Berita hari ini: Minggu, 3 Desember 2017

Perkembangan berita terbaru yang perlu Anda ketahui

%

%

%

%

%

%

%

%

Hello!

Hallo pembaca Rappler!

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Minggu, 3 Desember 2017.

Tribun selatan Stadion Barombong di Makassar roboh

Tribun selatan Stadion Barombong di Makassar, Sulawesi Selatan, roboh pada Sabtu, 2 Desember 2017. Padahal stadion bertaraf internasional ini baru akan diresmikan tahun depan.

Tribun selatan tersebut roboh setelah dilakukan pengecoran di lantai tiga. Beruntung dalam insiden ini tak menelan korban jiwa.

"Yang roboh itu hanya satu segmen dengan panjang 8 meter, tapi mempengaruhi segmen berikutnya," kata Sri Endang, Minggu 3 Desember 2017.

Menurut dia, penyebab robohnya bangunan tersebut adalah cuaca ekstrem selama beberapa hari ini, sehingga tiang gedung yang dipenuhi air tak mampu menahan material pada pengecoran. Baca berita selengkapnya di sini.

57 penerbangan dari dan menuju Bandara Ngurah Rai dibatalkan hari ini

Seorang calon penumpang melihat pap an informasi di Bandara International Ngurah Rai, Bali, Selasa (28/11). FOTO oleh JUNI KRISWANTO / AFP

Seorang calon penumpang melihat pap an informasi di Bandara International Ngurah Rai, Bali, Selasa (28/11). FOTO oleh JUNI KRISWANTO / AFP

Angkasa Pura I mencatat sebanyak 57 penerbangan dari dan menuju Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali dibatalkan hari in lantaran gangguan abu vulkanik Gunung Agung.

"Memang ada pembatalan dari beberapa Airlines domestik dan mancanegara. Tapi secara prinsip bandara Internasional Ngurah Rai Bali tetap buka," kata Kepala Humas PT Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Arie Ahsanurrohim, Minggu, 3 Desember 2017.

Arie merinci sebanyak 10 maskapai domestik membatalkan kedatangan, sedangkan pemberangkatan yang dibatalkan 12. Sementara untuk kedatangan Internasional terdapat 18 maskapai dibatalkan dan 17 maskapai membatalkan berangkat dari Ngurah Rai.

Imbas dari pembatalan beberapa penerbangan ini, Arie melanjutkan, mengakibatkan penumpang menumpuk di bandara. Namun tak sampai membuat para penumpang yang kebanyakan wisatawan ini terlantar. "Semua masih mencukupi. Tidak ada yang terlantar," tambahnya. Baca berita selengkapnya di sini.

Survei Indo Barometer: Jokowi memimpin, Prabowo kedua

Presiden Joko Widodo menjawab pertanyaan wartawan. Foto oleh Rosa Panggabean/Antara

Presiden Joko Widodo menjawab pertanyaan wartawan. Foto oleh Rosa Panggabean/Antara

Lembaga survei Indo Barometer menyebutkan Presiden Joko widodo tetap menjadi calon yang paling berpeluang terpilih menjadi presiden dalam pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019.

Survei dilakukan pada 15 - 23 November 2017 dengan 1.200 responden di 34 Provinsi metode multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan 95% dan margin of error +- 2,83%.

Hasilnya, Presiden Jokowi meraup dukungan hingga 34.9 persen. Sementara Ketum Gerindra Prabowo Subianto di posisi kedua dengan 12,1% persen.

Direktur Indo Barometer Muhammad Qodari mengatakan elektabilitas Jokowi meningkat secara perlahan sejak 2015 hingga 2017. Sementara Prabowo mengalami fluktuasi dalam rentan waktu yang sama.

"Berdasarkan simulasi dua nama, tren elektabilitas Joko Widodo sejak 2015-2017 perlahan semakin meningkat meski sempat melemah pada September 2015," ujar Qodari. Baca berita selengkapnya di sini.

Pilgub Jatim: Hanura resmi dukung Khofifah-Emil Dardak

Khofifah Indar Parawansa. Foto diambil dari nu.or.id

Khofifah Indar Parawansa. Foto diambil dari nu.or.id

DPD Partai Hanura Jawa Timur mendeklarasikan dukungan mereka kapada bakal pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak untuk maju dalam Pilkada Jawa Timur.

