FOTO: Palu dan Donggala memamerkan diri pada dunia

FOTO: Palu dan Donggala memamerkan diri pada dunia
Palu menyimpan banyak potensi kelautan

PALU, Sulawesi Tengah-Menjelang Sail Tomini, kota Palu dan Donggala memanfaatkannya untuk memamerkan potensi daerah mereka kepada dunia, Jumat 18 September 2015.

Mereka menyelenggarakan tur diplomatik yang diikuti oleh perwakilan dari 22 negara, di antaranya ada Hungaria, Kanada, India, Argentina, Slovakia, Belanda dan Korea Selatan. Tur tersebut menjelajahi potensi Sulawesi Tengah, yaitu:

Potensi perikanan, yang tentu saja melimpah karena letak daerah yang sangat strategis pada sebuah teluk.

NELAYAN. Dermaga di dekat Tempat Pelelangan Ikan di Donggala.

Palu merupakan pintu gerbang penting untuk transpotasi laut di Indonesia Timur, apalagi sejak adanya pelabuhan peti kemas.

PANTOLOAN Pelabuhan Pantoloan, yang menjadi pelabuhan sekaligus terminal peti kemas. Pelabuhan ini menjadi salah satu pintu masuk barang-barang impor maupun lokal ke Indonesia Timur.

Tak hanya dalam bidang ekonomi, Palu dan Donggala juga memamerkan kekayaan kebudayaannya.
MENENUN. Tenunan dengan motif khas suku Kaili yang tersebar di Sulawesi Tengah. Selembar kain tenun bisa dihargai jutaan rupiah, paling murah Rp 250.000.

Dan tentu saja, potensi wisata. Provinsi Sulawesi tengah punya Teluk Tomini, teluk terbesar di Indonesia yang berada di garis khatulistiwa dengan luas sekitar 59.500 km2. Teluk ini punya keberagaman hayati dasar laut nomor dua di seluruh dunia.

TELUK. Kondisi geografis Palu dan Donggala yang terletak di sebuah teluk, berarti pantai di sepanjang kota. Airnya jernih dan berpasir putih.

Tentu saja, aset utama kota Palu adalah: penduduknya.
CERAH. Pamuda dan pemudi setempat mengenakan pakaian adat upacara pernikahan suku Kaili.

-Rappler.com

Tulisan ini adalah bagian dari liputan Sail Tomini yang dilakukan atas undangan Kementrian Komunikasi dan Informatika.

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.