Jack Dorsey jadi CEO tetap Twitter

Rappler.com
Jack Dorsey jadi CEO tetap Twitter
COO Twitter yang baru dijabat oleh Adam Bain, seorang penggemar batik

JAKARTA, Indonesia – Jack Dorsey, CEO sementara Twitter sejak 1 Juli, akan diangkat menjadi CEO tetap layanan microblogging tersebut. Namun ia akan tetap memimpin perusahaannya, Square.

Pengangkatan Dorsey (38 tahun) mengakhiri pencarian CEO oleh Twitter sejak Dick Costolo mengundurkan diri pertengahan Juni lalu.

Penunjukan Dorsey oleh Twitter dilakukan saat platform pesan yang berkantor pusat di San Francisco itu berusaha mengekspansi basis penggunanya di atas 300 juta.

Twitter juga mengumumkan Costolo telah mengundurkan diri dari dewan perusahaan. Perubahan itu disetujui oleh dewan direksi pada 30 September.

Meski telah diangkat menjadi CEO, Twitter mengatakan bahwa Dorsey akan tetap memimpin perusahaan Square yang ia dirikan sekitar lima tahun lalu. Perusahaan tersebut bergerak di bidang pembayaran online.

Para investor menyambut penunjukkan Dorsey sebagai CEO tetap Twitter, yang mendorong naik saham Twitter sebesar 2,8% menjadi 27,05 dolar Amerika Serikat (sekitar Rp 393.134,07) di perpanjangan perdagangan.

Pencarian CEO Twitter yang berlangsung sangat lama sempat membuat khawatir para investor dan analis tentang masa depan perusahaan tersebut, yang belum juga mencapai pertumbuhan setelah meluncurkan saham perdananya (IPO) pada November 2013. 

Sementara itu, Chief Operating Officer (COO) baru Twitter akan dijabat Adam Bain (42) yang mengawasi upaya Twitter dalam monetisasi, termasuk iklan.

Bain, menurut akun Twitter-nya, adalah seorang penggemar batik. “Batik fan (It’s an Indonesian thing, you wouldn’t understand),” tulisnya dalam bio-nya. Kurang lebih artinya, “Penggemar batik (Ini hal berbau Indonesia, kamu tak akan mengerti)”.

Berikut berita yang disampaikan oleh Dorsey melalui akun Twitter-nya, dan apa visinya untuk perusahaan tersebut ke depannya:

—Dengan laporan dari AFP/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.