Yogyakarta kalahkan Bali di musim liburan Lebaran

Rappler.com
Yogyakarta kalahkan Bali di musim liburan Lebaran
Untuk pertama kalinya, Bali bukan destinasi liburan terpopuler

 

JAKARTA, Indonesia— Siapa sangka, Bali tidak sepopuler dulu? Kini, posisinya direbut oleh Yogyakarta. 

Dari data yang dihimpun oleh situs pencarian wisata Wego, Yogyakarta mengalahkan popularitas Bali dalam musim liburan Lebaran ini.

“Yogyakarta mengalahkan Bandung, destinasi terpopuler tahun lalu, dalam hal pencarian hotel. Hal ini menjadikan Yogyakarta sebagai destinasi paling menonjol dengan peningkatan pencarian sebesar 78 persen dibanding tahun 2014,” ujar Graham Hills, Managing Director Wego Indonesia. 

(BACA: 6 taman unik di Bandung yang bisa buat kamu tersenyum

“Bali yang selama dua tahun berturut-turut berada di peringkat pertama tujuan wisata domestik, tahun ini merosot ke urutan empat, dikalahkan oleh pencarian tiket pesawat ke Yogyakarta yang meroket hingga 342 persen.”

(BACA: 8 tempat makan enak di Ubud

Candi Prambanan

Yogyakarta memang tempat wisata yang serba ada, sehingga tak mengherankan jika kini menjadi sangat populer. Ada wisata sejarah, candi, gunung, laut maupun kebudayaan Yogya itu sendiri.

Industri pariwisata Jogja makin berkembang dengan adanya tempat-tempat wisata baru yang dikelola dengan lebih menarik. Dulu wisatawan hanya berkunjung ke Keraton, Malioboro dan Candi Prambanan, kini mereka bisa bermain cave tubing di Goa Pindul atau bermain air di Pantai Indrayanti. 

Tempat wisata lama tak mau kalah juga dengan menambahkan aneka aktivitas. Pengunjung Kaliurang yang dulu hanya bisa berjalan-jalan di sekitar lereng Merapi, misalnya, kini bisa ikut tur lahar dengan mobil offroad. Pengunjung Pantai Parangtritis dapat terbang paralayang dan bermain seluncur pasir di Parang Kusumo. Snorkeling di pantai selatan Gunung Kidul juga makin populer.

Tak hanya masa lalu yang bisa ditemukan di Jogja, tapi juga kebudayaan masa kini yang kreatif dan penuh inovasi. Aneka komunitas dan ruang rupa yang tumbuh di Jogja menambah nilai tambah kota ini.

Budaya pop JogjaDari data Wego di atas pula, bisa dilihat bahwa masyarakat Indonesia beralih ke akomodasi yang lebih nyaman, meskipun butuh dana lebih besar, karena tersedianya pilihan tiket pesawat murah.

Tahun 2014, mayoritas pengguna Wego mencari akomodasi bintang 3, namun tahun ini mereka lebih mencari hotel yang lebih mewah. 

“Pencarian tiket pesawat domestik terkonsentrasi pada pertengahan Juni, dan ketika tarif hotel rata-rata naik mendekati Lebaran, harga rata-rata tiket pesawat tahun ini justru lebih rendah sekitar 10 persen dibanding tahun sebelumnya,” kata Hills.

Untuk perjalanan internasional, Singapura tetap menjadi destinasi terpopuler untuk pencarian tiket pesawat. Posisi setelahnya ditempati oleh Bangkok, Hong Kong, dan Beijing. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.