"DPD Hanura Jatim mempunyai tekad sukses memenangkan Pilkada Jatim 2018 dan Pemilu 2019," kata Ketua DPD Partai Hanura Kelana Aprilianto saat memberikan sambutan di acara deklarasi pasangan Khofifah-Emil, Minggu 3 Desember 2017.

Selain dihadiri Khofifah dan Emil, acara tersebut juga dihadiri Ketua Umum DPP Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO), Pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng, K.H. Salahudin Wahid (Gus Solah), para pengurus DPD Hanura Jatim dan DPC Hanura se-Jatim serta lainnya.

Pada kesempatan itu, Khofifah berharap keputusan mendukung dirinya maju Pilkada Jatim akan diikuti dengan ikhtiar dan kerja sama dari semua komponen yang ada di Partai Hanura Jawa Timur. Baca berita selengkapnya di sini.

Gunung Agung: 59 ribu orang masih mengungsi

Gunung Agung menyemburkan asap putih, Minggu (3/12). Foto diambil dari @Sutopo_BNPB/twitter

Gunung Agung menyemburkan asap putih, Minggu (3/12). Foto diambil dari @Sutopo_BNPB/twitter

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan saat ini masih terdapat 59.061 orang yang mengungsi akibat meletusnya Gunung Agung di Bali. Ribuan pengungsi tersebut tersebar di 213 titik.

“Kondisi pengungsi secara umum tertangani dengan baik. Masyarakat tetap bekerja membuat kerajinan di pengungsian,” demikian tulis Sutopo dalam akun twitternya, Minggu 3 Desember 2017.

Sutopo mengatakan saat ini status Gunung Agung masih awas. Bahkan asap putih masih keluar dari puncak kawah gunung tersebut. Karena itu ia meminta masyarakat tetap berada pada radius 8-10 kilometer dari puncak kawah. Baca informasi selengkapnya di sini.

Banjir terjang Kota Tebing Tinggi, 21 kelurahan terendam

Ilustrasi. Dua anak menenteng sepeda saat banjir merendam hampir semua rumah di Dukuh Kaliwingko, RT 03/RW I, Madegondo Grogol, Sukoharjo. Foto oleh Fariz Fardianto/Rappler

Ilustrasi. Dua anak menenteng sepeda saat banjir merendam hampir semua rumah di Dukuh Kaliwingko, RT 03/RW I, Madegondo Grogol, Sukoharjo. Foto oleh Fariz Fardianto/Rappler

Banjir merendam 21 kelurahan yang berada di lima kecamatan di Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara, sejak Sabtu pagi, 2 Desember 2017. Banjir terjadi akibat hujan yang turun secara terus menerus di bagian hulu, yakni Kabupaten Simalungun dan Kota Pematang Siantar.

Curah hujan dengan intensitas tinggi itu menyebabkan Sungai Padang dan Sungai Bahilang yang ada di Kota Tebing Tinggi tidak mampu menampung debit air yang sangat besar sehingga meluap dan menggenangi rumah penduduk.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, 21 kelurahan yang dilanda banjir itu adalah Kelurahan Pabatu, Kelurahan Padang Merbau, Kelurahan Tualang, Kelurahan Lubuk Raya, KelurahanLubuk Baru, dan Kelurahan Persiakan di Kecamatan Padang Hulu.

Kemudian, Kelurahan Bandar Utama, Kelurahan Badak Bejuang, dan Kelurahan Tebing Tinggi Lama di Kecamatan Tebing Tinggi Kota. Selanjutnya, Kelurahan Sri Padang, Kelurahan Karya Jaya, Kelurahan Tanjung Marulak, dan Kelurahan Tanjung Marulak Hilir di Kecamatan Rambutan.

Setelah itu, Kelurahan Teluk Karang, Kelurahan Bulian, Kelurahan Brohol, Kelurahan Pinang Mancung, Kelurahan Bandar Sakti di Kecamatan Bajenis, serta Kelurahan Satria dan Kelurahan Tambangan Hulu di Kecamatan Padang Hilir. Baca berita selengkapnya di sini.

—Rappler.com

X

Ayo langganan Indonesia wRap