Berita hari ini: Selasa, 19 Desember 2017

Perkembangan berita terbaru yang perlu Anda ketahui

%

%

%

%

%

%

%

%

Hello!

Hallo pembaca Rappler!

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Selasa, 19 Desember 2017.

Malam tahun baru, jalur Puncak Bogor dari arah Cianjur ditutup

Polres Cianjur Jawa Barat akan menutup jalur menuju Puncak-Bogor dari arah Cianjur pada malam pergantian tahun mendatang. Penutupan akan berlangsung sejak pukul 18:00 WIB hingga pukul 05:00 WIB subuh.

Kasa Lantas Polres Cianjur AKP Rendy mengatakan arus kendaraan dari arah Bandung-Cianjur dengan tujuan Bogor akan dialihkan ke sejumlah jalur alternatif, seperti Jongol dan Sukabumi. Pengalihan ini dilakukan untuk menghindari antrean panjang di jalur tersebut.

"Tidak hanya ruas jalur ke Puncak-Bogor yang akan kami alihkan, tapi beberapa ruas jalan di dalam kota Cianjur pun akan kami alihkan, untuk mengatasi penumpukan kendaran di dalam kota menjelang malam pergantian tahun," katanya. Baca berita selengkapnya di sini.

Golkar dikabarkan cabut dukungan untuk Ridwan Kamil, ini kata Jusuf Kalla

Wakil Presiden Jusuf Kalla. Foto oleh ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Wakil Presiden Jusuf Kalla. Foto oleh ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Partai Golkar kembali disorot setelah dikabarkan mencabut dukungan mereka terhadap Ridwan Kamil (RK) untuk maju dalam Pilgub Jawa Barat 2018. Wakil Presiden Jusuf Kalla pun ikut berkomentar.

"Ya selayaknya kalau mau dicabut harus dengan alasan yang betul-betul baik," kata Jusuf Kalla yang pernah menjadi Ketua Umum Partai Golkar di kantor Wapres, Jakarta Pusat, Selasa 19 Desember 2017.

Jusuf Kalla mengingatkan ke depannya Golkar tidak boleh lagi mengubah-ubah rekomendasi partai. Sebab, kebiasaan ini bisa merusak kepercayaan publik pada partai.

"Itu nanti jadi tidak kredibel. Sama saja kalau tiap kali saya buat surat, besok ubah lagi. Lama-lama surat wapres ubah lagi, ubah lagi. Itu tidak kredibel namanya," kata Jusuf Kalla.

Saat masih dipimpin Setya Novanto, Golkar memang memberikan dukungan mereka untuk Ridwan Kamil untuk maju dalam Pilgub Jabar 2018. Namun setelah Novanto lengser, partai berlambang beringin itu mencabut dukungan mereka kepada Ridwan Kamil. Baca berita selengkapnya di sini.

Idrus Marham siap melepas jabatan Sekjen Golkar

Sekjen Partai Golkar Idrus Marham. Foto oleh Brian Argawana/Rappler

Sekjen Partai Golkar Idrus Marham. Foto oleh Brian Argawana/Rappler

Idrus Marham mengatakan dirinya siap jika harus melepaskan jabatannya sebagai Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar. Ia menyerahkan sepenuhnya persoalan ini pada Ketua Umum Partai Golkar yang akan dipilih dalam musyawarah luar biasa (Munaslub).

"Semua bisa diganti termasuk sekjen, tidak ada masalah. Tentu ada parameter-parameter. Tidak ada satu pun di antaranya yang tidak memungkinkan diganti, semua terserah ketua umum," kata Idrus Marham di arena Munaslub Golkar, JCC, Jakarta, Selasa 19 Desember 2017.

Idrus mengatakan Rapat Pleno dan Rapimnas Golkar yang digelar beberapa waktu lalu memunculkan nama Airlangga Hartarto sebagai calon tunggal Ketua Umum Partai Golkar. Pengesahan Airlangga akan dilakukan pada Munaslub.

Setelah sah nanti, Idrus melanjutkan, Airlangga berhak untuk merombak kepengurusan DPP Partai Golkar, termasuk posisi Sekretaris Jenderal yang saat ini dipegangnya. Baca berita selengkapnya di sini.

Bencana alam di Manado, 9.788 orang menjadi korban

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Manado Max Tatahede mengatakan sebanyak 9.788 warga Manado menjadi korban bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi sejak 13 hingga 17 Desember 2017.

"Penduduk yang menjadi korban bencana tersebut berada pada enam kecamatan dan 22 kelurahan," kata Max Tatahede di Manado, Selasa 19 Desember 2017.

Tatahede menyebutkan kecamatan terdampak bencana tersebut yakni Singkil, Sario, Tikala, Wanea, Paal Dua, dan Malalayang. Korban terbanyak berada di Kecamatan Paal Dua dengan 3.279 orang.

Selain itu, katanya lagi, bencana alam di Manado ini juga membuat dua balita meninggal dunia akibat hanyut dan tertimbun tanah longsor.

Selain itu bencana juga menyebabkan fasilitas umum seperti rumah ibadah serta jalan di beberapa titik mengalami kerusakan. Baca berita selangkapnya di sini.

—Rappler.com

Ayo langganan Indonesia wRap