SAKSIKAN: Cara Dino Djalal gaet Obama hadir di Kongres Diaspora 2017

Santi Dewi

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

SAKSIKAN: Cara Dino Djalal gaet Obama hadir di Kongres Diaspora 2017
Obama akan berbicara di hadapan 3.500 undangan pada 1 Juli di Kota Kasablanka

JAKARTA, Indonesia – Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan memberikan pidato pembuka dalam Kongres Diaspora Indonesia yang digelar di Hall Kota Kasablanka pada Sabtu, 1 Juli. Ini akan menjadi pidato pertamanya di kawasan Asia usai lengser dari kursi orang nomor satu di Negeri Paman Sam.

Menurut Ketua Dewan Pengawas Jaringan Global Diaspora Indonesia Dino Patti Djalal dipilihnya Obama menjadi salah satu pembicara bukan tanpa sebab. Obama memiliki ayah tiri warga Indonesia bernama Lolo Soetoro. Dia menikahi ibunda Obama, Ann Dunham pada tahun 1965 di Hawaii.

Lolo kemudian memboyong keluarganya, termasuk Obama untuk bermukim di Indonesia. Bahkan, dari pernikahan itu lahir Maya Soetoro yang menjadi adik tiri Obama.

Kendati memiliki darah Indonesia, tetapi tidak mudah bagi Dino menghadirkan Obama dalam kongres yang dia selenggarakan kali pertama tahun 2012 lalu itu. Pendekatan sudah dia lakukan sejak awal tahun 2017 kepada staf Obama.

“Kebetulan orang-orangnya Obama kan teman lama (ketika masih menjadi Dubes di Washington DC) dan mereka bersedia membantu. Setelah dilakukan pertemuan, saya merasa kok waktunya cocok (dengan jadwal liburan ke Indonesia) dan akhirnya bisa terjadi,” kata Dino ketika diwawancarai Rappler di kantornya pada Jumat, 16 Juni. (SIMAK: Indonesia harus memaksimalkan potensi diaspora)

Lalu, apa yang akan disampaikan Obama dalam kongres yang rencananya dihadiri 3.500 orang itu? Apakah betul Obama menerima bayaran senilai 500 ribu dollar sebagai pembicara di kongres tersebut? Simak wawancara Rappler dengan Dino. – Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!