Berita hari ini: Sabtu, 2 Desember 2017

Perkembangan berita terbaru yang perlu Anda ketahui

%

%

%

%

%

%

%

%

Hello!

Hallo pembaca Rappler!

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Sabtu, 2 Desember 2017.

Gunung Sinabung meletus empat kali dan disertai awan panas

ERUPSI. Gunung Sinabung terlihat mengeluarkan abu vulkanik dan awan panas pada Sabtu, 2 Desember. Foto diambil dari akun Twitter @Sutopo_BNPB

ERUPSI. Gunung Sinabung terlihat mengeluarkan abu vulkanik dan awan panas pada Sabtu, 2 Desember. Foto diambil dari akun Twitter @Sutopo_BNPB

Di saat fokus publik saat ini ke Gunung Agung, Gunung Sinabung ternyata belum berhenti menunjukkan aktivitasnya. Bahkan, pada hari ini gunung yang terletak di Kabupaten Karo itu meletus beberapa kali dan disertai luncuran awan panas. Masyarakat pun diminta untuk waspada.

“Sudah empat kali erupsi,” ujar Ketua Tim Tanggap Darurat Gunung Sinabung, Ling Kusnadi, ketika dikonfirmasi.

Kusnadi mengatakan erupsi Gunung Sinabung pertama terjadi pada pukul 07:40 WIB dengan ketinggian kolom abu 2.500 meter dan sempat terjadi awan panas yang berguguran sejauh 3.000 meter mengarah ke selatan.

Erupsi kedua terjadi pukul 07:48 WIB dengan tinggi kolom abu 1.300 meter.

“Lalu, pukul 08:00 WIB dengan tinggi kolom abu 1.800 meter dan disusul erupsi pukul 14:39 WIB. Untuk yang terakhir kolom abu tidak teramati,” kata dia. Selengkapnya baca di sini.

Jokowi membungkukan badan demi menghormati para guru

MEMBUNGKUK. Presiden Joko "Jokowi" Widodo membungkuk sebagai bentuk penghormatan kepada para guru di Stadion Candrabhaga, Bekasi, pada Sabtu, 2 Desember. Foto oleh Bayu Prasetyo/ANTARA

MEMBUNGKUK. Presiden Joko "Jokowi" Widodo membungkuk sebagai bentuk penghormatan kepada para guru di Stadion Candrabhaga, Bekasi, pada Sabtu, 2 Desember. Foto oleh Bayu Prasetyo/ANTARA

Pagi tadi, Presiden Joko “Jokowi” Widodo memberikan penghormatan kepada semua guru di Indonesia dalam puncak peringatan Hari Guru Nasional dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi. Ia mengaku bangga bisa berdiri di antara kerumunan para guru.

“Saya bangga berdiri di sini menghormati profesi yang sangat mulia. Selamat Hari Guru Nasional. Selamat HUT ke-72 PGRI, Dirgahayu PGRI,” kata Jokowi di sana.

Ia mengatakan peran guru sangat penting dalam membangun bangsa dan negara. Sebab, berkat guru, semua orang dan pejabat negara kini dapat meraih kesuksesan.

“Bapak Ibu Guru yang saya banggakan, perlu saya tegaskan di sini, saya tidak mungkin berdiri di mimbar terhormat ini tanpa didikan dari guru-guru,” kata dia.

Di tengah pidato, mantan Gubernur DKI itu kemudian bergeser ke sampung mimbar. Ia kemudian membungkukan badan untuk memberikan salam hormat kepada para guru di hadapannya.

Kepada para guru, ia berjanji akan memberikan peningkatan mutu dan kesejahteraan. Ia mewanti-wanti kepada para Menteri agar keluhan proses pencairan dan keterlambatan pemberian tunjangan profesi tidak lagi terjadi.

“Padahal negara sudah mengalokasikan dengan baik. Ini komitmen saya sebagai bentuk penghargaan kepada guru. Kerjasama dan koordinasi antara aparat pusat dan daerah harus semakin kita tingkatkan,” katanya. Selengkapnya baca di sini.

DPP Golkar NTT: Setya Novanto sudah nyatakan akan mundur

TINGGALKAN GEDUNG KPK. Tersangka kasus korupsi KTP elektronik Setya Novanto meninggalkan gedung KPK seusai menjalani pemeriksaan di Jakarta, Selasa, 21 November. Foto oleh Wahyu Putro A/ANTARA

TINGGALKAN GEDUNG KPK. Tersangka kasus korupsi KTP elektronik Setya Novanto meninggalkan gedung KPK seusai menjalani pemeriksaan di Jakarta, Selasa, 21 November. Foto oleh Wahyu Putro A/ANTARA

Setya Novanto menyatakan akan mundur dari jabatannya sebagai Ketua Umum Partai Golkar dan DPR. Hal itu ia lakukan usai statusnya ditetapkan sebagai tersangka kasus KTP Elektronik.

Keputusan itu diungkap oleh Ketua Dewan Pengurus Daerah Partai Golkar Nusa Tenggara Timur Melki Laka Lena.

“Kami mendapatkan informasi yang valid bahwa Pak Novanto mau mundur,” ujar Melki di area Cikini, Jakarta Pusat.

Ia tak bersedia mengungkap siapa yang telah menyampaikan informasi soal mundurnya Setya Novanto itu. Namun, ia memastikan orang tersebut adalah orang dekat dan memiliki akses ke Setya.

