Berita hari ini: Senin, 25 Desember 2017

Perkembangan berita terbaru yang perlu Anda ketahui

%

%

%

%

%

%

%

%

Hello!

Hallo pembaca Rappler!

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Senin, 25 Desember 2017.

Mengenang tsunami, Pemkab Aceh Barat instruksikan kibarkan bendera setengah tiang

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat meminta warganya untuk menaikkan Bendera Merah Putih setengah tiang untuk mengenang tsunami yang pernah menerjang wilayang tersebut pada 2004 lali.

“Terhitung sejak 25 hingga 27 Desember 2017 dalam rangka mengenang tragedi tsunami menerpa Aceh pada 26 Desember 2004," kata Sekda Aceh Barat Bukhari di Meulaboh, Senin 25 Desember 2017.

Dalam surat edaran peringatan 13 tahun Tsunami, Sekda Aceh Barat meminta bendera setengah tiang juga dikibarkan oleh instansi pemerintah dan pertokoan.

"Kami juga meminta masyarakat daerah ini untuk dapat mengisi acara yang bernuansa Islami seperti tafakkur, tasyakur dan tausiah di masjid-masjid,," kata Bukhari.

Kasubag Hubungan Media Massa Sekdakab Aceh Barat Adi Wijaya menyatakan akan menggelar zikir akbar memperingati 13 tahun gempa dan tsunami yang dipusatkan di Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh. Baca berita selengkapnya di sini.

Masjid Istiqlal sediakan lahan parkir untuk jemaat Misa Natal Gereja Katedral

Ilustrasi Masjid Istiqlal Jakarta. Foto oleh Wahyu Putro A/Antara

Ilustrasi Masjid Istiqlal Jakarta. Foto oleh Wahyu Putro A/Antara

Jemaat Gereja Katedral tak perlu pusing mencari parkiran jika ingin menghadiri acara Misa Natal. Sebab Masjid Istiqlal menyediakan lahan parkir, baik untuk motor maupun mobil, untuk mereka.

Puluhan jemaat yang mengikuti Misa Natal pada Senin pagi pun terlihat menyebrang dari halaman Masjid Istiqlal tempat mereka memarkir mobil menuju ke halaman Gereja Katedral untuk mengikuti Misa Natal.

Seorang petugas Masjid Istiqlal bernama Tri mengatkan setiap tahun Masjid Istiqlal memang menyediakan lahan parkir untuk jemaat Misa Natal Gereja Katedral yang berdiri tak jauh dari masjid.

Ari, salah satu jemaat gereja, mengatakan terbantu dengan adanya parkir di Masjid Katedral. Sebab jaraknya tidak bergitu jauh dan ia tak perlu cemas dengan keamanan mobilnya. Baca berita selengkapnya di sini.

Sebanyak 9.333 narapidana mendapat remisi Natal

Warga binaan beragama Nasrani berjalan di depan gereja Lapas di Kendari, Sulawesi Tenggara, pada 24 Desember 2016. Foto oleh Jojon/Antara

Warga binaan beragama Nasrani berjalan di depan gereja Lapas di Kendari, Sulawesi Tenggara, pada 24 Desember 2016. Foto oleh Jojon/Antara

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Ma`mun mengatakan sebanyak 9.333 narapidana dan anak pidana di seluruh Indonesia mendapatkan Remisi Khusus Hari Raya Natal 2017.

"Ada 9.333 narapidana yang dapat remisi, 175 langsung bebas," kata Ma`mun saat dihubungi di Jakarta, Senin 25 Desember 2017.

Kemenkumham mencatat per 18 Desember 2017 jumlah narapidana dan tahanan seluruh Indonesia sebanyak 227.446 orang, 15.748 orang di antaranya beragama Kristen.

Sementara narapidana beragama Kristen yang diusulkan menerima Remisi Khusus Natal sebanyak 9.333 orang berdasarkan pertimbangan administratif, substantif, dan jenis tindak pidananya.

"Kalau koruptor, dia harus jadi justice collaborator dulu," kata Ma`mun. Justice collabolator adalah pelaku pidana yang bekerja sama dengan penegak hukum untuk membongkar keterlibatan pelaku lainnya. Baca berita selengkapnya di sini.

—Rappler.com

Ayo langganan Indonesia wRap