Mengapa upgrade ke iOS 9 adalah pilihan bijak?

Pradipta Nugrahanto
Mengapa upgrade ke iOS 9 adalah pilihan bijak?
Karena baterainya lebih tahan lama, keamanan lebih terjamin, migrasi dari Android yang makin mudah, pembaruan iCloud Drive, keyboard dan font baru, dan pengaturan yang makin simple

JAKARTA, Indonesia — iOS 9 memang baru diluncurkan dalam versi beta. Apple sendiri sejauh ini masih belum membocorkan kapan pastinya versi final sistem operasi terbaru mereka akan diluncurkan. Namun setidaknya, ada beberapa alasan yang cukup kuat untuk melakukan upgrade ke iOS 9.

Baterai yang lebih tahan lama

Siapa yang tidak senang bila smartphone memiliki daya tahan baterai yang lebih lama dengan OS baru. iOS 9 akan dilengkapi dengan mode Low Power yang sesuai namanya akan memperpanjang daya tahan baterai. Namun satu fitur lain yang pembaruannya cukup signifikan adalah Anda cukup membalik iPhone dan voilasmartphone akan secara otomatis berada dalam mode standby.

Keamanan yang lebih terjamin

Sekilas mungkin terdengar klasik, namun seiring makin maraknya modus pelaku kejahatan, sudah pasti fitur keamanan yang lebih baik akan menjadi fitur menarik pada sebuah sistem operasi baru. Pada iOS 9, Anda akan diminta menggunakan password 6 digit. Hal ini merupakan perubahan dari versi sebelumnya yang hanya 4 digit saja. Tentunya ini akan membuat perangkat Anda lebih aman, termasuk dari orang iseng yang ingin mencoba-coba usil mengubah status di media sosial, karena kombinasi yang lebih sulit.

Fitur keamanan lainnya adalah Anda tidak perlu lagi mengunduh aplikasi Find My iPhone, karena iOS 9 telah menjadikan aplikasi ini sebagai bagian aplikasi bawaan.

Migrasi dari Android yang makin mudah

Selama ini pengguna Android masih direpotkan dengan perlunya memulai setting dari awal ketika memutuskan untuk berpindah smartphone atau tablet dari Android ke iPhone. Namun semuanya kini akan lebih mudah dengan aplikasi yang disebut-sebut bernama “Move to iOS”. Anda bisa dengan mudah melakukan transfer berbagai hal penting, mulai dari kontak, koleksi foto dan video, sampai bookmark halaman web.

Pembaruan iCloud Drive

Sebelumnya mungkin Anda kerap direpotkan dengan pengaturan iCloud. Apple nampaknya sudah melihat hal ini dengan menyediakan iCloud Drive versi baru yang memungkinkan Anda mengatur semua data pada iCloud dengan satu aplikasi saja. Fitur menarik lainnya adalah aplikasi Mail yang telah mendukung penambahan attachment dari iCloud Drive. Caranya? Mudah saja, Anda cukup menekan lama pada body e-mail dan nantinya akan muncul pilihan attachment.

Keyboard dan font baru

Pembaruan sektor ini mungkin terlihat sepele, tapi sedikit banyak memberikan kenyamanan bagi pengguna. Pada keyboard, Anda akan menemukan huruf besar dan huruf kecil terlihat bedanya dengan mudah ketika menekan Shift. Sementara untuk font yang digunakan, San Francisco, adalah font yang sama dengan Apple Watch.

Pengaturan yang makin simpel

Pengaturan pada iPhone memang sederhana dan nyaris tidak ditemui masalah berarti. Namun kini Anda semakin dipermudah dengan adanya search bar untuk melakukan pengaturan. Selain itu, Anda juga akan semakin merasakan kemudahan dengan adanya fitur Back to Search dan Back to App yang berguna ketika Anda membuka banyak aplikasi. Mengatur foto juga lebih mudah, karena Anda cukup melakukan slide pada deretan foto yang ingin dipilih dan tidak perlu melakukan tap satu persatu.

Dengan adanya beragam kemudahan ini, apakah Anda berniat mengunduh versi beta iOS 9? Menurut saya pribadi, terkecuali Anda sudah tidak sabar menunggu beberapa bulan lagi maka ada baiknya menunggu final release saja. Namun beberapa hal di atas tentunya bisa menjadi pertimbangan untuk Anda yang selama ini belum pernah menjajal iOS. — Rappler.com

Tulisan ini sebelumnya diterbitkan di situs berita teknologi dan startupTechinAsia.

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.