“Saya enggak bisa sampaikan, tapi yang pasti orang terdekat,” kata dia.

Ini menjadi babak baru dalam karier Setya, lantaran posisinya sudah semakin terjepit. Ia ditetapkan kembali sebagai tersangka kasus korupsi KTP Elektronik pada 10 November. Kini, statusnya sudah menjadi tahanan di rutan KPK.

Semakin lama Setya duduk di kursi Ketua Umum Golkar, menyebabkan elektabilitas partai beringin terus menurun. Hal itu mendorong beberapa politisi Golkar untuk melakukan pergantian ketua umum.

Melki menjelaskan pertimbangan Setya akhirnya bersedia mundur karena adanya desakan dari pihak internal Golkar, anggota DPR, Mahkamah Kehormatan Dewan dan publik.

“Ini mencermati dinamika publik yang berkembang,” tutur dia. Selengkapnya baca di sini.

Akibat cuaca buruk, KRI Sibarau 847 tenggelam di perairan Selat Malaka

TENGGELAM. Kapal KRI Sibarau 847 ditarik kapal tunda saat tenggelam di perairan Selat Malaka. Foto diambil dari akun Twitter.

TENGGELAM. Kapal KRI Sibarau 847 ditarik kapal tunda saat tenggelam di perairan Selat Malaka. Foto diambil dari akun Twitter.

Kapal patroli TNI Angkatan Laut KRI Sibarau 847 tenggelam di perairan Selat Malaka, Sumatera Utara. Kapal tenggelam karena cuaca buruk sehingga membuat lambung kapal bocor.

Kepala Dinas Penerangan Lantamal I Belawan, Mayor Mar Jayusman yang dikonfirmasi tidak banyak memberikan keterangan.

“(Tenggelam) akibat cuaca buruk,” ujar Mayor Jayusman.

Ia menjelaskan, jika tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Semua awak kapal berhasil selamat.

Kejadian tenggalamnya kapal buatan Australia itu berlayar di perairan Tanjung Tiram pada 29 November lalu. Saat berada di wilayah laut, kapal mengalami listrik karena cuaca yang sangat buruk. Selengkapnya baca di sini.

TNI AU akan selidiki peristiwa penyelundupan 797 botol vodka ke Wamena

TNI Angkatan Udara mengaku tengah menyelidiki informasi tentang pesawat Hercules C-130 yang diduga membawa 797 botol minuman keras merk Vodka di Bandar Udara Wamena, Papua. Mereka mengaku juga akan bertindak tegas jika ditemukan keterlibatan oknum militer dalam peristiwa itu.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsekal Pertama Jemi Trisonjaya mengatakan pemberitaan mengenai adanya ratusan botol minuman keras ke dalam pesawat Hercules pada penerbangan Merauke-Wamena merugikan nama baik institusi itu. Jemi mengatakan, Kepala Staf TNI AU sudah mengingatkan kepada seluruh Panglima Komando Utama Operasi dan Komandan Pangkalan Udara Militer agar tidak main-main dengan angkutan udara.

“Jika diketahui ada yang melanggar aturan, maka sebagai konsekuensi, personel tersebut akan diproses sesuai aturan hukum yang berlaku,” kata dia.

Ia menjelaskan pesawat Hercules C-130 itu identik dengan misi kemanusiaan. Sehingga, peran pesawat tersebut tidak lepas dari tugas-tugas kemanusiaan, termasuk mendukung angkutan logistik dan personel di daerah pedalaman, khususnya Papua.

797 botol minuman beralkohol merk Vodka itu diselundupkan dan dimasukan ke dalam 32 ember cat. Benda tersebut berhasil disita sesaat setelah tiba di Bandara Wamena. Selengkapnya baca di sini.

Gubernur Anies Baswedan hadiri kegiatan reuni 212 di Monas

HADIR. Gubernur DKI Anies Baswedan akhirnya hadir dalam kegiatan reuni 212 yang berlangsung di Monas. Foto oleh Diego Batara/Rappler

HADIR. Gubernur DKI Anies Baswedan akhirnya hadir dalam kegiatan reuni 212 yang berlangsung di Monas. Foto oleh Diego Batara/Rappler

Setelah tidak memberikan jawaban yang tegas mengenai kehadirannya, Gubernur Anies Baswedan menampakan batang hidungnya di kegiatan reuni Alumni 212 di Monas. Ia hadir sekitar pukul 04:30 WIB.

Di hadapan massa alumni 212, Anies berpesan agar kegiatan di Monas dapat berjalan secara aman dan tertib. Ia ingin menggunakan momentum acara reuni tersebut sebagai pengingat terhadap sifat-sifat Nabi Muhammad SAW.

“Pastikan yang berkumpul di sini, di area Monas, tetap juga seperti tahun lalu, tetap teduh, damai dan nyaman,” ujar Anies di panggung Reuni 212.

Ia pun massa untuk mendoakan Presiden Joko “Jokowi” Widodo dan Wapres Jusuf “JK” Kalla agar menjadi pemimpin yang amanah. Artinya, para pemimpin itu semoga dapat memimpin sesuai dengan amanat konstitusi dan menyejahterakan masyarakat.

Anies bahkan juga berharap agar pejabat peradilan dapat bekerja secara aman dan nyaman. Selengkapnya baca di sini.

- Rappler.com

X

Ayo langganan Indonesia wRap