Maria Felicia: Saya tidak tahu kenapa terpilih

ATA
Bagaimanapun, ia merasa sangat bersyukur dapat mengemban amanah tersebut
Maria Felicia Gunawan membawa baki bendera saat upacara peringatan HUT RI ke-70 di Istana, 17 Agustus 2015. Foto oleh Gatta Dewabrata/Rappler

JAKARTA, Indonesia — Ditanya oleh Presiden Joko “Jokowi” Widodo kenapa terpilih sebagai pembawa baki bendera saat upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-70 di Istana, Maria Felicia Gunawan mengatakan tidak tahu.

Menurutnya, rekan-rekannya yang lain sesama Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) juga layak untuk mengemban amanah tersebut.

Saya rasa kakak-kakak pelatih punya pertimbangan kriteria yang cocok sebagai pembawa baki,” kata Maria dalam silaturahmi Paskibraka dengan Jokowi, Selasa, 18 Agustus. 

“Saya bersyukur bisa mewakili teman-teman. Kenapa saya terpilih, saya jujur juga nggak bisa menjawab. Karena teman-teman saya yang lain juga layak membawa baki tersebut.” 

“Saya senang yang jujur-jujur,” ujar Jokowi singkat menanggapi cerita Maria.

Dalam acara silaturahmi tersebut, Jokowi meminta Maria maju dan menceritakan pengalamannya terpilih menjadi pembawa baki.

Wajah Maria ramai menghiasi berbagai media dan media sosial setelah dia menjadi pembawa baki bendera pusaka. 




Maria, lahir pada 23 Februari 1999, adalah siswi SMAK BPK Penabur Gading Serpong. Ia dikenal sebagai murid yang pintar di sekolahnya. Ia juga mahir berbahasa asing, yaitu Inggris, Jepang dan Mandarin. 

Ketua Purna Pasukan Pengibar Duplikat Bendera Pusaka Merah Putih Indonesia Kabupaten Tangerang Sazlizal Muttaqin mengatakan bahwa selain pintar secara akademik, Maria juga memiliki bakat kepemimpinan. 

Penunjukan Maria sebagai pembawa baki nasional tentu ini menjadi kebanggaan dan prestasi buat Kabupaten Tangerang,” katanya. Rappler.com