Independen : Sidharta Utama
- Komisaris Independen : Muhamad Chatib Basri
- Komisaris Independen : Yasutoshi Sugimoto
- Komisaris Independen : Sri Indrastuti Hadiputranto
- Komisaris : Anthony John Liddell Nightingale
- Komisaris : Benjamin William Keswick
- Komisaris : Mark Spencer Greenberg
- Komisaris : David Alexander Newbigging
- Komisaris : John Raymond Witt
- Komisaris : Adrian Teng Wei Ann

—Rappler.com

X

Ayo langganan Indonesia wRap