Jenazah imigran balita di pantai Turki kejutkan Eropa

Rappler.com
Jenazah imigran balita di pantai Turki kejutkan Eropa
Ia diduga bagian dari rombongan imigran Suriah yang sedang menuju ke Yunani dari Turki

JAKARTA, Indonesia — Foto jenazah balita yang terdampar di pantai Turki saat sebuah perahu yang ditumpangi oleh para imigran tenggelam, memicu kekhawatiran di Eropa.

Peristiwa ini menjadi tanda bahwa krisis pengungsi yang belakangan terus berkembang di Benua Biru akhirnya mulai menimbulkan dampak yang nyata. 

Jenazah balita ini terlihat sedang tertelungkup di gundukan pasir pantai yang terletak di dekat Bodrum, salah satu resor tujuan wisata utama di Turki, sebelum akhirnya aparat kepolisian mengambilnya. 

IBA. Seorang balita terdampar di sebuah pantai, setelah kapal yang imigran Suriah tumpangi tenggelam dalam perjalanan menuju Yunani dari Turki. Foto oleh EPA

Tagar #KiyiyaVuranInsanlik (“Kemanusiaan terdapar”) menjadi trending topic dunia setelah foto ini mulai menyebar. 


Balita tersebut diduga merupakan bagian dari rombongan 27 orang pengungsi Suriah yang perahunya tenggelam di perairan Turki saat berusaha mencapai Yunani. 

Menurut penjaga pantai Turki, para imigran tersebut berada di dua kapal yang tenggelam secara terpisah saat bertolak dari Semenanjung Bodrum menuju Pulau Kos, Yunani, Rabu, 2 September dini hari waktu setempat. 

12 orang meninggal dalam kejadian ini, termasuk 5 anak-anak dan satu perempuan. 15 lainnya bisa diselamatkan. —Laporan dari AFP/Rappler.com

BACA JUGA: 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.