Mayweather disuntik cairan terlarang sebelum tanding lawan Pacquiao

Nissi Icasiano
Mayweather disuntik cairan terlarang sebelum tanding lawan Pacquiao

EPA

Menjadi menarik karena pada saat yang sama Pacquiao tidak diizinkan mendapatkan injeksi antinyeri Toradol untuk mengatasi cedera bahunya

MANILA, Filipina — Setelah menuding Manny Pacquiao melakukan doping, beredar laporan bahwa justru Floyd Mayweather Jr disuntik cairan yang dilarang, untuk mengatasi dehidrasi sebelum pertandingan melawan Pacquiao pada Mei lalu. 

Menurut berita, petugas dari Badan Antidoping Amerika (USADA) menemukan bukti bahwa Mayweather mendapatkan dua injeksi berisi multivitamin dan vitamin C. Cairan ini dilarang karena bisa menutupi keberadaan zat lain.  

Petugas USADA mengunjungi rumah Mayweather di Las Vegas, Nevada, untuk melakukan tes setelah sesi timbang berat badan untuk tanding melawan Pacquaio. Mereka menemukan bukti bahwa Mayweather mendapatkan injeksi cairan, yang bertentangan dengan aturan Badan Antidoping Dunia. 

Direktur Eksekutif Nevada State Athletic Commission (NSAC) Bob Bennett mengatakan pada SB Nation bahwa USADA tidak menjelaskan apakah Mayweather sedang diinjeksi cairan tersebut ketika petugas datang ke kediamannya yang mewah. 

Laporan lebih jauh mengungkapkan bahwa hampir tiga minggu setelah pertandingan, USADA memberikan pengecualian bagi Mayweather untuk mendapatkan terapi suntikan, namun USADA menyampaikan pada NSAC bahwa si raja tinju ini tidak mengajukan izin sampai 18 hari setelah pertandingan melawan Pacquiao yang dimenangkan olehnya. 

Situasi ini menjadi lebih menarik karena Pacquiao tidak diizinkan mendapatkan injeksi Toradol sebelum pertandingan untuk mengatasi nyeri karena cedera bahunya. Izin tidak diberikan karena permohonan Pacquiao ke NSAC disampaikan terlambat. 

Menghadapi tudingan doping, Pacquiao sempat menyarankan denda senilai $ 5 juta bila salah satu dari mereka positif melakukan doping, namun Mayweather menolak. 

Mayweather sedang mempersiapkan pertandingan terakhirnya yang akan berlangsung pada 13 September melawan Andre Berto, karena dia ingin menyamai rekor Rocky Marciano 49-0. 

Sementara itu, Pacquiao belum lama ini mengatakan keinginannya untuk kembali ke ring tinju setelah dia menyatakan diri sembuh total dari cedera bahu. — Rappler.com

BACA JUGA: 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.