Berita hari ini: Selasa, 2 Januari 2018

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Selasa, 2 Januari 2018
Perkembangan berita terbaru yang perlu Anda ketahui

Hallo pembaca Rappler!

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Selasa, 2 Januari 2018.

Kementerian PUPR bantah beberapa proyek tol alami kecelakaan karena dikebut

Proyek jalan tol kembali mengalami kecelakaan dalam proses konstruksi. Kali ini ini terjadi di tol Depok-Antasari (Desari) yang berlokasi di dekat pertigaan Antasari-TB Simatupang. Girder beton yang berada di antara dua penyangga jembatan rubuh sekitar pukul 09:45 WIB.

Kalau menilik ke belakang, ini sudah menjadi kejadian keempat yang terjadi. Lalu, apa penyebab kejadian tersebut dapat kembali berulang dalam waktu yang berdekatan?

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna mengaku belum dapat menjawab pertanyaan tersebut karena semua masih dalam proses identifikasi dan penyelidikan. Namun, ia mengatakan penyebab kecelakaan kerja pada tiap jalan tol berbeda-beda.

“Kalau yang Desari kan dia (girder) sudah terpasang. Kemudian oleng, lalu menyebabkan menyenggol (girder) yang lain sehingga jatuh karena pengikatnya belum terpasang. Sementara, kalau yang kemarin-kemarin kan pada saat erection (pemasangan girder). Artinya, kalau ditanya seharusnya peristiwa ini tidak terjadi,” ujar Herry. Selengkapnya baca di sini.

Ini alasan Jokowi ajak Cak Imin saat peresmian kereta bandara

DIAJAK. Presiden Joko "Jokowi" Widodo terlihat mengajak Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar dalam peresmian kereta bandara pada Selasa, 2 Januari. Foto: Kementerian Perhubungan

Presiden Joko “Jokowi” Widodo pada hari ini meresmikan kereta bandara di Bandara Integrasi Soekarno-Hatta. Namun, dalam acara tersebut, ia turut mengajak Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin. Sontak media pun menanyakan alasan keberadaan Cak Imin dalam acara tersebut. 

“Ya, saya lama dengan Beliau enggak ketemu. Terus kemarin saya telepon, saya bilang ketemu di bandara saja sambil naik kereta bandara,” ujar Jokowi di Stasiun Sudirman baru Jakarta. 

Ia mengatakan kehadiran Cak Imin merupakan sesuatu yang sudah direncanakan sejak awal. 

“Ya, (sudah direncanakan). Saya telepon Beliau,” kata mantan Gubernur DKI itu. 

Lalu, apa saja yang dibicarakan keduanya? Apakah turut membicarakan isu politik?

“Ya, ngobrolin soal kereta,” kata dia.

Ketika kembali didesak, Jokowi malah meminta media agar bertanya secara langsung kepada Cak Imin. 

“Tanya Cak Imin, gantian,” ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi sudah merespons rumor yang menyebut Cak Imin bersedia maju sebagai cawapres mantan Walikota Solo itu di tahun 2019. Jokowi menanggapinya dengan kata “bagus”. Respons positif juga disampaikan Cak Imin karena keinginannya maju didukung oleh beberapa pihak. 

“Ya, terima kasih atas dukungan ini. Jadi, seperti ini, kalau punya banyak teman dan fans,” kata dia.  Selengkapnya baca di sini.– Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!