Kapolda Papua dan Papua Barat dicopot

Lauren

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Kapolda Papua dan Papua Barat dicopot
Kabareskrim memastikan pencopotan Yotje Mende sebagai Kapolda Papua bukan terkait insiden terbakarnya masjid di Tolikara.

JAKARTA, Indonesia — Kepala Polisi Daerah Papua Inspektur Jenderal Yotje Mende dan Kepala Polda Papua Barat Brigadir Jenderal Paulus Waterpaw dicopot dari jabatannya, Kamis, 30 Juli.

Penggantian dua pejabat kepolisian daerah ini terungkap dari Telegram Rahasia (TR) Kapolri Nomor ST/195/VII/2015, tertanggal 30 Juli 2015.

Irjen Yotje Mende akan dimutasi sebagai Perwira Tinggi Pelayanan Markas Mabes Polri. Ia digantikan oleh Brigjen Paulus Waterpaw. Paulus sebelumnya adalah Kepala Polda Papua Barat. 

Sedangkan jabatan Paulus sebagai Kapolda Papua Barat akan digantikan oleh Brigadir Jenderal Royke Lumowa.

Jabatan Royke sebelumnya adalah Asisten Deputi Koordinasi Penanganan Daerah Konflik dan Kontigensi di Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan. 

Informasi TR tersebut dibenarkan oleh Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Suharsono. Serah terima jabatan, kata Kombes Suharsono, akan dilakukan Jumat, 31 Juli, besok. 

Tak terkait insiden Tolikara 

Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komisaris Jenderal Budi Waseso memastikan bahwa pencopotan Yotje dari jabatan Kepala Polda Papua tidak terkait insiden pembakaran ruko dan masjid di Tolikara.

“Enggaklah, bukan karena Tolikara kok,” ujar Budi.  

Menurut Budi, Yotje digeser ke pusat karena dia lulusan tahun 1982. Pertengahan tahun ini Yotje akan pensiun. 

Alasan lainnya, Yotje adalah salah satu kandidat terkuat untuk jadi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!